Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

China Kembali Sosialisasikan Aplikasi Mata Uang Digital

Aplikasi mata uang yuan digital tersedia di Google Play Store dan App Store China. Ini memungkinkan semua pengguna smartphone memiliki dompet digital.
China Kembali Sosialisasikan Aplikasi Mata Uang Digital
Bayar kopi dengan mata uang digital China. Foto: Getty Images

China kembali menjalankan uji coba untuk uang yuan digital atau e-CNY. Sekarang PBC (Bank Rakyat China) kembali memperluas jaringan penggunaan mata uang digital dengan meluncurkan aplikasi dompet e-CNY kepada masyarakat di kota-kota tertentu.

Bank Rakyat China telah meluncurkan versi pertama aplikasi dompet yuan digital dalam upaya untuk memperluas penggunaannya dikalangan masyarakat China.

Aplikasi mata uang yuan digital tersedia di Google Play Store dan App Store China. Hal ini memungkinkan semua pengguna smartphone bisa memiliki dompet yuan digital dan membelanjakan mata uang tersebut.

Uang yuan digital atau e-CNY adalah versi digital dari mata uang negara China dan telah di rancang sejak 2014. Ini bukan cryptocurrency seperti bitcoin tetapi memang uang biasa pada umumnya yang dikeluarkan dan dikontrol oleh Bank Rakyat China.

Sejauh ini, Bank Rakyat China sudah melakukan sejumlah uji coba di seluruh negeri dalam bentuk memberikan hadiah mata uang digital kepada beberapa orang secara acak di kota-kota tertentu untuk dibelanjakan. Bahkan menurut laporan, beberpa perusahaan e-commerce seperti JD.com (di Indonesia JD.id), telah menerima mata uang digital sebagai pembayaran mereka.

Tetapi yuan digital belum secara resmi diluncurkan secara nasional dan tidak ada informasi resmi kapan mata uang digital ini bisa digunakan secara luas.

Aplikasi yuan digital ini baru bisa digunakan di beberapa kota saja termasuk kota besar Shanghai dan Beijing. Jika dulu hanya pengguna tertentu yang dapat menggunakan aplikasi berdasarkan undangan. Tetapi sekarang semua orang dapat mengunduh aplikasi yuan digital secara gratis, hal ini membuktikan bahwa China serius ingin menggunakan mata uang digital di masa mendatang.

Menurut pemberitahuan di aplikasi tersebut acara olimpiade musim dingin Beijing rencananya akan menjadi salah satu tempat yuan digital dapat digunakan. Olimpiade Musim Dingin, yang akan berlangsung tahun ini di ibu kota Tiongkok, telah menjadi salah satu acara yang ditargetkan Bank Rakyat China untuk memperkenalkan yuan digital secara globlal.

Namun, aplikasi e-CNY akan menghadapi persaingan yang ketat dari dua aplikasi pembayaran digital raksasa China, yakni Alipay dari Ant Group dan WeChat dari Tencent.

Posting Komentar

© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain