-->

Profil Inspiratif Hrithik Roshan

Profil Inspiratif Hrithik Roshan

Hrithik Roshan adalah aktor Bollywood yang paling serba bisa dan sangat terkenal.

Kisah ini adalah tentang bagaimana Hrithik Roshan mengatasi banyak kemunduran dalam hidupnya untuk menjadi pahlawan super pertama di India.

Kisah suksesnya menegaskan bahwa tidak ada yang tidak mungkin dan keterampilan apa pun dapat dipelajari dengan kerja keras dan dedikasi.

Profil Hrithik Roshan ini harus dibaca oleh semua orang karena kisah ini menggambarkan perjalanannya menjadi aktor sukses meskipun menghadapi perjuangan yang tak terhitung jumlahnya dalam hidupnya.

Jadi baca terus ya!

Latar Belakang

Hrithik Roshan lahir pada 10 Januari 1974 di Bombay (sekarang Mumbai), Maharashtra, India dari pasangan Rakesh Roshan dan Pinky Roshan dalam keluarga Punjabi. Hrithik Roshan sering dipanggil dengan nama Duggu.

Ayah Hrithik Roshan, Rakesh Roshan adalah produser, sutradara, mantan aktor dan sutradara musik terkenal dalam film Bollywood.

Baik kakek dari pihak ayah maupun ibu dari Hrithik Roshan tidak asing dengan industri film India.

Kakek dari pihak ayah, Roshanlal Nagrath adalah seorang pemain esraj (alat musik) dan sutradara musik sedangkan kakek dari pihak ibu, Jay Om Prakash adalah seorang sutradara dan produser film.

Anak yang Beruntung

Hrithik Roshan di film Aasha

Pada tahun 1980, pada usia 6 tahun, Hrithik Roshan muncul dalam film Jay Om Prakash, Aasha.

Pada film ini, seorang juru kamera merekamnya saat dia sedang menari tetapi Hrithik Roshan tidak menyadari bahwa dia sedang direkam video. Jay Om Prakash membayarnya 100 rupee untuk tampil dalam film tersebut.

Pada usia 12, Hrithik Roshan diberi peran berbicara dalam film kakeknya, Bhagwaan Dada. Jay Om Prakash kemudia sudah terbiasa membawa Hrithik Roshan ke dalam film-filmnya karena dia percaya bahwa Hrithik Roshan membawa keberuntungan untuk filmnya.

Masa Kecil yang Pahit

Hrithik Roshan kecil sering diejek oleh anak-anak lain karena dia memiliki dua ibu jari yang menyatu di tangan kanannya ditambah lagi dia sering tergagap-gagap saat berbicara. Hrithik Roshan mulai gagap pada usia enam tahun.

Gagap (stuttering) adalah gangguan bicara yang mempengaruhi kelancaran dan aliran bicara yang normal.

Karena alasan ini, Hrithik Roshan tidak dapat berinteraksi dengan baik dengan anak-anak lainnya dan juga menjadi sasaran bully oleh kawan-kawannya. Akibatnya, Hrithik Roshan tidak suka pergi ke sekolah.

Jadi, setiap kali tes lisan dilakukan di sekolahnya, Hrithik Roshan selalu bolos dari sekolah untuk melarikan diri dari situasi yang membuatnya malu, dia kadanag akan mematahkan tangannya, keseleo, bertingkah seperti demam, sakit perut, dll.

Hrithik Roshan tahu bahwa dia harus mengatasi gagap karena dia sangat ingin menjadi aktor ketika dia besar nanti.

Kemudian, Hrithik Roshan menjalani terapi wicara di rumah sakit Nanavati (Rumah Sakit Dr. Balabhai Nanavati), Mumbai. Di sini, Dr Ramesh Oza membantunya mengatasi gagap dan menghilangkan gangguan tersebut.

Hrithik Roshan bersekolah di Bombay Scottish School. Kemudian, ia lulus jurusan perdagangan dari Sydenham College of Commerce and Economics, Mumbai.

Hrithik Roshan bersekolah di Bombay Scottish School

Di sini, Hrithik Roshan dulu aktif berpartisipasi dalam festival tari dan musik.

Sahabatnya Uday Chopra, Prashant Issar, Kunal Raj Kapoor dan Aditya Chopra mempengaruhinya saat dia tumbuh dewasa.

Setelah menyelesaikan kelulusannya, Hrithik Roshan memutuskan untuk masuk ke industri film.

Meskipun anggota keluarganya sangat berbakat dan terkait dengan industri film, ia selalu khawatir sejak kecil karena masalah gagapnya.

Berkat terapi wicara, Hrithik Roshan berhasil mendapatkan kembali kepercayaan dirinya.

Pada usia 20 tahun, dia sangat senang karena bicaranya mulai membaik, tetapi sayangnya, dia didiagnosis menderita skoliosis.

Skoliosis adalah kelengkungan tulang belakang.

Karena skoliosis, Hrithik Roshan mulai mengalami masalah punggung dan kejang dan sering terbaring di tempat tidur selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setiap kali dia mencoba berolahraga atau menari.

Jadi, dokter menyarankan dia untuk tidak melakukan stunts dan menari.

Titik Balik Kehidupan

Setelah setahun diagnosis sakit, Hrithik Roshan mulai tidak menyukai cara hidupnya yang melempem, kemudian dia melakukan hal yang bertentangan dengan saran dokternya, dia sering jogging di Pantai Juhu Mumbai dan yang mengejutkan, dia tidak merasakan sakit.

Dalam beberapa minggu, saat kepercayaan dirinya tumbuh, dia mulai berlari dan untungnya, dia tidak mengalami masalah.

Menderita Slip Disc

Hrithik Roshan memiliki slip disc

Hrithik Roshan memiliki slip disc pertamanya ketika dia berusia 21 tahun dan dia mencari dokter terbaik di dunia.

Karena punggungnya dalam kondisi yang buruk, para dokter menyarankan dia untuk meninggalkan akting dan mereka menyebut bahwa ini terjadi karena kesalahan genetika.

Para dokter memperingatkan Hrithik Roshan untuk tidak melompat atau menari, jika dia mengabaikannya maka dalam tiga sampai empat tahun kedepan kemungkinan dia harus operasi, dan 50% kemungkinan dia kan duduk di kursi roda.

Dia sangat terpukul karena kejadian ini dan dia mengatakan kepada dokter bahwa dia ingin menjadi seorang aktor tetapi dokter dengan lugas menolaknya menjadi seorang aktor.

Hrithik Roshan tidak melakukan apa-apa selama setahun karena mengikuti saran dokter.

Di tahun selanjutnya, pada hari yang sama ketika dokter mengatakan kepadanya bahwa dia tidak bisa menjadi aktor dan ketika dia berhenti memikirkan untuk menjadi seorang aktor, dia bangun dengan sepenuh hati memutuskan untuk menjadi seorang aktor karena dia tidak mau ada penyesalan karena tidak menjadi aktor di tahun-tahun terakhir hidupnya.

Hrithik Roshan memutuskan untuk menjadi aktor karena dia lebih memilih mati karena akting daripada hidup melakukan hal lain karena dia ingin menjalani hidupnya seperti yang dia inginkan.

Kemudian, dia mengambil inisiatif dan sisanya adalah sejarah seperti yang kita ketahui.

Masuk ke Film

Pada awal karirnya, Hrithik Roshan bergabung dengan film garapan ayahnya.

Dia membantu ayahnya untuk film Khudgarz (1987), Raja Paman (1993), Karan Arjun (1995) dan Koyla (1997).

Selain itu, Hrithik Roshan juga melakukan pekerjaan sampingan seperti menyapu lantai dan menyiapkan teh untuk para kru film. Saat itu ia mendapat kesempatan untuk mengamati secara dekat akting para aktor. Kemudian Hrithik Roshan juga mengikuti kelas akting dari Kishore Namit Kapoor.

Pada tahun 2000, ia memulai debut karir filmnya dalam film Kaho Naa… Pyaar Hai.

Meski film ini disutradarai oleh ayahnya, Rakesh Roshan, Hrithik Roshan tidak dengan mudah mendapatkan kesempatan untuk berakting di film ini.

Rakesh Roshan awalnya mendekati Shah Rukh Khan untuk memintanya berperan dalam peran utama dalam film ini tetapi dia tidak yakin.

Akhirnya, dia memutuskan untuk memberi putranya kesempatan.

Dalam film ini, Hrithik Roshan berlatih dengan Salman Khan untuk membentuk tubuh yang bagus dan juga berlatih menari, menyanyi, anggar, dan menunggang kuda.

Kesan Pertama yang Mengagumkan

Hrithik Roshan menjadi terkenal di film debutnya Kaho Naa Pyaar Hai

Akhirnya di tahun 2000, kerja kerasnya membuahkan hasil dan Hrithik Roshan menjadi terkenal diseluruh bioskop India dalam semalam dengan film debutnya, Kaho Naa… Pyaar Hai.

Berkat keterampilan menari dan aktingnya yang memukau, ia memenangkan hati banyak orang dan menjadikannya Superstar Milenial.

Film ini menghasilkan banyak penghargaan bagi Hrithik Roshan seperti Penghargaan Filmfare untuk Debut Terbaik, Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik, Penghargaan IIFA, Penghargaan Zee Cine, Penghargaan Layar Bintang, dll.

Film ini juga masuk dalam Limca Book of Records untuk mencetak jumlah Penghargaan terbanyak yang dimenangkan oleh sebuah film Bollywood dan film ini juga terdaftar dalam Guinness World Records 2002 untuk memenangkan jumlah penghargaan terbesar untuk sebuah film fitur.

Musik untuk film ini disutradarai oleh pamannya, Rajesh Roshan.

Film ini menjadi super hit di box office dan merupakan film Bollywood terlaris tahun 2000. Film ini mengumpulkan 800 juta rupee di box office.

Berkat film ini, ia menjadi pujaan hati miliaran orang.

Setelah sukses dengan film pertamanya, Hrithik Roshan langsung menikah dengan Sussanne Khan pada 20 Desember 2000.

Kemudian, pasangan ini dikaruniai dua putra, Hrehaan Roshan (lahir tahun 2006) dan Hridhaan (lahir tahun 2008).

Sayangnya, Hrithik Roshan dan Sussanne Khan bercerai pada November 2014.

Setelah film Kaho Naa… Pyaar Hai beberapa film Hrithik Roshan selanjutnya gagal membuat dampak yang signifikan di box office; banyak orang berpikir bahwa dia hanya membuat keajaiban pada satu film saja.

Pembuktian dalam Karirnya

Syukurlah, pada tahun 2003, Hrithik Roshan membuktikan keraguan para penikmat film dengan kesuksesan filmnya, Koi… Mil Gaya.

Film Koi… Mil Gaya menjadi titik balik terbesar dalam hidupnya.

Melalui film ini, Hrithik Roshan mengalami perasaan yang sangat baru saat memainkan peran Rohit Mehra, seorang anak cacat mental.

Dia mengatakan bahwa dia semakin mendalami perannya dan menyampaikan dialog secara spontan.

Kemudian, Hrithik Roshan memutuskan bahwa dia hanya akan berakting dalam film-film semacam itu, film-film yang sangat menggairahkan dan menyegarkannya.

pembuktian Hrithik Roshan pada film Koi Mil Gaya

Dengan film ini, ia membuktikan bahwa dirinya merupakan aktor yang multi talent dan film ini menjadi film Bollywood paling populer tahun 2003 dan menghasilkan sekitar 800 juta rupee.

Hrithik Roshan juga berakting dalam berbagai film seperti Luck by Chance, Aap Mujhe Achche Lagne Lage, Mission Kashmir, Fiza, Yaadein, Lakshya, Main Prem Ki Diwani Hoon, Guzaarish, Zindagi Na Milegi Dobara, Mohenjo Daro, Mujhse Dosti Karoge!, Kabhi Khushi Kabhie Gham, Bang Bang, Dhoom 2, Super 30, War, Krrish, Kaabil, Kites, Jodhaa Akbar, Agneepath, dll.

Dalam setiap filmnya, ia tampil dalam peran yang lebih besar dari kehidupan nyata. Bahkan Hrithik Roshan menjadi pahlawan super pertama di India, berkat filmnya Krrish.

Berkat keterampilan akting dan menarinya yang luar biasa, ia menjadi salah satu aktor Bollywood terbaik.

Menjadi Bintang Film Termahal di Televisi India

Berkat kemampuan menarinya yang luar biasa, pada tahun 2011, Hrithik Roshan diundang sebagai juri dalam reality show kompetisi tari, Just Dance. Ini merupakan debut televisinya dan menjadi bintang film termahal di televisi India dengan bayaran 20 juta rupee per episode.

Punya Brand Fashion Sendiri

Hrithik Roshan meluncurkan merek pakaiannya HRx

Pada November 2013, Hrithik Roshan meluncurkan merek pakaiannya, HRx.

HRx adalah merek kebugaran rumahan pertama di India dan menawarkan banyak produk seperti pakaian dalam, alas kaki, pakaian, aksesori, makanan atlet, dll.

Berjuang Menghilangkan Gagap

Hrithik Roshan gagap

Di masa kecilnya, Hrithik Roshan merasa sangat sulit untuk mengucapkan bebrapa kalimat. Ketika dia mulai berbicara, semuanya tampak normal tetapi dia sering terbentur di tengah pembicaraan dan berhenti tiba-tiba, dan dia tidak mengetahui alasan tersebut.

Hrithik Roshan menyebut saat-saat itu sebagai neraka karena sekujur tubuhnya dulu mengalami shock, jantungnya biasa berdebar-debar ditambah tatapan orang lain yang membuatnya semakin tidak nyaman.

Bahkan sampai sekarang pun, dia kerap terbata-bata tetapi dia senang karena sudah mengetahui cara untuk mengatasinya.

Gagap adalah salah satu kecacatan yang sering ditertawakan terutama oleh anak-anak karena tampak lucu bagi mereka dan mereka tidak bisa memahami bagaimana keadaan penderitanya.

Masa kecil anak penederita gagap sangatlah tidak mengenakan karena mulai bangun di pagi hari sampai tidur dia harus melalui sepanjang hari yang melelahkan dalam berbicara.

Di masa kecilnya, Hrithik Roshan ingin mengatakan bahwa dia ingin menjadi aktor ketika dia dewasa tetapi tidak dapat mengucapkan kata-kata itu dan ini membuatnya kehilangan motivasi karena dia merasa bahwa dia tidak dapat menjadi seorang aktor karena dia bahkan tidak dapat menyatakan bahwa dia ingin menjadi seorang aktor.

Dia adalah pria yang sangat pemalu di perguruan tinggi dan dulunya dia sangat pendiam.

Saat pertama kali bertemu Sussanne Khan, dia mengalami episode gagap terburuk dalam hidupnya.

Mereka berdua pergi berkencan ke sebuah restoran dan Hrithik Roshan mencoba memesan sesuatu dan kemudian dia mengalami kegagapan yang sangat parah.

Hrithik Roshan berjuang untuk mengucapkan kata sementara pelayan itu menatapnya.

Namun yang mengejutkan di pertemuan pertama itu, Sussanne Khan tahu apa yang ingin dia pesan dan memesankannya untuknya.

Lambat laun, Hrithik Roshan jatuh cinta pada Sussanne Khan karena dia adalah gadis pertama yang membuatnya merasa nyaman dengan kegagapannya.

Mendapatkan Kepercayaan Diri

Pada suatu pagi yang cerah, Hrithik Roshan melihat beberapa anak laki-laki melakukan jungkir balik di pantai.

Hrithik Roshan terkesan dengan aksi anak laki-laki tersebut, jadi dia mendatangi mereka dan meminta mereka untuk mengajarinya melakukan jungkir balik.

Kemudian, anak laki-laki mulai mengajarinya melakukan jungkir balik tetapi pada awalnya, dia gagal mempelajarinya dan terus jatuh lagi dan lagi bahkan setelah mencoba berulang kali.

Untungnya, Hrithik Roshan bisa melakukan salto dengan sempurna setelah berlatih selama beberapa hari.

Hrithik Roshan menyadari bahwa kegagalan adalah bagian dari pembelajaran

Kemudian, dia memperhatikan bahwa anak laki-laki itu berbicara dengan lancar dan kemudian dia menyadari bahwa dia juga dapat belajar berbicara dengan lancar dengan berlatih seperti dia belajar melakukan jungkir balik.

Hrithik Roshan juga mengerti bahwa menyembunyikan atau menyangkal gagap tidak akan membantu dan hanya akan memperburuk keadaan.

Jadi, dia memutuskan untuk menerimanya dan mulai bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan berbicaranya dengan berlatih belajar berbicara dari awal.

Hrithik Roshan mulai berbicara dengan lantang semua huruf dan kemudian mengulanginya dengan segala cara dan bentuk yang memungkinkan untuk mengembangkan pegangan yang kuat pada artikulasi dan pengucapan.

Dia juga berlatih mengucapkan permutasi dan kombinasi huruf yang berbeda selama berjam-jam. Bahkan Hrithik Roshan mencurahkan satu jam setiap hari untuk melatih pidatonya.

Pada tahun 2008, ia menyumbangkan 2 juta rupee untuk rumah sakit Nanavati dan juga meresmikan sayap terapi Audio dan dia memberikan pidato peresmiannya.

Berlatih Selama 36 Jam

Suatu ketika, Hrithik Roshan harus berlatih selama 36 jam untuk memberi tahu juru masaknya apa yang ingin dia makan.

Dalam acara lain, ia dinominasikan untuk menerima penghargaan Aktor Debut Terbaik untuk filmnya, Kaho Naa… Pyaar Hai di Dubai dan ia ingin mengatakan bahwa ia mencintai Dubai saat menerima penghargaan tersebut.

Namun Hrithik Roshan tidak sepenuhnya yakin apakah dia bisa fasih mengucapkan kata Dubai.

Jadi, malam sebelum acara penghargaan, dia ingin berlatih mengucapkan kata Dubai dengan meneriakkan kata itu dengan keras berkali-kali.

Namun Hrithik Roshan tidak bisa melakukan itu karena merasa suaranya akan terdengar di luar.

Jadi, kemudian dia pergi ke kamar mandinya untuk berlatih tetapi di sana dia juga memperhatikan bahwa suaranya dapat didengar oleh orang-orang di luar.

Kemudian, Hrithik Roshan mengunci diri di lemari besar dan mulai berlatih mengucapkan Dubai.

Akhirnya, ia mampu menyampaikan pidato yang sempurna di acara penghargaan.

Hrithik Roshan menjadi sukses karena memiliki kemauan yang keras

Hrithik Roshan mencapai ketenaran karena dia menaklukkan masalahnya dengan kepercayaan diri, kemauan keras dan dengan dukungan yang dia terima dari anggota keluarganya.

Quotes Inspirasi Hrithik Roshan

Hidup kita penuh dengan pasang surut.

Saat Anda berada di fase terendah dalam hidup Anda, Anda tidak perlu khawatir karena keadaan pasti akan naik lagi jika Anda terus berusaha.

Anda tidak boleh berhenti bergerak maju dalam hidup Anda dan tidak boleh statis pada satu titik dalam hidup Anda untuk waktu yang lama karena ini akan mencegah Anda mencapai sesuatu yang signifikan dalam hidup Anda.

Yang paling penting adalah mengambil inisiatif untuk mengambil langkah pertama menuju tujuan Anda, tetapi banyak orang gagal dalam melakukan ini.

Ketika Anda mengambil langkah pertama, maka semuanya akan beres dengan sendirinya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Mengapa Hrithik Roshan terkenal?

Hrithik Roshan sangat terkenal karena aktingnya, keterampilan menari, penampilannya yang memukau, dan karena sering terlibat dalam kegiatan kemanusiaan dan amal.

Seberapa terkenalkah Hrithik Roshan?

Hrithik Roshan adalah aktor yang sangat terkenal. Dia begitu terkenal sehingga patung lilinnya dipasang di museum Madame Tussauds London.

Hrithik Roshan tidak hanya terkenal di India tetapi juga di seluruh dunia dan ini terlihat dari film-filmnya yang meraih kesuksesan global seperti Kabhi Khushi Kabhie Gham…, Krrish, Jodhaa Akbar, dll.

Ia juga tampil di banyak majalah seperti Eastern Eye, majalah Filmfare dan berkali-kali ia juga masuk dalam 100 Selebriti India versi Forbes.

Apakah Hrithik Roshan seorang non-vegetarian?

Ya, Hrithik Roshan adalah non-vegetarian karena dia suka makan ikan salmon. Dan ia juga sering mengkonsumsi putih telur di pagi hari.

Masalah apa yang dimiliki Hrithik Roshan sebagai seorang anak?

Sebagai seorang anak, ia menderita gagap dan karena ini ia diejek oleh sesama anak. Mereka juga mengejek ibu jari Hrithik Roshan dan ia juga sering menghadapi intimidasi. Semua hal itu membuatnya tidak suka pergi ke sekolah.

Apakah Hrithik Roshan anak seorang bintang?

Ya, Hrithik Roshan adalah anak dari keluarga terkenal. Ayahnya, Rakesh Roshan adalah mantan aktor Bollywood dan berakting di banyak film seperti Ghar Ghar Ki Kahani, Man Mandir, Haqdaar, Om Shanti Om, dll.

Apakah Hrithik Roshan kidal?

Tidak, Hrithik Roshan tidak kidal tapi ambidextrous. Ini berarti dia bisa menggunakan kedua tangannya dengan sama baiknya.

Apa yang Hrithik Roshan makan?

Hrithik Roshan mengkonsumsi putih telur dan alpukat di pagi hari. Dan dia mengkonsumsi salad dan sayuran untuk protein. Dia juga suka makan pisang, apel, ubi jalar, semangka dan mangga. Serta menyukai kopi hitam.

Siapa pemilik perusahaan HRX?

HRX dimiliki bersama oleh Hrithik Roshan dan Afsar Zaidi.

Apakah Hrithik Roshan punya anak perempuan?

Tidak, Hrithik Roshan tidak memiliki anak perempuan. Dia hanya memiliki dua putra yaitu, Hridhaan Roshan dan Hrehaan Roshan.