-->

Cara Membuka Magang dan Mengikuti Magang! [Populer]

Cara Membuka Magang dan Mengikuti Magang! [Populer]

Halo semua, kali ini ada salah satu Rekan muda yang ingin berbagi pengetahuan seputar magang kerja. Perkenalkan namanya Andi (22 th), seorang fresh graduate yang sukses melakukan magang di perusahaan besar di Indonesia.

Magang menjadi kesempatan penting bagi mahasiswa dan perusahaan untuk berhubungan satu sama lain. Magang bisa membawa dampak positif bagi keduanya. Bagi mahasiswa, magang merupakan kesempatan emas untuk mempelajari seluk beluk dunia pekerjaan secara langsung. Bagi perusahaan, magang menjadi ajang untuk melihat talenta-talenta baru yang mungkin bisa di rekrut oleh pihak HRD perusahaan.

Namun, membuka kesempatan magang bukanlah hal mudah. Karena cukup sulit menghubungkan tujuan perusahaan dan keinginan magang yang disukai oleh para mahasiswa.

Magang seperti apa yang populer dan bagaimana mahasiswa bisa berlomba untuk datang? Berikut tips dari Andi yang berpengalaman magang kerja di perusahaan besar.

Rekrutmen magang lulusan baru dari perspektif mahasiswa

Lowongan magang untuk lulusan baru cukup banyak dilakukan oleh perusahaan, namun sayangnya tidak semua perusahaan berhasil mencapai target dalam menjaring fresh graduate untuk magang di tempat mereka.

Banyak alasan mengapa lowongan magang tidak diminati oleh mahasiswa, salah satunya karena tidak sesuai dengan apa yang dicari oleh mashasiswa.

Hal terpenting dalam mengadakan magang adalah memikirkan terlebih dahulu apa yang dicari mahasiswa dalam magang.

Ada berbagai jenis magang untuk lulusan baru / fresh graduate

  • Magang 1 hari
  • Magang jangka pendek
  • Magang jangka panjang
Ayo mengetahui lebih rinci satu per satu hal tersebut.

Magang 1 hari 

Karena ini adalah magang satu hari, mudah untuk menyesuaikan waktu dan merupakan magang yang sangat populer bagi mahasiswa.

Menurut statistik partisipasi Magang 1 hari merupakan yang tertinggi di antara ketiga jenis magang lainnya.

Kegiatan Magang 1 hari yaitu mempelajari deskripsi perusahaan, isi bisnis dan kerja kelompok. Sangat sederhana dan baik untuk memiliki pengalaman kerja yang mudah.
Dalam Magang 1 hari bisa mengetahui;
  • Perencanaan ukuran promosi
  • Ide bisnis baru
  • Pengembangan produk

Magang jangka pendek

Magang jangka pendek memiliki waktu yang bervariasi dari 5 hari hingga 1 bulan. Magang musim semi diadakan selama liburan musim semi agar memudahkan mahasiswa untuk berpartisipasi. Ada magang musim panas selama liburan musim panas.

Adapun isi kegiatannya;
  • Kerja kelompok untuk mengangkat masalah dan mengusulkan solusi
  • Pelatihan kerja mandiri.

Magang jangka panjang

Seperti namanya, jangka waktunya selama 3 bulan hingga 2 tahun dan 3 tahun. Dalam banyak kasus, peserta magang benar-benar bekerja dengan karyawan dan mereka benar-benar memiliki tanggung jawab pekerjaan.

Pada dasarnya, seperti memiliki "pekerjaan paruh waktu", intinya bisa mendapatkan komisi atau gaji!

Konten magang yang populer di kalangan mahasiswa

Konten pemahaman industri!

Adanya kerja kelompok dan melakukan diskusi tentang permasalahan perusahan bisa menjadi konten yang sangat disukai peserta magang, karena hal ini bisa membantu untuk memahami industri dan memahami cara kerja karyawan.

Rekan muda bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang Rekan muda miliki setelah bergabung dengan perusahaan!

Konten yang menunjukkan keterampilan!

Jika Rekan muda bergabung dengan perusahaan untuk kerja kelompok dll. Rekan muda bisa mendapatkan "keterampilan" dengan melihat berbagai macam kemapuan yang berebeda-beda dari kelompok, dan bisa juga bisa mengetahui apa kemapuan yang Rekan muda miliki.

Tampaknya konten seperti itu sangat populer!

Karena apa yang paling diminati mahasiswa adalah apa yang akan mereka lakukan untuk bekerja dan apa yang dapat mereka lakukan.

Kesimpulan

Kesamaan yang dimiliki oleh setiap magang populer yaitu mahasiswa dapat mengalami dan merasakan dunia kerja secara realistis.

Itulah beberpa tips membuat magang dan mengikuti magang, dengan memahami ulasan di atas Rekan muda dapat melakukan apapun yang dibutuhkan untuk magang di perusahaan mana pun.