-->

Adenosin, Alasan Mengapa Kopi Bisa Buat Lelah!

Alasan Minum Kopi Bisa Membuat Lelah!

Kopi adalah minuman yang sangat populer di kalangan pekerja kantoran dan pelajar, bahkan di Indonesia hampir semua orang menyukai kopi, karena dianggap bisa membuat mata terjaga serta merevitalisasi tubuh dan pikiran.

Namun, beberapa orang mengklaim bahwa minum kopi bisa membuat tubuh lebih lelah dari biasanya, mari kita lihat apakah kopi benar-benar dapat menyebabkan kelelahan.

1. Adenosin

Adenosin adalah bahan kimia dalam sistem saraf pusat yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus tidur dan bangun. Dalam kondisi terjaga, tingkat adenosin meningkat secara bertahap, dan ketika mencapai tingkat tertentu, ia menekan aktivitas sel-sel di otak depan basal, yang menyebabkan rasa ngantuk. Di sisi lain, saat tidur, kadar adenosin Rekan muda turun secara bertahap, membuat Rekan muda siap untuk bangun lagi.
 
kopi

Kafein dalam kopi menghalangi reseptor adenosin di otak Rekan muda untuk menerima adenosin, sehingga minum kopi dapat membuat Rekan muda merasa seperti sedang bangun untuk sementara waktu. Namun, karena kopi tidak mencegah produksi adenosin yang sebenarnya, ketika efek kafein dalam kopi menghilang, adenosin yang terakumulasi dengan cepat mengikat reseptor dan Rekan muda mungkin merasa lelah.

2. Diuretik

Kafein bersifat diuretik, jadi minum terlalu banyak kopi dapat menyebabkan dehidrasi. Namun, para ilmuwan mengatakan kopi tidak dapat didefinisikan sebagai minuman yang tidak sehat karena kafein tidak mempengaruhi produksi urin jangka panjang.

Namun, karena aksi diuretik yang masuk saat tubuh kehilangan air, jumlah cairan di dalam darah berkurang. Dan ini bisa terasa seperti 'kelelahan'. Jika ingin menghindari gejala dehidrasi akibat kopi, minumlah kopi secukupnya dan perbanyak minum air putih setelah minum kopi untuk mencegah dehidrasi.

3. Efek Gula

Banyak orang menambahkan gula atau krim kocok ke kopi mereka untuk menambah rasa manis, dan hampir semua kedai kopi menawarkan kopi dengan gula dan krim kocok pada menu reguler mereka. Namun, gula dan krim kocok bisa menyebabkan kelelahan, jadi jika Rekan muda membutuhkan stamina untuk tetap terjaga dalam waktu lama, lebih baik minum kopi tanpa zat tambahan.

munum kopi

Karena tubuh kita bereaksi terhadap gula sebelum kafein, ada kemungkinan besar bahwa kita tidak akan mampu memperkuat kemampuan mental/fisik kita sebagai respons terhadap kafein setelah kita mengeluarkan energi tubuh untuk memprosesnya. Perlu diketahui bahwa kelelahan akibat konsumsi gula yang berlebih terjadi dalam waktu 90 menit setelah konsumsi.

4. Cara Mengkonsumsi Kopi Sehat

Kopi murni memang tidak menyebabkan kelelahan, namun jika ingin menghindari rasa lelah yang Rekan muda rasakan setelah meminumnya, Rekan muda harus lebih memperhatikan cara meminumnya. Saat minum kopi, hindari asupan cairan dan hentikan penambahan pemanis yang berlebihan. Perlu juga diingat bahwa konsumsi kafein harian yang disarankan oleh para ahli adalah 400 mg, sebaiknya Rekan muda mematuhi standar minum kopi tersebut demi kesehatan.

(healthypop/kilas pemuda)