-->

8 Makanan Kaya Arginin yang Meningkatkan Kesehatan Anda

8 Makanan Kaya Arginin yang Meningkatkan Kesehatan Anda

Arginin atau asam amino dibagi menjadi asam amino esensial, semi- esensial, dan non-esensial. Perlu diketahui kekurangan arginin tidak terlalu membahayakan tubuh. Namun, dalam keadaan tertentu, tubuh memerlukan pasokan asam amino semi esensial yang diperoleh secara alami melalui makanan.

Situasi di mana asam amino mutlak diperlukan adalah ketika anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan. Sementara orang dewasa yang kekurangan arginin pada umumnya tidak memiliki masalah kesehatan, tetapi mengkonsumsi arginin yang cukup bisa memberikan efek kesehatan yang bagus seperti memperlambat penuaan dan memperkuat kekebalan karena aktivitas hormon pertumbuhan terus berlanjut.

Berikut delapan makanan yang kaya akan asam amino/arginin:

1. Daging Kalkun

Daging Kalkun

Kalkun merupakan sumber arginin terbanyak dari berbagai jenis hewan lainnya. Karena satu potong dada kalkun mengandung 16g arginin, ini memberikan 32 kali jumlah arginin yang direkomendasikan setiap hari yakni sebesar 5.000mg. Arginin bukanlah nutrisi yang menimbulkan efek samping akibat asupan yang berlebihan, jadi silakan nikmati daging kalkun dengan nyaman! Dada kalkun juga kaya akan vitamin B dan omega-3, yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

2. Ayam

Daging Ayam

Ayam dianggap sebagai salah satu sumber protein paling sehat di dunia. Kaya akan nutrisi dan memiliki rasa yang enak, mayoritas arginin pada ayam juga terletak di bagian dada. Satu potong dada ayam berukuran sedang menyediakan 9 gram arginin dan memenuhi 70% dari asupan protein harian yang direkomendasikan. Sepiring salad dengan dada ayam rebus akan memberikan rasa yang sempurna dan manfaat untuk meningkatkan kesehatan.

3. Biji Labu

Biji Labu

Di antara makanan nabati, biji labu adalah sumber arginin terkaya. Satu cangkir biji labu mengandung 7 gram arginin dan juga sangat tinggi protein. Biji labu juga kaya akan zat besi dan seng, serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh, jadi ada baiknya untuk mengonsumsi biji labu secara rutin. Gunakan biji labu sebagai topping salad atau yogurt.

Baca Juga: 8 Khasiat Biji Labu, Bisa Antikanker!

4. Kacang Merah

Kacang Merah

Satu cangkir kacang merah mengandung 4,6 gram arginin. Arginin ditemukan di hampir semua jenis kacang dan tetap berisi arginin walaupun sudah diolah menjadi makanan tertentu, sehingga berbagai hidangan kacang-kacangan cukup untuk melengkapi arginin harian. Kedelai merupakan makanan yang efektif untuk menjaga kemampuan kognitif, seperti membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kepadatan tulang, mencegah kanker payudara, dan mencegah demensia.

5. Kacang Tanah

Kacang Tanah

Satu cangkir kacang mengandung 4,6 gram arginin. Kacang tanah adalah makanan ringan yang nyaman, tetapi karena kandungan lemaknya yang tinggi, tidak disarankan untuk makan kacang tanah secara berlebihan. Jumlah arginin harian yang disarankan adalah 5000mg, jadi cobalah memakannya dengan asupan kecil tapi konsisten. Kacang tanah kaya akan vitamin B3, vitamin E, asam folat, dan niasin, sehingga Anda akan mendapatkan berbagai efek yang meningkatkan kesehatan.

6. Produk Susu

Produk Susu

Produk susu merupakan sumber protein yang baik, sehingga mereka yang sering mengonsumsi produk susu juga dapat memperoleh cukup arginin. Produk susu yang paling populer termasuk susu asli, keju dan yogurt, masing-masing mengantung 0,2 sampai 0,25 g arginin.

7. Buncis

Buncis

Disebut buncis karena kacang kuning menyerupai anak ayam, mereka adalah makanan protein nabati yang paling disukai vegetarian sebagai sumber protein dan serat. Satu cangkir buncis rebus mengandung 1,3 gram arginin, 14,5 gram protein, dan 12,5 gram serat makanan. Coba tambahkan buncis dengan nasi saat memasak nasi, atau gunakan untuk membuat kari dan banyak olahan buncis lainnya!

8. Lentil

Lentil

Karena lentil adalah sumber protein dan serat, tentu saja mereka juga kaya akan arginin. Satu cangkir lentil mengandung 1,3g arginin, sama seperti buncis, sehingga Anda dapat memilih kacang yang paling sesuai dengan selera Anda. Selain itu, satu cangkir lentil mengandung 63% dari asupan serat harian yang direkomendasikan, sehingga bagi orang dengan masalah pencernaan sangat disarankan agar sering makan lentil.