Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

Power Nap: Ciri-cirinya, Manfaatnya, dan Cara Melakukannya

Tidur bagaimana yang termasuk Power Nap? Apa manfaat Power Nap? Untuk siapa Power Nap dan bagaimana melakukannya dengan benar?
Power Nap: Ciri-cirinya, Manfaatnya, dan Cara Melakukannya
Melakukan power nap dengan rutin bagus untuk kesehatan otak

Tidur siang tidak hanya untuk anak kecil. Sekitar 1 dari 3 orang dewasa di dunia melakukan tidur siang untuk istirahat dan mengembalikan stamina.

Tidur siang memiliki beberapa jenis dan ukuran tertentu. Sebagian orang melaksanakan tidur siang restoratif untuk mengganti tidur malam yang tidak cukup, sebagian lagi ada yang melaksanakan tidur siang 'profilaksis' untuk mempersiapkan stamina kerja saat shift malam.

Dan ada juga tidur siang yang dikenal dengan nama Power Nap.

Power nap adalah tidur siang yang singkat — antara 20 sampai 30 menit.

Power nap memberikan manfaat restoratif yang tidak mempengaruhi kenyenyakan tidur seseorang saat malam hari.

Tidur bagaimana yang termasuk Power Nap?

Beberapa ahli mengatakan power nap harus sekitaran 20 menit. Tapi mayoritas setuju power nap tidak boleh lebih dari 30 menit. Penyebabnya karena tubuh memasuki tidur yang nyenyak sekitar waktu tersebut, dan bangun dari tidur nyenyak dapat menyebabkan malas gerak (mager).

Keadaan mager atau kantuk ini juga disebut "kelembaman tidur. Saat itulah tubuh Rekan muda merasa perlu tidur lebih banyak karena otak Rekan muda sudah mulai masuk ke kondisi tidur yang lebih dalam.

Berpegang teguh pada kerangka waktu yang lebih pendek membuat tubuh tidak berurusan dengan inersia tidur sehingga Rekan muda bangun dengan perasaan pulih daripada mengantuk. Dengan power nap, Rekan muda tetap berada di tahap tidur yang lebih ringan. Bila Rekan muda sudah tidur lebih dari 30 menit maka akan lebih sulit untuk bangun dan Rekan muda akan bangun dengan perasaan mager dibandingkan ketika bangun dari tidur yang lebih ringan.

Power nap adalah jenis tidur siang yang paling bermanfaat bagi kebanyakan orang dewasa.

Apa manfaat Power Nap?

Manfaat utama dari power nap adalah membantu Rekan muda merasa segar kembali, sehingga Rekan muda merasa lebih terjaga sepanjang hari. Saat Rekan muda melakukan power nap, itu memberi energi dan membuat Rekan muda lebih waspada selama empat hingga enam jam ke depan. Rekan muda merasa bisa mendapatkan lebih banyak pencapaian.

Tidur siang dapat membantu Rekan muda merasa rileks, mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, dan memperbaiki suasana hati serta kinerja Rekan muda, seperti dengan meningkatkan waktu reaksi dan memori Rekan muda. Power nap dapat membantu orang dengan pekerjaan yang membutuhkan kewaspadaan tinggi (misalnya, pengemudi dan pilot) untuk mengisi ulang tenaga, sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan kesalahan akibat kantuk.

Tidur siang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stres. Sebuah penelitian menyebutkan tidur siang singkat selama 30 menit memiliki manfaat menghilangkan stres dan menumbuhkan kekebalan bagi sekelompok pria muda yang sehat.

Dan jika Rekan muda membutuhkan alasan lain untuk istirahat tengah hari: Tidur siang dapat menjaga kesehatan jantung Rekan muda. Sebuah penelitian menemukan bahwa partisipan yang tidur siang sekali atau dua kali seminggu memiliki risiko lebih rendah mengalami kejadian kardiovaskular.

Ingatlah bahwa batas untuk power nap adalah 30 menit agar tidur malam rekan muda tidak treganggu. Karena tidur siang yang lebih lama dari hal tersebut akan memengaruhi kemampuan Rekan muda untuk tertidur di malam hari.

Untuk siapa Power Nap dan bagaimana melakukannya dengan benar?

Jika Rekan muda mendapatkan tujuh hingga sembilan jam tidur yang direkomendasikan di malam hari, bangun dengan perasaan penuh semangat, dan memiliki banyak energi sepanjang hari, Rekan muda mungkin tidak perlu melakukan power nap. Namun, jika Rekan muda cenderung merasa mengantuk di sore hari atau kurang tidur di malam hari, maka power nap akan sangat bermanfaat.

Tidur siang mungkin sangat membantu bagi pekerja shift, terutama mereka yang perlu menghindari kantuk karena alasan keamanan, seperti pengemudi truk atau dokter yang bersiap untuk operasi.

Tidak apa-apa untuk tidur siang secara teratur. Namun, jika Rekan muda perlu melakukan power nap setiap hari, maka Rekan muda mungkin mendapat manfaat dari peningkatan total waktu tidur di malam hari.

Berikut adalah beberapa tips dari Sleep Foundation tentang cara memaksimalkan power nap Rekan muda:
  • Jangan tidur siang terlalu dekat dengan waktu tidur malam. Aturan praktis yang baik adalah tidur siang di titik tengah antara waktu Rekan muda bangun dan waktu Rekan muda pergi tidur.
  • Setel alarm selama 10 hingga 20 menit untuk memastikan Rekan muda bangun dengan perasaan waspada alih-alih bangun dalam keadaan pusing.
  • Temukan tempat yang tepat untuk beristirahat. Lingkungan tidur terbaik untuk tidur siang adalah tempat yang sama untuk tidur malam hari: Rekan muda memerlukan tempat yang sejuk, gelap, tenang, dan nyaman.
Power nap bukan untuk semua orang. Rekan muda mungkin tidak dapat membuatnya bekerja sesuai jadwal atau Rekan muda mungkin tipe orang yang bangun dengan perasaan bingung atau bahkan lebih lelah dari sebelumnya, terlepas dari durasi tidur siang tersebut.

Posting Komentar

© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain