-->

Cara Baru Membuat Karyawan Lebih Nyaman di Tempat Kerja

Cara Baru Membuat Karyawan Lebih Nyaman di Tempat Kerja

Kita semua membutuhkan karyawan yang bekerja di dalam perusahaan kita agar dapat bekerja dengan produktif, oleh karena itu seorang pengusaha harus bisa menyediakan tempat yang nyaman bagi setiap karyawan agar mereka bisa melakukan yang terbaik saat sedang bekerja.

Jika Rekan muda tidak tahu bagaimana melakukannya, berikut beberapa cara yang dapat diterapkan di kantor baru Rekan muda.

Beri Karyawan Ruang yang Cukup

ruang kantor yang nyaman

Pertama-tama, Rekan muda perlu memastikan bahwa ada cukup ruang untuk semua karyawan. Bagi Rekan muda yang bertanya-tanya, 'Apakah Rekan muda membutuhkan ruang kantor untuk setiap karyawan?', Jawabanya tergantung pekerjaan dan kondisi pekerjaan kantor tersebut. Namun, jika Rekan muda ingin membuatnya, buatlah ruang kantor dengan luasnya sekitar 100 kaki persegi. Ini mungkin terlihat besar, tetapi di dalamnya juga bisa dibuat ruang komunal seperti area relaksasi. Seperti kita ketahui real estat untuk perkantoran memang menghabiskan banyak uang, tetapi lebih baik memiliki kantor yang luas dan nyaman daripada kantor yang sempit dan membuat sumpek.

Hal selanjutnya yang harus Rekan muda lakukan adalah mencegah karyawan Rekan muda merasa sempit dan tidak cukup ruang. Jika meja kerja tumpang tindih untuk beberapa karyawan maka orang-orang akan kesulitan menyimpan barang di satu tempat, hal itu bisa sangat mengganggu dan membuat stres. Karena ada beberapa tipe karyawan merasa tidak nyaman bekerja saat mereka terlalu dekat dengan karyawan lain.

Oleh karena itu pertimbangkanlah untuk membeli meja yang sedikit lebar. Karyawan tidak membutuhkan ruang yang terlalu besar, mereka hanya ingin meja yang nyaman untuk memainkan komputer dengan bebas dan mudah saat menggerakkan mouse, serta bisa meletakan minuman atau makanan saat waktu jam istirahat.

Buat Area Tempat Duduk Khusus

tempat istirahat di kantor

Selain ruang kerja yang nyaman, Rekan muda juga perlu memikirkan area relaksasi bagi karyawan. Banyak karyawan menjadi gelisah dan mudah tersinggung ketika mereka duduk di meja mereka dan menatap layar yang sama sepanjang hari, jadi ada baiknya untuk membuat area istirahat khusus bagi karyawan untuk bersantai. Tidak harus mewah, tetapi harus ada cukup ruang bagi semua orang untuk bersantai dan melepas lelah saat makan siang.

Pilih Peralatan Kantor yang Ergonomis

peralatan kantor yang ergonomis

Saat memilih peralatan kantor seperti meja dan kursi, Rekan muda harus mengutamakan kenyamanan karyawan saat bekerja, bukan malah memilih barang murah atau karena desain yang mencerminkan estetika kantor Rekan muda. Tetapi belilah peralatan ergonomis yang memberikan dukungan fisik yang memadai untuk karyawan.

Peralatan ergonomis mungkin lebih mahal daripada peralatan biasa, tetapi bagi karyawan ini harus menjadi prioritas utama. Hal-hal seperti sakit punggung dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berkepanjangan bagi karyawan, yang dapat membuat banyak karyawan mengambil cuti karena sakit. Hal ini tentu sangat berdampak buruk bagi perusahaan dan bisnis Rekan muda.

Menyediakan Minuman dan Makanan Ringan

munuman dan snack di kantor

Kenyamanan datang dari kondisi ruang dan furnitur yang mendukung. Namun kesejahteraan juga harus diperhatikan. Kesejahteraan karyawan bisa dilakukan dengan hal-hal kecil seperti minuman dan makanan ringan. Rekan muda memang tidak harus memberi makan siang untuk karyawan setiap harinya, tetapi menyajikan makanan ringan seperti teh, kopi, buah, yogurt, donat, dan cokelat batangan dapat membuat karyawan Rekan muda merasa benar-benar berbeda.

Terkadang beberapa karyawan mungkin lupa untuk membawa bekal makan siang mereka, dan beberapa mungkin tidak memiliki stok buah di rumah untuk dibawa bekerja sebagai pengganti makan siang. Oleh karena itu dengan adanya persedian minuman dan makanan ringan dikantor setidaknya bisa membantu karyawan untuk tetap bahagia berada dikantor dan tentunya akan meningkatkan produktivitas karyawan.

Rekan muda juga yang bisa berbicara dengan para karyawan tentang kesehatan mereka dan memberi mereka perhatian lebih dari sekadar tempat kerja.

Penutup

Kami berharap ‘cara membuat karyawan lebih nyaman di tempat kerja’ ini bisa membantu karyawan Rekan muda merasa lebih nyaman di tempat kerja.