-->

6 Nutrisi Penting yang Harus Kita Makan Setiap Hari

6 Nutrisi Penting yang Harus Kita Makan Setiap Hari

Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan bahwa nutrisi harus dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang cukup agar bisa menjaga fungsi tubuh. Nutrisi esensial yang dicerna tubuh melalui makanan berguna untuk mencegah adanya penyakit, membentuk tubuh yang sehat, terjadi peningkatan kesehatan, dan memelihara fungsi tubuh.

Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari oleh Tubuh:

1. Protein

Protei

Protein dikenal sebagai nutrisi yang meningkatkan massa otot, tetapi sebenarnya nutrisi yang tidak hanya menyusun otot, tetapi juga sel, tulang, kulit, dan rambut, semua bagian tubuh. Protein, terlibat besar dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh yang sehat, menyumbang 16% dari total berat badan, dan karena itu juga terlibat dalam komposisi zat utama termasuk hormon dan antibodi, kekurangan protein dapat mempengaruhi penurunan fungsi tubuh. Protein terbuat dari berbagai asam amino, beberapa asam amino dapat disintesis oleh tubuh, tetapi beberapa hanya dapat diperoleh dari makanan, jadi berhati-hatilah untuk memasukkan protein dalam diet harian Rekan muda.

Daging, ikan, dan telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang paling umum, tetapi Rekan muda juga bisa mendapatkan protein dari beberapa biji-bijian, termasuk kacang. Makanan apa yang harus dimakan dan berapa banyak yang dimakan untuk mendapatkan cukup protein dapat bergantung pada usia dan jenis kelamin Rekan muda, tetapi semakin tinggi persentase protein dalam makanan Rekan muda, semakin besar kemungkinan Rekan muda memiliki tubuh yang ideal dan sehat.

2. Karbohidrat

Karbohidrat

Meskipun sedang semangat-semanganya melakukan diet, kita tidak boleh lupa bahwa karbohidrat adalah nutrisi penting untuk menjaga kita tetap sehat. Karbohidrat adalah nutrisi utama yang mendorong sistem saraf pusat dan otak Rekan muda untuk mendukung aktivitas mental serta menjaga tubuh Rekan muda berfungsi normal. Jika Rekan muda ingin memiliki pikiran yang jernih dan menjalani kehidupan yang aktif, dianjurkan bahwa 45-65% dari asupan makanan harian Rekan muda terdiri dari karbohidrat. Namun, pastikan Rekan muda mengonsumsi karbohidrat mentah berdasarkan biji-bijian utuh, bukan karbohidrat olahan seperti gula, gandum, atau nasi putih.

Sayuran dan buah-buahan yang kaya serat mengandung banyak karbohidrat. Jika Rekan muda makan karbohidrat dari kacang-kacangan dan biji-bijian, Rekan muda bisa memakannya tanpa takut berat badan bertambah.

3. Lemak

Lemak

Lemak disalahpahami sebagai 'bahan berbahaya' karena tinggi kalori, tetapi sebenarnya merupakan nutrisi penting yang membantu penyerapan vitamin dan mineral, dan terlibat dalam pembekuan darah, pembentukan sel, dan meningkatkan kinerja atletik. Selain itu, asupan lemak sehat tidak boleh diabaikan karena memiliki efek menjaga keseimbangan gula darah, menekan penyakit jantung, meningkatkan diabetes, meningkatkan fungsi otak, tindakan anti-inflamasi, dan mencegah radang sendi, kanker, dan Alzheimer. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan untuk mengonsumsi lemak 20 sampai 30% dari asupan makanan harian Rekan muda.

Lemak sehat yang paling representatif adalah omega 3 dan omega 6, yang merupakan lemak tak jenuh ganda yang menyediakan asam lemak esensial. Bentuk serupa dari lemak sehat dapat diperoleh dari kacang-kacangan dan biji-bijian, ikan, dan minyak nabati (seperti minyak olvie dan biji rami). Namun, disarankan untuk membatasi asupan lemak trans dan lemak hewani seperti mentega, keju, daging merah, dan es krim.

4. Vitamin

Vitamin

Vitamin adalah zat gizi mikro yang penting untuk melawan penyakit dan menjaga kesehatan. Ada 13 vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi normal tubuh, antara lain vitamin A, B, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D, E dan K. Setiap vitamin berkontribusi untuk menjaga kesehatan penglihatan, kulit, rambut dan tulang, dan melakukan berbagai fungsi, seperti menurunkan risiko berbagai kanker dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Makan berbagai sayuran dan buah-buahan dapat membantu Rekan muda mendapatkan cukup vitamin tanpa suplemen. Namun, vitamin B kompleks dan vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, dan vitamin A, D, E, dan K larut dalam air, jadi Rekan muda perlu memperhatikan rasio yang tepat antara sayuran mentah dan buah mentah dengan sayuran matang.

5. Mineral

Mineral

Mineral, seperti vitamin, merupakan nutrisi penting untuk menjaga fungsi tubuh. Ini memperkuat tulang dan gigi, mengatur tingkat metabolisme, dan menyimpan air dalam tubuh, membantu fungsi tubuh utama bekerja dengan baik. Mineral yang paling representatif termasuk kalsium, zat besi, dan seng Kalsium mentransmisikan sinyal saraf, menjaga tekanan darah, dan membantu otot berkontraksi dan rileks, dan zat besi membantu dalam produksi sel darah merah dan hormon utama. Dan karena seng terlibat dalam memperkuat kekebalan dan menyembuhkan luka, perawatan harus dilakukan untuk memastikan bahwa setiap elemen tidak kekurangan.

Mineral ditemukan dalam berbagai macam makanan, jadi jika Rekan muda mempertahankan pola makan sehat berdasarkan makanan alami, kemungkinan kekurangannya kecil. Ini terutama berlimpah dalam makanan laut seperti tiram dan cumi-cumi, dan rumput laut. Kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran juga mengandung berbagai mineral.

6. Air

Air

Air, yang menyumbang sekitar 62% dari total berat badan Rekan muda, memainkan peran yang sangat penting dalam semua sistem dalam tubuh Rekan muda. Air berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak dan suasana hati, menyerap kejutan dari tubuh, dan bertindak sebagai pelumas untuk membantu organ tubuh melakukan tugasnya. Ini juga mempromosikan pembuangan zat beracun yang dimasukkan ke dalam tubuh dan memasok nutrisi ke sel. Kekurangan air yang sedikit pun dapat menyebabkan dehidrasi, kelelahan, kurang konsentrasi, dan melemahnya fungsi tubuh, sehingga Rekan muda harus selalu memperhatikan kadar konsumsi air.

Air dapat diserap melalui air minum kemasan yang bersih, tetapi menyerap air melalui buah-buahan dan sayuran juga merupakan cara yang baik untuk mencegah dehidrasi. Periksa warna urin Rekan muda sesering mungkin untuk memastikan Rekan muda terhidrasi dengan baik, dan berhati-hatilah agar urin Rekan muda tidak terlalu gelap.