-->

Efektif, 7 Tips Pengelolaan Uang untuk Meningkatkan Keuangan

7 Tips Pengelolaan Uang untuk Meningkatkan Keuangan

Rekan muda tidak memerlukan pekerjaan bergaji lebih tinggi atau rejeki nomplok dari kerabat untuk meningkatkan keuangan pribadi Rekan muda. Banyak orang setuju bahwa pengelolaan uang yang lebih baik diperlukan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, meningkatkan kemampuan mereka untuk berinvestasi dan menabung, dan mencapai tujuan keuangan yang dulunya tampak mustahil.

Bahkan jika Rekan muda merasa keuangan Rekan muda terjebak di tempat yang buruk tanpa jalan keluar, ada beberapa hal yang dapat Rekan muda lakukan untuk menciptakan situasi yang lebih baik untuk diri Rekan muda sendiri. Berikut ada tujuh langkah untuk Rekan muda mulai.

1. Lacak pengeluaran Rekan muda untuk meningkatkan keuangan Rekan muda.

Lacak pengeluaran

Jika Rekan muda tidak tahu apa dan di mana Rekan muda menghabiskan setiap bulan, ada kemungkinan besar kebiasaan belanja pribadi Rekan muda memiliki ruang untuk perbaikan.

Pengelolaan uang yang lebih baik dimulai dengan kesadaran belanja Rekan muda. Gunakan aplikasi pengelolaan uang seperti MoneyTrack untuk melacak pengeluaran di seluruh kategori, dan lihat sendiri berapa banyak yang Rekan muda belanjakan untuk hal-hal yang tidak penting seperti makan, hiburan, dan bahkan kopi setiap hari. Setelah Rekan muda mendidik diri sendiri tentang kebiasaan ini, Rekan muda dapat membuat rencana untuk meningkatkannya.

2. Buat anggaran bulanan yang realistis.

Buat anggaran bulanan

Gunakan kebiasaan pengeluaran bulanan Rekan muda, serta gaji bulanan Rekan muda, untuk menetapkan anggaran yang Rekan muda tahu dapat dipertahankan.

Tidak ada gunanya menetapkan anggaran yang ketat berdasarkan perubahan drastis, seperti tidak pernah makan di luar saat Rekan muda sedang bertemu teman. Buat anggaran yang sesuai dengan gaya hidup dan kebiasaan belanja Rekan muda.

Rekan muda harus melihat anggaran sebagai cara untuk mendorong kebiasaan yang lebih baik, seperti memasak di rumah lebih sering, tetapi berikan diri Rekan muda kesempatan realistis untuk memenuhi anggaran ini. Itulah satu-satunya cara metode pengelolaan uang ini akan berhasil.

3. Tingkatkan tabungan Rekan muda—walaupun butuh waktu.

Tingkatkan tabungan

Buat dana darurat yang dapat Rekan muda gunakan ketika keadaan tak terduga menyerang. Sekalipun kontribusi Rekan muda kecil, dana ini dapat menyelamatkan Rekan muda dari situasi berisiko di mana Rekan muda terpaksa meminjam uang dengan suku bunga tinggi atau mungkin mendapati diri Rekan muda tidak mampu membayar tagihan tepat waktu.

Baca Juga: 3 Alasan Perlu Dana Darurat

Rekan muda juga harus memberikan kontribusi tabungan umum untuk memperkuat keamanan finansial Rekan muda jika terjadi kehilangan pekerjaan. Gunakan kontribusi otomatis seperti uang receh FSCB untuk menumbuhkan dana ini dan memperkuat kebiasaan menyimpan uang.

4. Bayar tagihan Rekan muda tepat waktu setiap bulan.

Bayar tagihan

Membayar tagihan tepat waktu adalah cara mudah untuk mengelola uang Rekan muda dengan bijak, dan disertai dengan manfaat luar biasa: Ini membantu Rekan muda menghindari biaya keterlambatan dan memprioritaskan pengeluaran penting. Riwayat pembayaran tepat waktu yang kuat juga dapat meningkatkan skor kredit Rekan muda dan meningkatkan suku bunga Rekan muda.

5. Kurangi biaya berulang.

Kurangi biaya berulang

Apakah Rekan muda berlangganan layanan yang tidak pernah Rekan muda gunakan? Sangat mudah untuk melupakan langganan bulanan ke layanan streaming dan aplikasi seluler yang membebani rekening bank Rekan muda bahkan saat Rekan muda tidak menggunakan layanan ini secara rutin.

Tinjau pengeluaran Rekan muda untuk tagihan seperti ini, dan pertimbangkan untuk membatalkan langganan yang tidak perlu untuk menyimpan lebih banyak uang setiap bulan.

6. Simpan uang tunai untuk membeli pembelian besar.

Simpan uang tunai

Jenis pinjaman dan utang tertentu dapat membantu saat melakukan pembelian besar, seperti rumah atau bahkan mobil yang Rekan muda butuhkan saat ini. Tetapi untuk pembelian besar lainnya, uang tunai menawarkan opsi pembelian teraman dan termurah.

Saat Rekan muda membeli secara tunai, Rekan muda menghindari menghasilkan bunga dan menciptakan utang yang membutuhkan waktu berbulan-bulan—atau, sering kali, bertahun-tahun—untuk membayar kembali. Sementara itu, uang yang disimpan itu dapat disimpan di rekening bank dan mengumpulkan bunga yang dapat digunakan untuk pembelian Rekan muda.

7. Mulai strategi investasi.

Mulai strategi investasi

Bahkan jika kemampuan Rekan muda untuk berinvestasi terbatas, kontribusi kecil ke akun investasi dapat membantu Rekan muda menggunakan uang yang Rekan muda peroleh untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Cari tahu apakah majikan Rekan muda menawarkan pencocokan 401(k), yang pada dasarnya berfungsi sebagai uang gratis. Pertimbangkan untuk membuka rekening pensiun atau rekening investasi lainnya.

Jalan menuju keuangan yang lebih baik dimulai dengan mengubah kebiasaan Rekan muda sendiri. Beberapa dari perubahan ini akan lebih mudah daripada yang lain, tetapi jika Rekan muda tetap berkomitmen pada transformasi ini, Rekan muda akan mendapatkan keterampilan pengelolaan uang yang hebat yang akan membantu Rekan muda sepanjang hidup Rekan muda—dan sementara itu, Rekan muda akan memiliki lebih banyak uang dalam hidup Rekan muda.

Catatan: Landasan pengelolaan uang yang baik adalah anggaran yang kokoh.