-->

7 Makanan Kaya Serotonin untuk Menghilangkan Stres dan Depresi

7 Makanan Kaya Serotonin untuk Menghilangkan Stres dan Depresi

Serotonin adalah zat yang tidak hanya mengurangi kecemasan dan depresi, tetapi juga membantu pencernaan dan meningkatkan fungsi fisik sekaligus mencegah berbagai penyakit kronis. Makanan apa yang harus Rekan muda konsumsi untuk meningkatkan kadar serotonin agar menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat? Berikut ada 7 makanan paling efektif untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

1. Telur

telur

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, protein dalam telur memiliki efek meningkatkan kadar triptofan plasma. Secara khusus, perlu diketahui bahwa kuning telur kaya akan triptofan, yang memainkan peran penting dalam produksi serotonin, serta berbagai nutrisi seperti tirosin, kolin, biotin, dan omega 3. Sehingga penting untuk diingat bahwa sebaiknya Rekan muda memakan telur tanpa harus membuang kuning telurnya.

2. Keju

keju

Makanan lain yang menyediakan sumber triptofan yang baik adalah keju. Hidangan mac and cheese yang dibuat dari keju cheddar, susu dan telur bisa menjadi camilan lezat dan sehat bagi mereka yang membutuhkan kadar serotonin tinggi.

3. Nanas

nanas

Nanas terkenal kaya akan bromelain, protein yang dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi. Selain itu, nanas memiliki efek meredakan gejala batuk, meningkatkan fungsi tiroid, dan menghilangkan peradangan dalam tubuh. Cobalah membuat Pina Colada dengan nanas, kelapa, dan ceri maraschino, hal itu akan meningkatkan kadar serotonin Rekan muda lebih banyak lagi.

4. Tahu

tahu

Makanan apa pun yang terbuat dari kedelai dapat memberi tubuh triptofan yang cukup. Selain itu, tahu juga merupakan makanan yang sangat penting bagi para vegetarian karena kaya akan protein dan kalsium.

5. Salmon

salmon

Salmon adalah salah satu ikan yang kaya akan triptofan dan omega-3, membantu menyeimbangkan kolesterol, menurunkan tekanan darah dan memberikan semua manfaat kesehatan dari asam lemak omega-3. Triptofan dalam ikan salmon juga dapat memberikan kestabilan emosi dengan meningkatkan kadar serotonin.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

kacang-kacangan dan biji-bijian

Semua kacang dan biji-bijian di dunia mengandung triptofan, sehingga Rekan muda dapat memilih makanan yang sesuai dengan selera pribadi Rekan muda. Kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur, karena bisa mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan, serta memberikan banyak serat, vitamin, dan antioksidan untuk tubuh.

7. Kalkun

kalkun

Kalkun adalah makanan yang penuh dengan triptofan, dan bisa memberikan triptofan secara maksimal buat tubuh. Mungkin karena banyaknya kandungan triptofan di kalkun, hal ini membuat semua orang bersemangat makan kalkun pada hari Thanksgiving.

+ Cara lain untuk meningkatkan kadar serotonin

cara lain untuk meningkatkan kadar serotonin

1. Latihan: Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa olahraga teratur akan meningkatkan kadar serotonin sambil memberi imun sifat antidepresan.

2. Berjemur:
'Terapi Sinar Matahari' efektif menenangkan pikiran dan tubuh, seluruh orang di dunia setuju dengan pendapat ini, karena hasil penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang terpapar cahaya terang memiliki stabilitas emosi dan peningkatan kesehatan fisik yang baik akibat peningkatkan kadar serotonin.

3. Konsumsi makanan berserat: Makan makanan kaya serat telah terbukti meningkatkan kadar bakteri sehat di usus, sekaligus meningkatkan kadar serotonin di saluran pencernaan. Rutinlah konsumsi makanan yang kaya probiotik.