-->

Eksperimen Klopp dengan Pemain Muda Liverpool

Jurgen Kloop
Jurgen Kloop menurunkan banyak pemain muda saat melawan Norwich City di Carabao Cup (22/9/2021). Foto: (Sky Sports)

Piala EFL - Liverpool berjumpa Norwich City pada babak ketiga Carabao Cup, Rabu dinihari (22/9/21). Laga tersebut dimenangkan oleh The Reds dengan skor telak 3-0.

Ketigal gol Liverpool masing-masing dicetak oleh Takumi Minamino pada menit ke-4’ dan 80’. Satu gol tambahan dilesakkan oleh Divock Origi pada menit ke-50’.

Dalam laga yang tergolong mudah bagi Liverpool tersebut, Jurgen Klopp memainkan banyak pemain muda untuk eksperiman. Setidaknya ada tiga pemain belasan tahun yang diberi peluang oleh Kloop.

Bagi klub-klub besar Liga Inggris, melakukan rotasi pemain pada kempetisi kedua atau ketiga adalah hal biasa, hal itu karena dianggap merupakan kesempatan bagi pemain-pemain muda untuk unjuk gigi.

Seperti pertandingan semalam, The Reds sendiri tidak memainkan Mohamed Salah, Sadio Mane dan Alisson Becker. Bahkan Diogo Jota juga hanya duduk manis di bangku cadangan. Sedangkan, kapten Jordan Henderson hanya dimainkan menjelang akhir babak kedua.
 
Takumi Minamino dan Divock Origi
Takumi Minamino dan Divock Origi saat merayakan gol ke gawang Norwich City. Foto: (The Sun)

Klopp seakan memang ingin bereksperiman dengan pemain muda. Pamain paling muda yang bermain semalam yakni Cornor Bradley (18 tahun) yang bermain di lini tengah, dan Kaide Gordon (16 tahun) yang bermain di lini depan.

Kloop juga memasukan pemain muda lainnya pada awal babak kedua menggantikan Naby Keita, yaitu Tyler Morton yang juga berusia 18 tahun.

Klopp memang sangat peduli dengan pemain muda didikan asli akademi Liverpool. Tercatat Kloop juga yang memasukan Curtis Jones, Trent Alexander-Arnold, dan beberapa nama lain ke tim utama. Sekarang Kloop sedang membidik beberapa untuk generasi baru.

Strategi Kloop yang peduli dengan pemain muda akademi tentu sangat menguntungkan bagi Liverpool, karena The Reds tidak perlu repot-repot dan menghabiskan banyak uang untuk membeli para pemain muda yang bertalenta. (Kilas Pemuda)