Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

4 Tips Kesehatan untuk Pekerja Kantor

Pekerja kantor riskan terkena sindrom leher kura-kura dan sindrom mata kering. Bagaimana cara mencegahnya? Yuk simak 4 cara agar tetap sehat di kantor
4 Tips Kesehatan untuk Pekerja Kantor

Pekerja kantoran sering menghabiskan waktu hingga 8 jam sehari di kantor. Para pekerja kantoran sangat perlu menciptakan lingkungan kantor yang sehat. Dan Rekan muda perlu upaya tersendiri untuk menjaga kesehatan Rekan muda. Yuk simak 4 cara agar tetap sehat di kantor.

1. Cara mencegah sindrom leher kura-kura

Menatap monitor dalam waktu lama dapat menekuk leher ke depan seperti kura-kura. Sindrom leher kura-kura adalah gejala di mana susunan leher berubah menjadi bentuk lurus karena otot-otot di sekitar leher menjadi kaku.

Leher normal berbentuk C cekung, sedangkan leher kura-kura lurus dan tidak mendistribusikan berat kepala. Gejala seperti leher kaku, nyeri leher dan bahu, dan pada kasus yang parah dapat terjadi migrain atau pusing.

Profesor Jinman Jeon dari Departemen Kedokteran Rehabilitasi di Rumah Sakit Universitas Kyunghee mengatakan, "Sangat baik untuk menempatkan monitor tinggi sehingga sejajar dengan mata. Rekan muda harus menjaga dada Rekan muda tetap lurus," katanya.

2. Cara mencegah sindrom mata kering

Sindrom mata kering adalah penyakit di mana air mata tidak diproduksi dengan baik karena penurunan fungsi kelenjar lakrimal. Pekerja kantoran menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan dan uap air di udara menguap karena pemanasan, yang mudah menyebabkan sindrom mata kering.

Udara dalam ruangan yang bersih sangat penting untuk kesehatan mata. Disarankan untuk menjaga suhu ruangan pada 18-22 derajat Celcius dan kelembaban 60% atau lebih, dan sering minum air putih, atau memakai air mata buatan juga dapat membantu.

Profesor Kim Eung-seok dari Departemen Oftalmologi di Rumah Sakit Universitas Kyunghee mengatakan, “Sindrom mata kering sementara dapat diperbaiki dengan perubahan gaya hidup dan air mata buatan.”

3. Cara menjaga kesehatan pergelangan tangan

Mereka yang sering bekerja dengan komputer harus berhati-hati dengan pergelangan tangan mereka. Menggunakan mouse dalam waktu lama menyebabkan mati rasa dan nyeri pada pergelangan tangan. Setelah rasa sakit terjadi, tidak mudah untuk pulih.

Istirahat yang cukup membantu kesehatan pergelangan tangan dan fokus pada pekerjaan. Profesor Baek Jong-hoon dari Departemen Bedah Ortopedi di Rumah Sakit Universitas Kyunghee mengatakan, “Saat menggunakan mouse, Rekan muda harus menjaga tangan dan pergelangan tangan Rekan muda dalam garis lurus dan menggunakan bantal atau pelindung pergelangan tangan untuk mengurangi beban.”

4. Cara mencegah varises

Sebagian besar pekerja kantoran menghabiskan lebih dari 8 jam sehari duduk di kursi. Jika Rekan muda tetap dalam satu posisi untuk waktu yang lama tanpa gerakan, Rekan muda mungkin memiliki masalah dengan sirkulasi darah.

Jika sirkulasi darah tidak lancar, gejala yang terlihat mulai muncul, dan salah satu area yang paling bermasalah adalah varises di kaki. Varises adalah vena yang berliku-liku dan menonjol di betis.

Bahkan berjalan kaki singkat membuat kaki bisa sakit dan lelah. Jika dibiarkan, kulit menjadi hitam karena gumpalan darah terbentuk di dalam varises dan sel darah merah yang keluar dari dinding kapiler membuat kulit menjadi hitam.

Profesor Ahn Hyung-jun dari departemen transplantasi dan bedah vaskular di Rumah Sakit Universitas Kyunghee mengatakan, "Pekerja dapat menggunakan peregangan dan olahraga sederhana yang dapat merangsang otot betis, seperti memutar pergelangan kaki saat duduk, dll." membantu melancarkan peredaran darah dan menguatkan otot-otot di sekitar pembuluh darah yang ada,” ujarnya.

Posting Komentar

© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain