-->

8 Cara Mengoptimalkan Dapur untuk Diet

8 Cara Mengoptimalkan Dapur untuk Diet

Dapur adalah tempat penting yang bisa disebut sebagai jantung rumah, tapi juga bisa menjadi tempat untuk merusak pola makan. Jika Rekan muda memutuskan untuk melakukan diet, ubah komponen-komponen dapur menjadi tempat yang ramah untuk Rekan muda bisa makan makanan sehat.

Di bawah ini ada delapan cara bagaimana Rekan muda bisa membuat dapur menjadi tempat yang bisa menjaga diet Rekan muda.

1. Siapkan Salad untuk 2-3 Hari

Siapkan Salad untuk 2-3 Hari

Makan salad sebelum makan malam dapat membantu Rekan muda merasa kenyang tanpa harus makan makanan berat dengan berlebihan. Tetapi menyiapkan salad setiap malam akan menghabiskan banyak waktu. Jadi, buatlah salad untuk porsi selama 2-3 hari dalam mangkuk besar. Saat ingin memakanya Rekan muda cukup mengambil sebagian salad ke dalam mangkuk kecil sebelum makan malam, bumbui sedikit, dan makanlah.

2. Stok Buah-Buahan

Stok Buah-Buahan

Cuci buah-buahan seperti anggur, melon, kiwi, nanas, dan apel dengan baik dan potong-potong seukuran sekali makan dan masukkan ke dalam lemari es. Buah bisa melengkapi kekurangan vitamin, mineral, kelembaban, dan serat makanan. Letakkan sejajar dengan mata sehingga Rekan muda dapat melihatnya terlebih dahulu saat membuka pintu lemari es.

3. Gunakan Piring yang Lebih Kecil

Gunakan Piring yang Lebih Kecil

Ketika kita menyiapkan makanan, kita sering mengisi piring kita dengan makanan. Jika Rekan muda menggunakan piring yang lebih kecil, Rekan muda akan puas secara visual dengan jumlah yang sama, dan pada akhirnya Rekan muda akan makan lebih sedikit.

4. Sediakan Alat Ukur

Sediakan Alat Ukur

Makan tanpa takaran yang jelas merupakan alasan utama mengapa Rekan muda tidak bisa menurunkan berat badan. Banyak orang yang punya kelebihan berat badan sering meremehkan berapa banyak makanan yang mereka makan. Oleh karena itu, siapkan sendok atau cangkir pengukur di dapur Rekan muda dan pastikan untuk menggunakannya setiap saat.

5. Simpan Camilan dalam Wadah Kecil

Simpan Camilan dalam Wadah Kecil

Tahukah Rekan muda apa yang terjadi ketika Rekan muda membuka sekantong permen untuk camilan kecil? Jika Rekan muda menyiapkan camilan sehat seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran terlebih dahulu, memasukkannya ke dalam kemasan atau wadah, dan memakannya saat bepergian, Rekan muda dapat menghindari godaan camilan manis yang berlebihan seperti permen.

6. Bekukan Buah dan Sayuran

Bekukan Buah dan Sayuran

Beli buah dan sayuran yang banyak sekaligus di toko. Potong-potong sayuran untuk bisa langsung dimakan, kemudian bekukan dalam lemari es dalam waktu 2-3 hari. Pembekuan adalah cara terbaik untuk mengawetkan nutrisi makanan. Rekan muda tidak hanya dapat menghemat uang dengan membeli banyak sekaligus, tetapi Rekan muda juga dapat menggunakan buah dan sayuran beku untuk smoothie, pasta, sup, dan omelet.

7. Buat Makanan untuk 3 Porsi Sekaligus

Buat Makanan untuk 3 Porsi Sekaligus

Memasak untuk diet sehat membutuhkan banyak waktu. Jadi, buatlah makanan dengan porsi tiga kali makan sekaligus dan bungkus sisa makanan untuk dimakan pada waktu makan berikutnya. Karena pada dasarnya makan berlebihan terjadi ketika Rekan muda sangat lapar, dan jika Rekan muda memiliki makanan sehat yang sudah siap saji, Rekan muda tidak akan tergoda untuk membeli dan memakan makanan instan yang tidak sehat.

8. Simpan Makanan Sisa

Simpan Makanan Sisa

Setelah Rekan muda memakan makanan Rekan muda dengan porsi diet yang sudah diatur, simpan sisa makanan yang berada di atas meja. Karena jika Rekan muda melihat sisa makanan berada di depan mata dengan tidak sengaja makanan sisa tersebut akan Rekan muda makan lagi, dan ini akan merusak diet Rekan muda.

Delapan cara mengubah dapur yang ramah untuk diet Rekan muda di atas merupakan tips dasar agar memudahkan Rekan muda untuk sukses melakukan diet yang sehat.