-->

16 Industri Masa Depan yang Bisa Menjadikanmu Miliarder

16 Industri Masa Depan yang Bisa Menjadikanmu Miliarder

Di masa lalu, kata-kata yang melambangkan kekayaan besar adalah manusia batu dan manusia seokman. Millionaire, miliarder adalah istilah yang diciptakan oleh ekonomi uang. Sampai akhir abad ke-19, istilah "Millionaire" adalah satu-satunya sinonim untuk orang terkaya di Barat. Istilah jutawan sendiri diciptakan setelah Revolusi Industri. Meskipun beberapa orang, termasuk pedagang bulu John Jacob Astor (1763-1848), disebut jutawan pertama Amerika, istilah "jutawan" pertama kali digunakan di media cetak pada tahun 1843 oleh pembuat rokok New York Pierre Laurillard II.

Kemudian, pada abad ke-20, miliarder muncul. Ini karena kekayaan orang kaya meningkat secara signifikan seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan monopoli yang lemah menjadi lebih kuat. Secara harfiah, kekayaan seorang miliarder adalah 100 kali lipat dari seorang jutawan. Orang yang disebut 'miliarder pertama' adalah raja minyak Amerika John D. Rockefeller. Dia mendirikan perusahaan minyak Standard Oil dan mengambil alih industri minyak Amerika, mengantarkan era miliarder di desa global abad ke-20. Pada saat kematiannya pada tahun 1937, kekayaannya adalah $336 miliar. Tentu saja, dampak inflasi yang cepat sangat besar, tetapi rekor ini belum dipecahkan. Satu abad lagi setelah berlalu masa itu. Menurut Forbes, sebuah majalah ekonomi dan manajemen Amerika yang mengumumkan peringkat miliarder dunia setiap tahun, pada 2014 silam, ada 1.645 miliarder di dunia (dalam dolar). Kekayaan gabungan mereka adalah $6,4 triliun. Ini setara dengan PDB gabungan dari 152 negara terbawah. Mayoritas dari mereka adalah eksekutif sektor teknologi dan keuangan TI. Pada Agustus 2021, Forbes menobatkan pemilik merek fesyen Louis Vuitton, Bernard Arnault sebagai orang terkaya di dunia.

Futuris Amerika Thomas Frey, direktur Institut Da Vinci, menunjukkan imajinasinya tentang industri masa depan seperti apa yang dapat menantang mimpi seperti itu. Dia adalah dosen publik yang aktif dan telah mengunjungi Indonesia beberapa kali. Dia mengatakan beberapa kondisi harus dipenuhi untuk menghasilkan nilai ratusan kali lebih banyak daripada bisnis saat ini. Misalnya, globalitas, skalabilitas yang cepat, permintaan massal yang luas, pengiriman global tanpa titik buta di seluruh dunia, profitabilitas yang lebih tinggi daripada yang lain, dan dampak yang kuat.

Dia memilih 16 kandidat industri yang dapat memenuhi persyaratan tersebut. Dia menekankan bahwa "ini didasarkan pada alasan yang sangat pribadi, dan banyak dari mereka belum mencapai hasil awal, apalagi industrialisasi." Namun, menurutnya, begitu mereka memasuki tahap industrialisasi, calon-calon tersebut berpotensi tumbuh dengan pesat karena memenuhi syarat-syarat tersebut di atas. Pandangannya yang hati-hati adalah bahwa miliarder tidak akan muncul di industri ini dalam 10 tahun ke depan. Mari kita lihat apa saja yang termasuk dalam 16 industri masa depan yang bisa menjadikanmu miliarder.

1. Cryptocurrency

Cryptocurrency

Cryptocurrency seperti Bitcoin memiliki potensi untuk melewati batas nasional dan menjadi mata uang dunia pertama yang pernah ada. Uang dunia secara harfiah mengacu pada uang yang beroperasi di luar bidang ekonomi berbasis negara atau ekonomi yang dikendalikan secara terpusat. Oleh karena itu, dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka yang tidak dapat memenuhi sistem keuangan saat ini.

2. Pembelajaran Instan

Manusia modern menghabiskan banyak waktu untuk pendidikan dan pembelajaran sebelum dan sesudah mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang mandiri. Apakah ada cara untuk mengakhiri pembelajaran yang membosankan ini sekaligus? Sepintas, itu dianggap sebagai ide yang bisa dianggap sebagai lelucon. Tapi Nicholas Negroponte, seorang sarjana terkemuka dan pendiri MIT Media Lab, membuat klaim ini beberapa tahun lalu. Dia meramalkan bahwa akan tiba saatnya jika orang bisa meminum pil untuk memperoleh pengetahuan yang diinginkan, seperti bahasa Inggris atau Prancis, pemrograman komputer, atau karya Shakespeare. Itu, menurutnya, bisa terjadi dalam 30 tahun mendatang, bukan dalam waktu dekat.

3. Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT)

Tidak seperti sektor lain, Internet of Things (IoT) adalah industri yang sudah menjadi kenyataan. Jadi, sepertinya bukan kandidat industri yang layak untuk triliunan dolar. Tapi begitu Rekan muda masuk ke konten, itu adalah cerita yang berbeda. Pikirkan Internet of Things sebagai perangkat yang meningkatkan kesehatan, energi, stamina, dan kemampuan berpikir orang lebih dari 100%. Atau anggap saja sebagai perangkat yang dapat berkomunikasi dengan tumbuhan atau hewan.

4. Obat untuk Penuaan Manusia

Keinginan untuk tidak menjadi tua adalah naluri manusia. Jika obat dengan efek anti-penuaan yang jelas dikembangkan, berapa banyak orang akan membelinya? Jika Rekan muda dapat menghentikan penuaan dengan $10 per hari, berapa banyak orang yang akan memilih opsi ini? Katakanlah satu miliar orang memilihnya. Ini membawa kembali $3,65 triliun pendapatan tahunan dalam satu tindakan. Karena itu adalah bidang yang menggoda naluri manusia, potensinya tidak terbatas.

5. Layanan Flying Drone

Seperti Internet of Things, drone berada pada tahap awal industrialisasi. Tapi apa yang kita alami saat ini hanyalah sebagian kecil dari apa yang bisa dilakukan drone. Bayangkan sebuah drone surya terbang di stratosfer pada ketinggian 80.000 kaki tidak terpengaruh oleh cuaca. Didukung oleh sinar matahari, drone ini tidak perlu mendarat di tanah kecuali untuk perbaikan setiap lima tahun. Setelah diluncurkan, hampir tidak ada biaya tambahan. Google dan Facebook masing-masing telah mengambil alih perusahaan drone Titan Aerospace dan Ascenta, dan mewujudkan rencana bisnis ini. Bagaimana jika layanan komunikasi global dapat ditingkatkan ke level selanjutnya menggunakan drone ini? Saat ini, populasi internet dunia diperkirakan mencapai 3 miliar orang. Di dunia Internet, 4 miliar orang masih belum dijelajahi.

6. Mengontrol Cuaca

Apakah itu hal yang baik atau buruk jika Rekan muda bisa mengendalikan cuaca sesuka hati? Kemanusiaan telah menderita kerusakan luar biasa dari fenomena alam seperti angin topan, tornado dan tsunami selama bertahun-tahun. Pemulihan dari bencana alam seperti itu membutuhkan biaya yang besar. Jika kita bisa membuat hujan saat kita membutuhkannya, mencegah hujan es yang pasti akan menyebabkan kerusakan yang menghancurkan, dan memastikan bahwa kita selalu memiliki suhu dan sinar matahari yang tepat untuk bertani, berapa nilainya? Berapa harganya jika alam mengurus ini tanpa perlu menyirami taman di depan rumah dengan mengendalikan cuaca? Jika Rekan muda dapat menyediakan cukup angin untuk meniup kincir angin setinggi puluhan meter di ladang angin, berapa nilainya? Jika kita dapat menyesuaikan cuaca sesuai dengan kebutuhan kita, itu akan menjadi peristiwa revolusioner yang secara mendasar mengubah cara hidup manusia, yang selama ini bergantung pada alam, bukan sekadar kelahiran seorang miliarder.

7. Instant Sleep

Tidur segera mengacu pada efek tidur selama 8 jam dengan tidur singkat. Jika ini benar-benar mungkin, maka seseorang akan memiliki tambahan 8 jam sehari. Seperti perawatan penuaan, ini adalah layanan gaya hidup yang harus diminati semua orang. Berapa banyak orang yang mau membuka dompet mereka jika mereka memiliki perangkat yang bisa langsung tidur hanya dengan $10 sehari? Rekan muda bisa menghasilkan triliunan dolar dengan sangat mudah.

8. Mengontrol Gravitasi

Gravitasi, ditemukan oleh Newton pada abad ke-17, adalah gaya tarik menarik antara benda yang bermassa. Jadi, orang tidak melayang di udara, tetapi menempel di tanah. Sayap burung adalah alat pelarian sementara. Namun sampai sekarang pun, umat manusia belum mampu memecahkan misteri gravitasi. Mengapa gravitasi ada dan cara kerjanya tetap terselubung. Jika Rekan muda dapat membuka rahasia ini dan mengendalikan gravitasi sesuka hati, akan sulit untuk membayangkan teknologi yang lebih inovatif dari ini. Ini berarti Rekan muda dapat dengan bebas mengontrol pergerakan spasial semua objek.

9. Transportasi Ultra High Speed

Inovasi dalam teknologi akan membuat perjalanan lebih cepat, lebih efisien, dan lebih murah, tetapi nilai tambah yang didapat darinya akan turun. Elon Musk, CEO pembuat kendaraan listrik Tesla Motors, saat ini berencana membangun kereta berkecepatan tinggi tipe tabung dengan kecepatan 1.200 km/jam. Daryl Auster, pendiri 'ET3', mempromosikan ETT (Evacuated Tube Transport), alat transportasi yang melaju dengan kecepatan 4.000 mil per jam. Ini adalah rencana ambisius yang mengikat desa global dengan tiket transportasi setengah hari. Sedikit dilebih-lebihkan, itu berarti memimpikan alat transportasi yang mengingatkan pada teleportasi. Dengan cara ini, batasan waktu dan ruang dalam perjalanan dihilangkan, dan kebanyakan orang di seluruh dunia dapat melakukan perjalanan tanpa ragu-ragu. Jika efisiensi sistem ditambahkan, keuntungan besar dimungkinkan.

10. Mengontrol Waktu

Konsep pertama yang terlintas dalam pikiran ketika Rekan muda memikirkan kontrol waktu adalah perjalanan waktu. Namun, ini juga, seperti rahasia gravitasi, menghadapi tantangan ilmiah untuk diatasi. Tidak mungkin melakukan perjalanan waktu 30 tahun seperti di film ”Back to the Future”, tetapi bagaimana jika waktu dapat dimanipulasi hanya dalam beberapa menit? Misalnya, jika Rekan muda mengetahui sesuatu 10 menit lebih cepat dari orang lain, berapa nilainya?

11. Kloning Manusia atau Badan Cetak 3D

Tubuh kita memburuk dari waktu ke waktu. Tetapi berapa banyak orang yang akan mengambil kesempatan itu jika mereka entah bagaimana bisa menjadi lebih muda dan lebih kuat? Jika ini menjadi kenyataan, itu akan menjadi jelas tanpa bertanya. Namun sistem tersebut harus mampu memproduksi satu juta organ manusia setiap hari. Apakah ini mungkin?

12. Personal Swarms of Swarmbots

Personal Swarms of Swarmbots

Swampbot mengacu pada robot mikroskopis yang bergerak dalam kelompok seperti kawanan burung atau lebah. Karena ini adalah robot biomimetik, sulit untuk mencapai hasil yang bagus dalam waktu singkat. Para peneliti di Universitas Harvard, yang mengerjakan proyek 'Kilrobot', menunjukkan kemampuan sekelompok robot mikroskopis untuk mewakili angka dalam berbagai bentuk. Tim peneliti Hungaria juga berhasil menerbangkan drone yang meniru penerbangan sekawanan burung. Misalnya, setelah mandi di pagi hari, Swampbots datang berlari dan menyeka air. Ketika Rekan muda duduk di meja rias, dia merias wajah dan memotong rambut. Setelah menyelesaikan pekerjaan, itu berubah menjadi pakaian pemiliknya. Swampbots akan melakukan semua yang Rekan muda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin kecil robot, semakin detail yang bisa dilakukan. Bahkan jika Swampbots dengan sayap kecil mengelilingi tubuh mereka, mereka bisa terbang. Jika bot rawa yang membuat mimpi lucu menjadi kenyataan, ini adalah jackpot nyata.

13. Layanan Robot

Robot sudah memasuki kehidupan kita. Sudah ada banyak pengusaha yang mencari masa depan di robot. Tentu saja, itu masih jauh di bawah level Rosie, robot pembantu rumah tangga yang muncul di “Space Family Jetson”. Namun di masa depan, robot akan berevolusi menjadi makhluk yang membuatnya tidak perlu melakukan hal-hal yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Perlombaan untuk menemukan aplikasi hebat untuk robot dan layanan robot akan menjadi target bagi perusahaan robotika dalam waktu dekat.

14. Avatar Telepresence 3D

Avatar jarak jauh adalah versi digital dari replikasi diri. Bagaimana jika saya dapat mengirim avatar dengan bentuk dan ukuran yang sama ke rapat yang harus saya lewatkan, sehingga saya dapat bertemu dan menyelesaikan sesuatu dengan cara yang sama seperti yang saya lakukan? Ide avatar jarak jauh berasal dari ini. Munculnya avatar jarak jauh akan memungkinkan aktivitas multi-saluran satu sumber. Dalam hal ini, kemampuan manusia akan berlipat ganda dan perusahaan akan dapat mengembalikan lebih banyak keuntungan.
15. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau AI dapat menjadi game changer di hampir semua industri sejalan dengan tahap perkembangannya. Meski belum memuaskan, peneliti dan peramal kecerdasan buatan Ray Kurzweil memprediksi bahwa kecerdasan buatan akan melampaui kecerdasan manusia pada tahun 2045. Stephen Hawking, bagaimanapun, memperingatkan bahwa kecerdasan buatan, yang maju dengan kecepatan yang menakutkan, dapat mempercepat penghancuran diri manusia. Dengan demikian, kecerdasan buatan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi peradaban manusia dan nasib umat manusia tergantung pada tingkat perkembangannya. Siapa yang akan menjadi pemimpin dalam industri kecerdasan buatan seperti itu?

16. Penyimpanan Energi

Penyimpanan Energi

Kemanusiaan sudah berada di jalur yang cukup besar dalam produksi energi. Berkat bahan bakar fosil seperti minyak bumi. Namun, dalam penyimpanan energi, teknologinya belum mencapai tingkat yang memuaskan. Ini adalah alasan paling penting mengapa kendaraan listrik belum digunakan secara praktis. Jika kita dapat menemukan cara untuk menyimpan energi yang kita hasilkan secara efisien, kita akan dapat mengambil alih dunia energi yang sangat besar dalam waktu singkat.

Itulah 16 industri yang bisa membuat Rekan muda menuju jalan menjadi miliarder, ada kemungkinan miliarder akan lahir tidak hanya di industri baru yang dibahas selama ini, tetapi juga di industri yang sudah ada. Tetapi industri saat ini memiliki banyak pesaing dan pasar sudah jenuh. Oleh karena itu, kemungkinan inflasi mendadak tampaknya tidak terlalu tinggi. Seperti asuransi, perbankan, investasi, pertambangan, minyak (gas), internet, perangkat lunak, penyimpanan data, dll. sebagai industri yang ada dengan potensi miliarder. Namun, agar miliarder muncul dari sektor ini, produk atau layanan baru dengan margin tinggi dan pasar baru yang belum dimanfaatkan harus muncul. “Jika Rekan muda mempertimbangkan semua kemungkinan, miliarder pertama yang lahir adalah orang-orang yang bekerja di banyak industri, bukan di satu industri.