-->

12 Alasan Bisnis Kamu Butuh Situs Web & 5 Alasan Mengapa Tidak Perlu Website

12 Alasan Bisnis Kamu Butuh Situs Web

Jika bisnis Rekan muda sudah cukup berhasil dan memiliki pelanggan tetap, Rekan muda mungkin akan beranggapan bahwa mempunya situs web untuk bisnis pribadi tidak terlalu relevan bagi Rekan muda.

Tentu, Rekan muda tahu betul apakah bisnis yang sedang dijalani sekarang membutuhkan situs web atau tidak, tetapi perlu diketahui bahwa memiliki situs web akan membuat perbedaan besar untuk bisnis pribadi Rekan muda. Apalagi jika bisnis Rekan muda sedang berkembang pesat.

Jadi bagaimana? Apakah Rekan muda memerlukan situs web untuk menjalankan bisnis yang lebih sukses?

Artikel ini membahas alasan mengapa memiliki situs web bisnis adalah investasi yang bijaksana dan alasan mengapa Rekan muda tidak harus mempunyai situs web.

Apakah Bisnis Saya Membutuhkan Situs Web?

Banyak pemilik bisnis bertanya, “Saya memiliki bisnis kecil dengan tenaga kerja kecil, dan saya tidak menjual apa pun secara online, apakah saya memerlukan situs web?”

Jawabannya iya!

Jika Rekan muda memiliki bisnis, Rekan muda harus memiliki situs web untuk menghindari kehilangan pasar bisnis dari pesaing yang sudah memilikinya.

Selanjutnya, apakah Rekan muda yakin tidak bisa menjual produk secara online? COVID-19 telah mengubah lanskap ritel, dengan jutaan pembeli online mencari segala sesuatu mulai dari buku, film, perabotan rumah, dan banyak lagi. Jadi saat Rekan muda masih ragu-ragu, pesaing Rekan muda kemungkinan telah meraup untung dari sebuah situs web untuk bisnis mereka.

Rekan Muda Pasti Tidak Ingin Ketinggalan!

Tetapi Rekan muda mungkin bertanya, “Apakah halaman Facebook saya tidak dihitung?”

Apakah Saya Membutuhkan Situs Web jika Saya Memiliki Halaman Facebook?

Sudah umum bagi bisnis untuk mengandalkan Facebook atau platform media sosial lainnya sebagai saluran iklan utama mereka. Dan saluran ini menawarkan keuntungan.

Facebook
 
Misalnya, mereka membantu membangun audiens yang lebih besar dan bahkan membantu Rekan muda melakukan riset pasar. Namun, halaman Facebook tidak boleh menggantikan situs web bisnis Rekan muda. Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Rekan Muda Tidak Memiliki Halaman Facebook Seutuhnya

Apa yang terjadi jika, suatu pagi, Facebook memutuskan bahwa mereka tidak akan mendukung bisnis lagi? Jika halaman Facebook Rekan muda adalah satu-satunya kehadiran online dari bisnis, semua klien dan pengikut yang Rekan muda bangun kemungkinan akan hilang.

Faktanya, belum lama ini Facebook sedang mengalami masalah secara global, sehingga menyebabkan momen hiruk-pikuk.

Dan meskipun kecil kemungkinan Facebook akan berhenti mendukung platform bisnis, Rekan muda tetap tidak memiliki suara dalam perubahan yang akan dipilih Facebook untuk diterapkan setiap waktu.

Namun, dengan situs web Rekan muda memiliki kendali penuh atas tampilan dan fitur situs web yang dimiliki.

2. Facebook Punya Keterbatasan SEO

Coba pikirkan hal ini. Ke mana Rekan muda pergi ketika mencari sebuah produk lokal? Facebook atau Google? Hampir 3,5 miliar pencarian harian di Google menunjukkan bahwa kebanyakan orang beralih ke mesin melalui jaringan sosial untuk menemukan informasi.

Situs web bisnis memungkinkan Rekan muda memposisikan diri sehingga orang akan menemukan Rekan muda saat mereka membuat kueri penelusuran tentang produk yang dijual atau layanan yang diberikan. Bahkan Rekan muda dapat dengan mudah bersaing dengan situs web yang lebih besar, Rekan muda juga dapat mengoptimalkan situs untuk pencarian lokal guna menarik pemirsa di wilayah Rekan muda.

3. Website Lebih Kredibel

Situs web bisnis adalah lencana kepercayaan, dan orang-orang hanya membeli dari bisnis yang mereka kenal, sukai, dan percayai. Jadi meskipun mungkin lebih cepat dan mudah untuk membuat halaman Facebook, namun Rekan muda akan dapat memeliki lebih banyak otoritas dan kepercayaan dengan situs web bisnis.

4. Kehilangan Perhatian di Facebook

Facebook sangat kompetitif. Memiliki bisnis di Facebook berarti Rekan muda harus terus-menerus melawan persaingan dari beberapa perusahaan lain.

Terlebih lagi Rekan muda harus bersaing dengan teman-teman Facebook klien potensial Rekan muda. Banyak orang yang menganggap iklan mengganggu, terutama saat ingin berinteraksi dengan teman, sehingga membuat mereka mengabaikan postingan atau iklan bisnis Rekan muda.

Di sisi lain, situs web bisnis memastikan bahwa Rekan muda memiliki perhatian penuh dari klien potensial. Rekan muda mungkin harus melakukan beberapa kerja keras untuk membawa mereka ke situs web, namun begitu mereka ada di situs web Rekan muda, kemungkinan mereka untuk menjadi pelanggan tetap sangat besar.

Kami tidak mengatakan Rekan muda tidak boleh memiliki halaman Facebook untuk bisnis Rekan muda. Namun sebaliknya, halaman Facebook Rekan muda dan media sosial lainnya harus mendukung situs web Rekan muda—bukan menggantikannya.

Pentingnya Memiliki Website

Memiliki situs web meningkatkan kredibilitas bisnis Rekan muda, meningkatkan visibilitas bisnis, dan meningkatkan perolehan profit. Karena web milik Rekan muda; oleh karena itu, Rekan muda memiliki kebebasan mutlak tentang bagaimana tampilannya dan apa yang ingin Rekan muda promosikan. Ini adalah tempat yang sangat baik untuk menyoroti ulasan positif dan menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki calon pelanggan tentang bisnis Rekan muda.

Manfaat Situs Web

Manfaat Situs Web

Apakah bisnis Rekan muda kecil atau besar, situs web bisnis menawarkan banyak keuntungan. Berikut adalah manfaat paling signifikan dari memiliki situs web bisnis.

1. Website Membuat Bisnis Rekan Muda Terlihat Profesional

Siapa pun dapat membuat halaman perusahaan di Facebook; itu gratis dan dapat dilakukan dalam sekejap. Syarat masuk yang rendah ini menghilangkan banyak kredibilitas pada halaman media sosial bisnis. Pelanggan tidak tahu siapa yang berada di balik halaman Facebook, di mana mereka berada, dan apakah itu hanya bisnis penipuan.

Di sisi lain, membuat situs web bisnis tidak gratis dan menunjukkan bahwa Rekan muda relatif serius dengan bisnis Rekan muda. Oleh karena itu, website bisnis membuat Rekan muda terlihat lebih profesional dan kredibel.

2. Langkah Penting untuk Menggaet Pelanggan Setia Rekan muda

Situs web yang efektif adalah tempat Rekan muda untuk berjumpa dengan calon pelanggan setia. Di situs web Rekan muda bisa menginspirasi tindakan dari klien potensial Rekan muda.

Situs web Rekan muda seperti toko fisik—orang-orang yang melewatinya suatu saat pasti akan masuk untuk melihat apa yang Rekan muda tawarkan. Saat mereka sudah masuk walaupun tidak membeli apapun, mereka memliki kemungkinan besar untuk kembali dan membeli sesuatu pada waktu berikutnya.

Begitu juga saat pelanggan menemukan bisnis Rekan muda melalui umpan media sosial. Jika iklan umpan sosial menarik, mereka akan mengunjungi situs web Rekan muda untuk mengetahui lebih lanjut tentang bisnis tersebut. Jika tidak ada situs web, kecil kemungkinan mereka melirik bisnis Rekan muda.

3. Situs Web Meningkatkan Visibilitas Rekan muda

Menurut penelitian internasional, ada 4,5 miliar orang pengguna internet aktif di muka bumi ini, dan hampir 90% dari mereka mengakses Internet melalui perangkat seluler.

Tanpa situs web, bisnis Rekan muda hampir tidak terlihat oleh orang-orang ini. Dengan COVID-19 yang mendorong pasar global menjadi lebih digital, bisnis Rekan muda sudah pasti tidak terlihat oleh mereka kecuali Rekan muda berinvestasi di situs web.

4. Peluang untuk Bisnis Lokal

Banyak pemilik usaha kecil tidak melihat perlunya berinvestasi di situs web bisnis yang efektif. Namun, mereka saat ini kehilangan sumber pendapatan yang luar biasa.

Statistik berikut menunjukkan betapa pentingnya sebuah situs web untuk bisnis lokal:
  • 46% pencarian di Google menyertakan produk lokal
  • 97% pengguna menggunakan penelusuran untuk menemukan bisnis lokal
  • 28% pengguna membeli item setelah pencarian lokal
  • 70% pengguna akan mengunjungi toko setelah mereka melihat secara online
Situs web bisnis akan membantu Rekan muda menangkap semua potensi ini dan membuat bisnis Rekan muda semakin menguntungkan.

5. Bisa Menampilkan Ulasan Positif

Apa yang pelanggan Rekan muda katakan tentang bisnis Rekan muda dapat menjadi masukan yang bermanfaat untuk bisnis. Jadi, meskipun situs web ulasan seperti Yelp bagus, situs web Rekan muda adalah tempat terbaik bagi orang-orang untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang bisnis Rekan muda.

Menampilkan testimonial terbaik Rekan muda di situs web Rekan muda adalah cara yang efektif untuk membangun kepercayaan dan bukti sosial. Terlebih lagi, menerbitkan ulasan terbaik Rekan muda di situs web memastikan bahwa situs ulasan pihak ketiga tidak membawa dampak buruk untuk bisnis Rekan muda.

6. Situs Web Menjadikan Bisnis Abadi

Salah satu hal terbaik tentang berinvestasi di situs web bisnis adalah bagaimana hal itu terus menghasilkan manfaat bagi Rekan muda bahkan bertahun-tahun setelah Rekan muda membuatnya.

Saat Rekan muda membayar iklan di media sosial, calon klien Rekan muda hanya melihat iklan Rekan muda selama Rekan muda menjalankannya. Jika mereka tidak melihatnya, Rekan muda harus membayar lagi untuk menjalankan kampanye iklan tersebut.

Di sisi lain, situs web bisnis akan memberi Rekan muda ROI seiring waktu. Bahkan jika itu tidak memberi Rekan muda pengembalian di tahun pertama, Rekan muda punya waktu untuk mengubah banyak hal sampai Rekan muda mendapatkan pengembalian.

7. Membuat Website Bisnis Lebih Mudah dan Lebih Murah dari yang Rekan muda Pikirkan

Banyak pemilik bisnis menolak untuk membuat situs web karena mereka percaya itu sulit dan mahal untuk membuat situs web yang efektif. Namun, itu tidak benar.

Tidak pernah ada waktu yang lebih mudah dan lebih murah untuk membuat situs web berkualitas tinggi. Apalagi sekarang sudah banyak pembuat situs web yang terjangkau dan mudah digunakan, membuat situs web dan hosting situs web juga cukup mudah.

8. Situs Web Bisnis Memungkinkan Rekan muda Menjual Secara Online

Penjualan e-niaga meledak dan diproyeksikan mencapai lebih dari Rp76.000 triliun pada tahun 2022. Tentunya, tidak satu pun dari penjualan ini terjadi pada bisnis yang tidak memiliki situs web.

Bahkan jika Rekan muda bukan bisnis e-niaga tradisional, memiliki etalase online dapat membantu Rekan muda menarik pelanggan baru dan membantu Rekan muda terus menjual bahkan saat toko fisik Rekan muda tutup.

9. Rekan muda Memiliki Kontrol Penuh Atas Situs Web Rekan muda

Karena situs web Rekan muda adalah milik Rekan muda, Rekan muda mendapatkan kebebasan desain mutlak — tidak seperti platform media sosial.

Rekan muda dapat membagikan ulasan pengguna, video, gambar, dan apa pun yang Rekan muda inginkan.

Selain itu, Rekan muda tidak harus mengikuti aturan platform sosial yang terus diperbarui. Dan jika ada pemadaman media sosial, seperti ketika Facebook, Instagram, dan WhatsApp menghilang selama beberapa jam, situs web Rekan muda dan kontennya tetap aman.

10. Situs Web Bisnis Mudah Dikelola

Mengelola situs web dulunya menakutkan. Namun, dengan sistem manajemen konten (CMS) seperti Blogger dan WordPress, kini mengelola situs web menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Selain itu, Rekan muda tidak memerlukan keahlian teknis apa pun untuk menjaga situs web Rekan muda tetap update.

11. Situs Web Meningkatkan Layanan Pelanggan

Situs web yang efektif akan berisi banyak informasi penting yang dibutuhkan pelanggan Rekan muda. Oleh karena itu, mereka tidak perlu menelepon tentang lokasi, jam operasional, dan pertanyaan sederhana lainnya. Dengan membantu pelanggan, situs web meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Selain itu, karena pertanyaan sederhana dari pelanggan tidak menghambat tenaga kerja Rekan muda, mereka dapat berfokus pada proses penting lainnya yang meningkatkan produktivitas perusahaan.

12. Situs Web Membantu Rekan muda Mengakhiri Persaingan

Bahkan sebagai bisnis kecil, situs web yang efektif memungkinkan Rekan muda bersaing dengan "anak-anak besar" industri disekitar Rekan muda. Jika Rekan muda memainkan kartu Rekan muda dengan benar dan mengoptimalkan situs web Rekan muda dengan tepat, Rekan muda dapat mengungguli situs web yang lebih besar, dan mendapatkan prospek berkualitas secara organik dari mesin telusur.

Dengan banyaknya manfaat yang diberikan sebuah website, apakah Rekan muda masih tetap tidak membutuhkan website untuk bisnis? Ya, dan inilah beberapa alasannya.

5 Alasan Mengapa Bisnis Rekan muda Tidak Membutuhkan Website

5 Alasan Mengapa Bisnis Kamu Tidak Membutuhkan Website

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis Rekan muda mungkin tidak memerlukan situs web.

1. Rekan muda Tidak Ingin Bertumbuh

Salah satu alasan utama untuk memiliki situs web yang berfungsi dan efektif adalah untuk meningkatkan jumlah klien yang Rekan muda miliki dan meningkatkan pendapatan Rekan muda. Jika Rekan muda tidak ingin mengembangkan bisnis Rekan muda secara signifikan, mungkin ada sedikit alasan untuk mencoba dan menemukan lebih banyak klien atau meningkatkan pendapatan Rekan muda.

2. Rekan muda Sudah Memiliki Profit yang Tinggi

Banyak bisnis melakukan pekerjaan yang baik untuk mendapatkan pelanggan setia dan memanfaatkan jaringan mereka yang ada untuk bisnis baru. Jika ini Rekan muda, mungkin situs web tidak begitu penting. Tentu saja ini mengasumsikan bahwa cara jualan Rekan muda akan terus menjadi mekanisme yang efektif bagi Rekan muda untuk mendapatkan semua bisnis baru yang Rekan muda butuhkan.

3. Rekan muda Tidak Akan Menambah Karyawan dalam Waktu Dekat

Jika Rekan muda ingin menambah staf, kemungkinan besar calon karyawan Rekan muda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Rekan muda. Dan mereka mungkin akan beralih ke situs web Rekan muda. Calon rekrutan akan memilih perusahaan dengan situs web yang dinamis daripada perusahaan dengan brosur di web.

Usaha kecil akan dilayani dengan baik oleh situs web, karena mereka tidak memiliki sumber daya yang dapat membantu menarik orang-orang di luar jaringan mereka. Sebuah situs web dapat membantu hal-hal tersebut.

Tetapi jika Rekan muda tidak ingin merekrut talenta terbaik, maka Rekan muda dapat melakukannya tanpa situs web bisnis.

4. Rekan muda Beroperasi dalam Monopoli Virtual

Jika Rekan muda memiliki kemewahan menjalankan bisnis yang persaingannya sangat sedikit (jika ada), dan Rekan muda memiliki penawaran yang tidak dimiliki orang, sebuah situs web mungkin tidak penting. Klien Rekan muda membutuhkan apa yang Rekan muda miliki, dan tidak ada tempat lain untuk dituju. Selamat! Meskipun situs web baru yang mengkilap mungkin mengesankan pasangan dan kolega Rekan muda, Rekan muda mungkin tidak memerlukannya untuk meningkatkan bisnis Rekan muda.

5. Rekan Muda Tidak Berharap untuk Menjual Perusahaan dalam Waktu Dekat

Untuk semakin banyak jenis bisnis, situs web merupakan aset penting yang menjadi faktor dalam diskusi penilaian. Ini terutama jika Rekan muda memiliki bisnis rintisan, bisnis teknologi tinggi, atau bisnis yang "berskala" dengan baik (yaitu, menambah pelanggan baru tidak meningkatkan biaya secara proporsional).

Alasannya cukup sederhana. Jika Rekan muda memiliki situs web yang efektif dan dapat menunjukkan bahwa situs tersebut berhasil membantu Rekan muda mendapatkan klien baru, Rekan muda memiliki bisnis yang lebih baik daripada orang lain. Internet adalah cara terbaik bagi banyak perusahaan untuk memiliki biaya akuisisi pelanggan yang rendah.

Hal baik lainnya tentang Internet sebagai sarana pemasaran dan penjualan adalah dapat lebih mudah diukur. Bayangkan jika Rekan muda menjual bisnis Rekan muda dan menunjukkan kepada pengakuisisi bagan lalu lintas web Rekan muda (dan bagaimana pertumbuhannya dari waktu ke waktu) dan data yang tepat tentang bagaimana lalu lintas itu diterjemahkan menjadi pendapatan — Rekan muda mungkin akan menemukan bahwa keduanya sangat berkorelasi. Jika saya berada di sisi pembelian, saya akan duduk dan memperhatikan.

Kesimpulan Akhir

Keputusan membuat situs web untuk bisnis Rekan muda pada akhirnya ada di tangan Rekan muda. Namun, jika bagian dari tujuan bisnis Rekan muda adalah untuk meningkatkan perolehan profit, visibilitas, bukti sosial, dan otoritas, maka membuat situs web adalah tempat yang sangat baik untuk memulai bisnis menjadi lebih maju di masa mendatang.