Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

3 Cara CEO Menjalankan Organisasi Agar Perusahaan Berumur Panjang

Mengetahui cara menjalankan organisasi sebagai CEO perusahaan yang berumur panjang sangat penting. Ini tips sukses membangun organisasi jangka panjang
3 Cara CEO Menjalankan Organisasi Agar Perusahaan Berumur Panjang

Tidak ada bagian yang mudah dalam organisasi mana pun sejak pertama kali dibangun hingga tahap pemeliharaan dan pengembangan. Bahkan perusahaan dengan pendapatan yang sangat baik atau diisi dengan tenaga kerja yang sangat terampil, kasus-kasus bencana akibat salah urus organisasi banyak ditemukan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Kasus kegagalan reorganisasi perusahaan terbesar adalah 'Yahoo'

Masalah yang tidak dapat dicegah bahkan dengan tenaga kerja yang luar biasa

Situs portal Amerika 'Yahoo', yang muncul seperti komet di akhir 1990-an, merekrut talenta terbaik saat itu dan mengambil langkah yang tepat untuk pengembangan perusahaanya. Yahoo, yang masih dalam masa jayanya, direorganisasi pada tahun 2006 oleh CEO Terry Semel. Pada saat ini, struktur organisasi berorientasi produk dikonsolidasikan, dan departemen teknis baru muncul. Perubahan apa yang dibawa oleh reorganisasi yang sekilas tampak pragmatis dan berorientasi inovasi pada Yahoo?

Bertentangan dengan harapan Terry Semmel, komunikasi internal menjadi lebih kontraproduktif dan tidak memberikan hasil yang berarti untuk uang yang dikeluarkan. Ini adalah situasi di mana fungsi murni dari restrukturisasi organisasi tidak dapat ditemukan. Untuk mengatasi hal ini, manajemen menciptakan struktur pengambilan keputusan 12 langkah, dan ukuran organisasi tumbuh secara alami. Tiba-tiba, kecepatan pengembangan produk, yang pada awalnya tidak menjadi masalah, melambat, meninggalkan preseden untuk manajemen organisasi yang buruk yang mundur ke keadaan yang lebih buruk daripada di masa lalu.

Bagaimana menjalankan organisasi sebagai CEO yang memimpikan perusahaan berumur panjang

Berfokus pada 'Struktur Organisasi', 'Bisnis Baru', dan 'Bakat'

Bahkan CEO dari startup tahun pertama yang baru saja berakar, bermimpi untuk berdiri kokoh sampai 100 tahun mendatang. Mengetahui cara menjalankan organisasi sebagai CEO perusahaan yang berumur panjang sangat penting. Sangat pahit untuk mengalami perubahan yang dibuat sambil memikirkan inovasi dan operasi organisasi yang pada akhirnya berakhir dengan kegagalan. Kali ini, Kilas Pemuda memberikan tips bagaimana menjalankan organisasi perusahaan yang mendukung manajemen.

1. Buat Organisasi Agile

Organisasi gesit yang merespon dengan cepat terhadap perubahan eksternal seperti bunglon yang beradaptasi sempurna dengan lingkungan mereka sangat penting untuk bisnis yang berumur panjang. Ini adalah tipikal organisasi yang tangkas, setiap departemen mengembangkan dan menyelesaikan proyek dengan otoritas pengambilan keputusan bebas tanpa kekakuan.

Perusahaan-perusahaan yang sering disebut-sebut terkait dengan inovasi, seperti Google, Microsoft, dan Apple, semuanya menunjukkan respons yang fleksibel ketimbang organisasi kaku dari atas ke bawah melalui organisasi yang tangkas.
 Ciri-ciri Organisasi Agile

Perusahaan yang mengadopsi organisasi gesit memiliki keuntungan bereaksi terhadap umpan balik pelanggan jauh lebih cepat, menangkap masalah, dan memperbaikinya. Ini berkat fakta bahwa langkah-langkah dari desain, perwujudan ide, dan validasi saling terkait secara organik daripada mengalir.

2. Aktif terlibat dalam penemuan bisnis baru

Bagi perusahaan, tugas 'pertumbuhan' tidak selalu diisi seperti air mancur yang mengalir. Jika rekan muda seorang CEO yang memimpin sebuah perusahaan, rekan muda perlu fokus pada pertumbuhan di masa depan sama seperti pertumbuhan rekan muda saat ini.

Samsung adalah perusahaan terbaik yang bisa dijadikan contoh, Samsung muncul sebagai pemimpin DRAM di era revolusi industri ke-4, dimulai dengan pengembangan DRAM 256K yang dipimpin oleh Wakil Ketua Yoon-woo Lee. Wawasan industri yang dapat menghasilkan buah manis di masa depan memainkan peran penting dalam menciptakan bisnis yang berkelanjutan.

Mantan Chairman Jeffrey Robert Immelt, yang bekerja untuk General Electric (GE), konglomerat Amerika Serikat selama 16 tahun, melakukan proyek Imagination Breakthrough (IB), yang menghadirkan tiga ide bisnis baru setiap tahun untuk meraih kesuksesan bisnis masa depan. Berkat proses awal proyek komersialisasi Immelt yang memakan waktu setidaknya 10 tahun, GE dapat mengkomersialkan 'Vivid I', stetoskop generasi berikutnya, dan berbagai produk seluler dan jet kecil.

3. Berinvestasi dalam bakat jangka panjang dan manfaatkan ekonomi pertunjukan

Berinvestasi dalam bakat merupakan elemen penting dari operasi organisasi di perusahaan dengan visi yang baik, struktur keuangan yang sehat dan pasar yang menjanjikan. Dalam perusahaan yang bertahan lama, semangat dan usaha karyawan dengan rasa kepemilikan yang kuat akan menyusup.

Dengan pemikiran ini, LG Electronics melakukan upaya aktif di bawah kepemimpinan CEO, seperti rotasi pekerjaan untuk memelihara manajemen berikutnya dan memberikan kesempatan untuk menyelesaikan kursus MBA. Fakta bahwa tidak hanya LG Electronics tetapi banyak perusahaan domestik yang mengambil langkah serupa adalah niat untuk berinvestasi pada sumber daya manusia berkualitas tinggi dan tumbuh bersama dengan perusahaan.

Ada juga cara untuk berinvestasi dalam bakat dari perspektif yang sama sekali berbeda. 'Pertunjukan ekonomi', suatu bentuk pekerjaan di mana kontrak jangka pendek dan sementara dikontrak sesuai kebutuhan, sangat berguna untuk menemukan bisnis baru dan menyelesaikan masalah jangka pendek. Untuk menarik pakar eksternal tanpa kegagalan, CEO harus sepenuhnya memahami ekonomi pertunjukan dan dapat menggunakan jaringan mereka untuk memasukkan mereka ke dalam perusahaan.

cara menjadi CEO perusahaan berumur panjang yang sukses

Siapa yang ingin menjadi CEO perusahaan berumur panjang yang sukses?

Rekan muda juga perlu mempertajam perspektif tentang masa depan dalam jangka panjang.

Bagi perusahaan yang melihat ke masa depan yang jauh, kinerja jangka pendek adalah salah satu godaan yang tidak dapat dihindari. Namun, harap diingat bahwa berpegang teguh pada hasil jangka pendek yang diperoleh dengan cara yang tidak sistematis dan tidak konvensional justru akan menghambat umur panjang sebuah perusahaan. Demikian pula, agak berisiko untuk menentukan kinerja dan menembakkan meriam sebelum semua orang menginternalisasikannya.

Perusahaan yang bertahan lama cenderung mengukur pencapaian mereka setiap tahun dan mengaturnya melalui analisis yang meyakinkan dengan mengubahnya menjadi data. Harap diingat bahwa rintangan dan risiko yang selalu mengintai dapat diperbesar ketika rekan muda merayakan pencapaian terlalu tergesa-gesa.

Posting Komentar

© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain