-->

7 Makanan yang Baik untuk Perut Kembung

7 Makanan yang Baik untuk Perut Kembung

Ketika Rekan muda merasa kembung karena makan berlebihan, stres, dehidrasi, menstruasi, dll. Rekan muda bisa meredakan perut kembung dengan mengonsumsi beberapa makanan yang melancarkan pencernaan. Mari kita lihat 7 makanan yang bisa meredakan gejala seperti perut kembung, gangguan pencernaan, dan permasalahan perut lainnya.

1. Yoghurt

Yoghurt

Ahli gizi klinis Terra Coleman merekomendasikan makan makanan penutup yang dibuat dengan buah segar dan yogurt rendah lemak setelah makan malam daripada makanan penutup yang manis, karena yogurt kaya akan probiotik yang membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi. Yogurt rendah kalori, kaya nutrisi, dan bahkan dapat membantu Rekan muda tidur lebih nyenyak. Namun, lebih baik mencampur buah mentah dengan yogurt tawar daripada yogurt yang tersedia secara komersial dengan buah.

2. Jahe

Jahe

Jahe, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang kuat, sangat efektif dalam meredakan gas dan kembung. Jahe mengandung enzim yang disebut zingibain, yang memiliki efek memecah protein dan dengan demikian membantu pencernaan. Cara terbaik untuk menenangkan perut Rekan muda dengan jahe adalah dengan minum secangkir teh jahe hangat sebelum makan. Teh jahe sebelum makan meningkatkan sekresi air liur, empedu, dan asam lambung, membuat pencernaan lebih mudah.

Jahe juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan usus, sehingga mereka yang meminum teh jahe secara teratur dapat meningkatkan pencernaan dan terhindar dari gas perut.

3. Pisang

Pisang

Pisang terkenal sebagai makanan kaya potasium untuk menghilangkan lemak perut. Namun, kalium ini juga memiliki efek meredakan gas dan kembung di usus, dan juga dapat membantu mengontrol asupan natrium. Orang Indonesia yang memiliki kecenderungan kuat untuk makan makanan asin, disarankan untuk mengonsumsi sedikit pisang sebagai buah setelah makan untuk meredakan perut.

4. Bubuk cabai

Bubuk cabai

Makanan yang dibumbui dengan saus pedas menggunakan bubuk cabai merah memiliki efek yang luar biasa dalam meningkatkan pencernaan. Karena capsaicin dalam bubuk cabai merah meningkatkan aliran enzim pencernaan melalui usus, dapat mengeluarkan gas dari perut lebih cepat dan meningkatkan pencernaan. Selain itu, capsaicin mengandung zat yang dapat membunuh bakteri jahat penyebab gas dan kembung, yang membuat perut Rekan muda nyaman. Namun, disarankan untuk menggunakan bubuk cabai merah yang tidak pedas dalam jumlah sedang, karena bubuk cabai merah yang terlalu pedas dapat menyebabkan sakit perut dalam bentuk lain.

5. Lemon

Lemon

Karena lemon memiliki komposisi atom yang sangat mirip dengan cairan pencernaan seperti air liur dan empedu, lemon sebenarnya dapat membantu meredakan sendawa dan kembung yang disebabkan oleh gangguan pencernaan. Orang dengan masalah pencernaan sering kekurangan asam lambung yang dibutuhkan untuk mencerna protein, produk susu, gluten, dan karbohidrat kompleks.

6. Bawang putih

Bawang putih

Bawang putih menyebabkan kembung bila dimakan dengan makanan tinggi natrium lainnya, tetapi bila dimakan sendiri, sangat efektif dalam menghilangkan gas usus. Untuk hidangan khas bawang putih yang membantu pencernaan, hancurkan 2-3 siung bawang putih dan goreng pada suhu rendah dalam wajan dengan minyak zaitun, tambahkan sayuran rendah garam dan rebus selama 10 menit dengan api kecil untuk melihat perbaikan pencernaan segera.

7. Melon

Melon

Melon yang manis dan lezat terdiri dari 90% air. Melon (termasuk semangka, mentimun, melon, dll) dengan kandungan air yang begitu tinggi memiliki efek yang sama seperti air minum, meningkatkan indeks air tubuh dan mengurangi kembung. Melon juga dapat bertindak sebagai diuretik alami, membantu mengeluarkan kelebihan air dan garam dalam urin.