-->

7 Efek Mangga yang Lezat dan Bergizi! Banyak Manfaat untuk Kesehatan

7 Manfaat Mangga yang Lezat dan Bergizi

Salah satu buah tropis paling populer di dunia, mangga adalah buah kaya manfaat yang memberikan rasa dan nutrisi bagi tubuh. Namun, beberapa orang merasa khawatir bahwa makan mangga bisa membuat berat badan bertambah karena rasa mangga yang manis. Sebenarnya tidak demikian! Ayo kita lihat khasiat mangga di bawah ini.

1. Mengontrol Berat Badan

Mangga Mengontrol Berat Badan

Kalori yang terdapat dalam mangga adalah 68 kalori per 100g, serupa dengan kalori anggur, tetapi mangga mengandung nutrisi dan serat yang melimpah, sehingga tidak mempengaruhi diet secara signifikan. Sebaliknya, mangga adalah buah baru yang muncul sebagai alternatif untuk membantu mengontrol berat badan yang sehat. Beberapa penelitian terbaru telah mengkonfirmasi potensi fitokimia (fitokimia) mangga untuk menghambat aktivitas sel-sel lemak dan aktivitas gen yang berhubungan dengan lemak. Ada juga laporan penelitian yang mengkonfirmasi bahwa kulit mangga menghambat pembentukan jaringan adiposa dengan cara yang mirip dengan resveratrol antioksidan.

2. Efek Antikanker

Mikronutrien yang terkandung dalam mangga efektif dalam mencegah kanker dan mengurangi ukuran tumor. Ini juga memiliki efek meningkatkan prognosis pengobatan kanker dengan menghambat faktor pertumbuhan kanker yang memperburuk kanker. Mangga sangat efektif untuk kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat.

3. Melancarkan Pencernaan

Mangga Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi mangga dapat membantu meringankan sembelit kronis. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Official American Journal for Experimental Biology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi mangga setiap hari mengalami perbaikan gejala sembelit yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi jumlah serat yang sama.

Selain itu, mangga dapat memberikan efek yang sangat positif pada sistem pencernaan secara keseluruhan karena meningkatkan kadar asam lemak sehat dan meningkatkan sekresi berbagai enzim yang membantu pencernaan makanan.

4. Pencegahan Masalah Mata yang Disebabkan oleh Penuaan

Zeaxanthin, ditemukan dalam mangga, secara efektif meningkatkan kesehatan mata dengan menyaring sinar cahaya biru yang membahayakan kesehatan mata. Mangga sangat efektif untuk mencegah masalah mata yang berkaitan dengan usia, dan penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi mangga setiap hari secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami degenerasi makula.

5. Kesehatan Tulang

Mangga Bagus untuk Kesehatan Tulang

Mangga adalah buah yang kaya akan vitamin K. Vitamin K dapat memberikan dukungan segala arah untuk kesehatan tulang dengan meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi risiko cedera seperti patah tulang, dan meningkatkan penyerapan kalsium, yang memainkan peran penting dalam kesehatan tulang.

6. Kaya Vitamin A

Satu cangkir mangga mengandung 25% dari jumlah vitamin A harian yang direkomendasikan. Vitamin A berperan penting dalam kesehatan mata dan kulit, sehingga memudahkan mereka yang mengonsumsi mangga untuk menjaga kesehatan mata dan kulitnya. Ini juga dapat memiliki efek signifikan pada tulang, fungsi reproduksi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Kaya Vitamin C

Mangga Kaya Vitamin

Satu cangkir mangga mengandung 76% dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Vitamin C adalah nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan anak karena memainkan peran penting dalam memperkuat fungsi kekebalan tubuh dan mendukung pertumbuhan tulang, otot dan tendon. Ini juga merupakan buah yang bermanfaat bagi wanita yang sedang menstruasi karena mendapatkan cukup vitamin C melalui mangga meningkatkan penyerapan zat besi.

+ Poin yang Perlu Diperhatikan Saat Makan Mangga

Sebagai buah mentah, sekitar 1 cangkir mangga per hari sangat ideal. Karena mangga tinggi gula dan rendah serat dibandingkan dengan buah-buahan lain, mengkonsumsi lebih dari jumlah yang disarankan dapat mempengaruhi manajemen berat badan. Departemen Pertanian A.S. merekomendasikan makan 2 cangkir buah per hari, dan jika Rekan muda berencana untuk meminum 1 cangkir buah mangga, maka baiknya tambah dengan memakan buah apel atau jeruk yang rendah gula namun tinggi serat.