-->

8 Khasiat Biji Labu, Bisa Antikanker!

8 Khasiat Biji Labu, Bisa Antikanker!

Biji labu kaya akan lemak sehat dan zat gizi mikro yang penting bagi tubuh kita, seperti magnesium dan seng. Bahkan secara keseluruhan biji labu dapat memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Mari kita cari tahu apa saja manfaat biji labu yang sudah terbukti secara ilmiah.

Manfaat dari Mengonsumsi Biji Labu:

1. Efek Antioksidan

Biji labu kaya akan karotenoid dan vitamin E, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat mengurangi respons inflamasi dan melindungi sel dari radikal bebas, mencegah berbagai penyakit. Ketika tikus dengan arthritis diberi obat anti-inflamasi dan minyak biji labu, masing-masing tikus yang diobati dengan obat anti-inflamasi mengalami reaksi obat yang merugikan, tetapi minyak biji labu diakui sebagai obat anti-inflamasi yang aman ketika hasil penelitian. menunjukkan bahwa tikus yang diobati dengan minyak biji labu memiliki bantuan arthritis tanpa efek samping. Saya juga menerima

2. Menjadi Antikanker pada Beberapa Jenis Kanker

biji labu mencegah kanker

Biji labu mengandung 'lignan', yang memainkan peran kunci dalam pencegahan dan pengobatan kanker payudara, dan penelitian telah menunjukkan bahwa wanita setelah menopause secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker payudara jika mereka mengkonsumsi biji labu secara teratur. Biji labu juga telah didokumentasikan dengan baik karena kemampuannya untuk membantu mengobati dan memperlambat pertumbuhan sel kanker yang terkait dengan kanker prostat, paru-paru, usus besar dan perut.

3. Menyehatkan Prostat dan Kandung Kemih

Biji labu juga populer sebagai makanan alami untuk mengobati pembesaran prostat dan kandung kemih yang terlalu aktif. Hasil penelitian dari 1.400 pasien hiperplasia prostat yang mengonsumsi ekstrak biji labu setiap hari, terlihat mengalami pengurangan gejala yang nyata dalam waktu 1 tahun, dan juga sudah dikonfirmasi memiliki efek meningkatkan fungsi saluran kemih.

4. Efek Magnesium

Biji labu kuning merupakan salah satu makanan dengan kandungan magnesium tertinggi. Mengkonsumsi sedikit biji labu setiap hari dapat membantu mencegah berbagai kekurangan magnesium, mengontrol tekanan darah, mencegah penyakit jantung, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengontrol kadar gula darah. Selain biji labu, magnesium juga bisa didapatkan dari dark chocolate, tahu, biji-bijian, pisang, dan ikan.

5. Kesehatan Jantung

biji labu sehat untuk jantung

Biji labu sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung karena merupakan antioksidan yang hebat dan sumber magnesium, seng, dan asam lemak. Minyak biji labu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, mengurangi risiko serangan jantung, dan enzim oksida nitrat dalam minyak biji labu dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

6. Menurunkan Gula Darah

Bagi penderita diabetes yang perlu mengatur kadar gula darahnya, biji labu dapat digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tanpa efek samping. Pasien diabetes yang mengonsumsi biji labu dalam bentuk bubuk atau jus setiap hari menikmati efek penurunan gula darah yang signifikan, dan masyarakat umum yang mengonsumsi cukup magnesium dari biji labu mengurangi risiko diabetes sekitar 33-34%.

7. Meningkatkan Kualitas Sperma

Kekurangan seng dalam tubuh dapat mengurangi kualitas sperma, yang dapat menyebabkan infertilitas pria. Namun, pria yang diberi suplemen seng dengan mengonsumsi biji labu dalam jumlah yang cukup telah meningkatkan kualitas sperma dan meningkatkan kesuburan. Biji labu juga berperan dalam meningkatkan produksi testosteron, yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan memberikan vitalitas untuk kehidupan.

8. Meringankan Gangguan Tidur

biji labu mengatasi gangguan tidur

Jika Rekan muda menderita masalah tidur seperti insomnia, pilihlah biji labu sebagai camilan setelah makan malam. Biji labu mengandung triptofan, yang menyebabkan tidur, dan beberapa triptofan diubah menjadi serotonin, yang memiliki efek mengubah suasana hati, seperti menurunkan depresi. Biji labu juga kaya akan magnesium dan memiliki kemampuan untuk memperbaiki gangguan tidur, sehingga biji labu bisa menjadi camilan yang bagus untuk orang yang sulit tidur.