Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

6 Nasihat Keuangan untuk Remaja Putra

Salah satu keterampilan penting dalam hidup yang tidak diajarkan di sekolah atau di rumah, ialah bagaimana cara mengelola uang dengan efektif.
6 Nasihat Keuangan untuk Remaja Putra

Sebagai seorang pria muda yang beralih dari sekolah menengah ke perguruan tinggi, atau dari lingkungan pendidikan ke pekerjaan penuh waktu, Rekan muda memiliki banyak hal untuk dipikirkan. Salah satu keterampilan penting dalam hidup yang tidak terlalu sering diajarkan di sekolah atau di rumah, tetapi dapat berdampak signifikan pada kualitas hidup Rekan muda, adalah bagaimana mengelola uang Rekan muda secara efektif.

Jadi, berikut adalah enam pertimbangan keuangan yang perlu diingat saat ini.

Membangun pola pikir yang benar. Sekarang, Rekan muda seharusnya sudah paham bahwa jika ingin mencapai sesuatu, Rekan muda harus mengambil tindakan untuk mencapainya. Maka sangatlah benar untuk berpikir sebelum bertindak. Misalnya, Rekan muda ingin makan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan tubuh atau mengganti oli untuk menjaga mobil agar berjalan lancar, berkomitmen untuk kesehatan finansial di masa sekarang akan memberi Rekan muda lebih banyak pilihan dan fleksibilitas untuk sisa hidup Rekan muda.

Mulailah menganggarkan, menabung, dan berinvestasi. Hal-hal ini mungkin terdengar menyenangkan, tetapi ini adalah dasar dari kesehatan finansial yang sangat sulit untuk dimulai. Menetapkan anggaran memungkinkan Rekan muda untuk menetapkan prioritas, menentukan apa yang Rekan muda butuhkan untuk mencapai tujuan Rekan muda, dan menghitung berapa pengeluaran untuk keperluan setiap hari. Contoh sederhananya, Rekan muda akan mulai berfikir bahwa menghabiskan 50 ribu sehari untuk kopi bisa terasa seperti kemewahan daripada kebutuhan. Menggunakan aplikasi penganggaran gratis dapat membantu. (Download Disini)

Penting juga untuk tidak belanja barang-barang yang tidak Rekan muda butuhkan. Hal ini dapat membantu ketika Rekan muda mengalami kesulitan keuangan atau karena ada keadaan darurat lainnya.

Berinvestasi adalah salah satu hal yang ditakuti oleh sebagian anak muda. Rekan muda dapat mengurangi kekhawatiran ini dengan belajar tentang dasar-dasar investasi. Temukan kursus atau pendidikan online tentang konsep berinvestasi dan manfaatnya dari waktu ke waktu. Jika Rekan muda belum berinvestasi, ini akan membantu Rekan muda secara bertahap meningkatkan pengetahuan dan tingkat kenyamanan berinvestasi dengan mulai menyerap informasi tentang kinerja ekonomi Rekan muda.

Dapatkan beberapa nasihat yang baik. Temukan seseorang yang Rekan muda percayai yang mengenal Rekan muda dan tujuan Rekan muda, berpengetahuan luas dan dengan sabar menjawab pertanyaan Rekan muda. Bisa orang tua, kerabat dekat, teman lama, guru, atau bos. Setelah Rekan muda mengetahui seperti apa manfaat dasar dari investasi, Rekan muda kemudian mencari penasihat profesional yang dapat membimbing Rekan muda untuk sukses dalam berinvestasi.

Harapan yang tidak terduga. Hidup adalah apa yang terjadi ketika Rekan muda membuat rencana lain. Rekan muda bisa membayangkan memiliki pasangan yang selalu mendukung impian Rekan muda, memiliki anak atau keluarga, fokus pada pekerjaan Rekan muda atau pensiun pada usia tertentu. Tetapi bagaimana jika beberapa dari hal itu tidak berjalan sesuai rencana? Maka menabung dan berinvestasi akan memberi Rekan muda fleksibilitas saat kehidupan tidak sesuai rencana.

Ikut terlibat. Untuk waspada terhadap situasi kehidupan yang tidak terduga, selalu perhatikan dan berpartisipasi dalam keuangan keluarga Rekan muda, termasuk pasangan, orang tua, dan anak-anak Rekan muda. Mengetahui seperti apa peta jalan keuangan Rekan muda dapat membantu Rekan muda membuat pilihan yang lebih cerdas dan lebih sehat untuk diri sendiri dan keluarga Rekan muda saat bersiap menghadapi keadaan darurat.

Kesejahteraan finansial tampaknya dapat diselesaikan dengan sendirinya, tetapi ini lebih seperti mobil yang dikendalikan secara manual. Untuk mencapai tujuan yang Rekan muda inginkan, Rekan muda harus menjadi orang yang menyetir, menekan pedal gas, dan mengerem dengan cara yang benar pada waktu yang tepat.

Informasi yang terkandung dalam artikel ini bukan merupakan ajakan untuk membeli atau menjual investasi. Semua informasi yang disajikan disediakan sebagai panduan umum dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran terhadap produk investasi tertentu. Strategi investasi yang disebutkan mungkin tidak cocok untuk semua investor karena kelayakan investasi atau strategi tertentu akan bergantung pada keadaan dan tujuan individu investor. Berinvestasi melibatkan risiko dan selalu ada kemungkinan kehilangan uang saat berinvestasi. Ulasan yang diungkapkan di sini murni dari pandangan pribadi penulis.

Posting Komentar

© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain