Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

7 Tips Motivasi Diri

Berikut adalah 7 cara mendorong diri sendiri dalam menciptakan motivasi diri yang benar-benar Kamu butuhkan untuk tantangan dan tujuan hidup Kamu.
7 Tips Motivasi Diri

Dari mana motivasi diri berasal? Motivasi merupakan kegigihan dan kekuatan yang dibutuhkan untuk menetapkan tujuan dan membuat mimpi menjadi kenyataan. Bisa kita lihat para pemain bulutangkis sering berteriak "Ayo!" ketika berada di bawah tekanan di lapangan. Dari mana motif itu berasal? Suara hati kita adalah kuncinya.

Suara motivasi diri ini memiliki kekuatan untuk melakukan tindakan sehari-hari yang paling sulit. Ini adalah kekuatan yang membuat Kamu pergi bekerja, belajar, dan berolahraga. Itu juga mempengaruhi pikiran kita dan membuatnya lebih kuat, menggairahkan kita dan mengisi kita dengan semangat saat kita bergerak menuju tujuan kita.

Rata-rata, pikiran kita memproses 60.000 pikiran per hari. Itu setara dengan 40 pikiran per menit. Kita secara mental berpikir dan merespons situasi atau momen yang kita alami menurut berbagai keadaan emosional. Banyak dari pemikiran ini berlalu tanpa disadari, beberapa berjuang untuk mengejar, dan beberapa tanpa disadari menjadi bagian dari kenyataan.

pikiran kita memproses 60.000 pikiran per hari

Sejak usia dini, kita membentuk pandangan kita tentang diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Opini didefinisikan sebagai ide, penilaian, atau konsep yang dimiliki seseorang tentang seseorang atau sesuatu. Kita harus menghormati pandangan orang, karena pendapat yang berbeda datang dari orang yang berbeda. Namun, ini tidak berarti bahwa semua pandangan benar atau valid!

Secara obyektif, tidak mungkin semua 60.000 pemikiran yang disebutkan di atas benar. Itu hanya penilaian pribadi tanpa jaminan validitas. Banyak pemikiran dan pandangan menginspirasi kita untuk berefleksi dan menginspirasi kita. Itu bagian dari motivasi diri. Tapi pikiran lain mengganggu kebahagiaan kita dan justru membuat kita putus asa.

Motivasi Diri dan Faktor-Faktornya

Namun, meskipun ada faktor-faktor yang tidak memotivasi, ada faktor-faktor yang memotivasi kita, memacu kita, dan membuat kita merasa bisa melakukannya. Bagaimana Kamu bisa menciptakan impuls yang akan memengaruhi suasana hati Kamu secara positif? Bagaimana "motivator" dapat mengatasi disinsentif? Dan bagaimana Kamu dapat didorong tanpa suara dari luar?

7 Tips untuk Memotivasi Diri Sendiri

Berikut adalah 7 cara mendorong diri sendiri dalam menciptakan motivasi diri yang benar-benar Kamu butuhkan untuk tantangan dan tujuan hidup Kamu.

Percakapan Batin

Jika Kamu tidak ingin menganggap pemikiran apa pun sebagai kebenaran, Kamu perlu memiliki dialog batin yang sehat. Penting untuk membedakan antara pikiran yang menghalangi dan pikiran yang membantu. Ini sangat sulit untuk dilakukan.

Salah satu caranya adalah dengan membuat karakter imajiner, memberinya nama, dan melakukan percakapan. Terkadang Kamu perlu membatasi karakter dan menenangkannya di lain waktu. Namun, pada akhirnya, Kamu akan dapat membentuk "persahabatan" yang akan bertahan seumur hidup.

Mengenali Suasana Hati

Kita hidup dalam suasana hati yang berbeda. Beberapa suasana hati lebih produktif dan konstruktif daripada yang lain. Belas kasih diri membantu di masa-masa sulit, mengetahui bahwa pada saat pengambilan keputusan Kamu akan memiliki sarana untuk mengubahnya. Lakukanlah latihan yang menghubungkan tubuh dan pikiran, seperti yoga atau meditasi.

Mengenali Suasana Hati

Ubah Tugas ke Tekad

Berapa banyak pikiran yang terbesit dengan mengatakan "Apakah Saya harus"? Sekarang ambil keputusan dan beralih dengan mengatakan "Aku akan melakukannya."

Gunakan Nilai-nilai Pribadi

Nilai-nilai pribadi adalah keyakinan mendalam yang menentukan cara kita hidup dan memandu tindakan kita. Ketika nilai itu mendorong Kamu untuk mengambil tindakan, nilainya sangat kuat. Kapan pun ada "faktor motivasi", ada nilai pribadi yang menyeimbangkan dan memberdayakan hidup Kamu.

Menciptakan Sikap Belajar yang Positif

Kita adalah manusia biasa. Jika yang Kamu inginkan adalah motivasi diri, terobsesi dengan kesempurnaan tidak akan membantu Kamu dalam jangka panjang.

Jika Kamu mempertahankan sikap positif untuk belajar, Kamu akan melihat kesalahan Kamu sebagai bagian dari proses. Orang belajar dan beradaptasi. Saat Kamu menerima ketidaksempurnaan Kamu, Kamu mengambil langkah pertama menuju keunggulan.

Bergerak Menuju Keunggulan

Saat Kamu bergerak menuju keunggulan, Kamu menemukan kepuasan mencapai apa yang Kamu inginkan tanpa harus membandingkan diri Kamu dengan orang lain. Tidak perlu bersaing dengan siapa pun. Karena keunggulan membantu Kamu menjadi lebih baik setiap hari.

Bergerak Menuju Keunggulan

Percaya Diri dan Percaya Pada Diri Sendiri

Sedikit demi sedikit, Kamu mulai percaya diri. Hanya karenaKamu melakukan sesuatu di masa lalu dan tidak mencapainya, bukan berarti Kamu tidak bisa melakukannya sekarang.

Ingatlah bahwa motivasi diri datang dari dalam dan tumbuh dari kekuatan dan kebajikan yang Kamu miliki. Jangan menyerah pada percobaan pertama, atau percobaan kedua atau ketiga. Buktikan pada diri sendiri bahwa Kamu bisa menjadi lebih baik kedepannya.

Jangan meremehkan diri sendiri. Kamu membuat kesalahan sepanjang waktu, tetapi Kamu pasti perlu menggunakannya sebagai sarana belajar. Selama Kamu bersedia mengubah kesalahan itu menjadi kekuatan, Kamu tidak akan pernah benar-benar gagal.

Motivasi diri lahir di masa sekarang. Percaya pada kemampuan diri sendiri akan membuat hidup menjadi bergairah dan terarah dalam meraih kesuksesan.

Posting Komentar

© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain