Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

5 Cara Belajar yang Baik dari Mahasiswa Universitas Syiah Kuala

Ada beberapa hal yang perlu Rekan muda ketahui agar dapat belajar dengan baik. Berikut 5 tips belajar dari mahasiswa Universitas Syiah Kuala.
5 Cara Belajar yang Baik dari Mahasiswa Universitas Syiah Kuala
Mahasiswa Universitas Syiah Kuala sedang belajar tentang pelelangan proyek di ULP LPSE Kota Banda Aceh

Semua orang ingin berhasil dalam studi mereka. Jika Rekan muda membaca artikel ini, Rekan muda juga akan melakukannya.

Ngomong-ngomong, apakah rekan muda belajar dengan cukup baik? Apakah Rekan muda mendapatkan nilai bagus?

Jika tidak, berapa banyak nilai yang didapatkan? Tidakkah rekan muda pikir rekan muda bahkan tidak bisa masuk ke universitas yang rekan muda inginkan, apalagi belajar ke sana?

Tetapi jangan khawatir, jika Rekan muda tidak tahu bagaimana melakukannya, saya akan memberi tahu Rekan muda cara belajar yang baik.

Ada beberapa hal yang perlu Rekan muda ketahui agar dapat belajar dengan baik.

1. Mengetahui level kepintaran.

Jika kita tidak tahu berada di level apa dan sedang dalam situasi apa, maka kita juga tidak akan mengetahui harus bagaimana untuk belajar yang lebih baik.

Misalnya semester ini, kita belajar matematika di sekolah hingga bab 8, dan kita tidak tahu seberapa banyak yang kita mengerti!

Kesalahan umum yang terjadi adalah berpikir, "Saya berada di peringkat ke- di seluruh sekolah," dan secara keliru berpikir bahwa kita sudah mengetahui level kita. Padahal peringkat bukanlah pemberitahuan level, karena peringkat hanya bersifat sementara. Peringkat kita saat ini bukanlah informasi yang kita butuhkan untuk berhasil dalam studi.

2. Perjelas tujuan Rekan muda.

Mari kita perjelas tentang tujuan apa yang akan kita capai kedepan. Dan pastikan untuk menuliskannya, dan jika ada gambar yang terkait dengannya, cetaklah dan tempelkan di tempat yang mencolok. Dan melihatnya setiap hari. Pastikan untuk meletakkannya di tempat yang bisa Rekan muda lihat. Otak manusia memiliki kecenderungan untuk mempercayai apa yang sering dilihatnya.

Ketika diminta untuk menetapkan tujuan, kesalahan umum lainnya adalah, "Saya akan berada di peringkat 50 teratas seluruh sekolah dalam ujian tengah semester ini." Ya Ini adalah tujuan, tetapi tidak banyak membantu Rekan muda belajar dengan baik.

Tujuan yang jelas adalah seperti contoh dibawah ini.

Kali ini, sebelum ujian mata pelajaran utama dilaksanakan saya akan mempelajari soal yang sama sebanyak 3 kali, jadi saya pasti akan memecahkan soal ujian tersebut sebelum mengikuti tes.

Pastikan untuk menuliskan tujuan Rekan muda, melihatnya setiap hari, membuat rencana dan menaatinya.

3. Belajar tanpa syarat.

Saat Rekan muda belajar, beberapa hal akan mudah untuk dipahami dan ada beberapa hal yang tidak bisa pahami. Jangan menahannya terlalu lama hanya karena ada sesuatu di tengah yang tidak rekan muda mengerti. Jika tidak berhasil setelah mencoba sampai batas tertentu, Rekan muda harus berani melanjutkan ke yang berikutnya. Pertama-tama, Rekan muda harus memindai semuanya sekali dan melompatinya.

Jika Rekan muda terus berpegang pada hal-hal yang tidak berhasil, Rekan muda tidak akan dapat melihat apa pun di belakang Rekan muda dan hanya akan kehilangan motivasi Rekan muda. Rekan muda harus melompati semuanya setidaknya sekali.

4. Menilai ujian sendiri.

Saya suka mengikuti ujian tengah semester untuk melihat apakah saya berhasil dalam studi saya. Saya membuat cek kecil untuk melihat apakah kemampuan matematika saya lebih baik dari sebelumnya atau kosakata bahasa Inggris saya telah meningkat.

Dengan begitu, saya bisa merasakan imbalan dari studi saya dan tahu level apa saya berada.

5. Harus sabar.

Belajar selama satu atau dua hari bukanlah sesuatu yang dapat Rekan muda lakukan dengan baik. Hanya belajar yang konsisten yang akan meningkatkan nilai Rekan muda.

Ketidaksabaran merusak konsistensi. Jadi tolong jangan terburu-buru. Tetapkan tujuan yang jelas dan belajarlah setiap hari.

Pastikan untuk melakukannya setiap hari dan tanpa syarat. Jangan pernah mengeluh dengan kalimat “Mengapa nilai saya tidak naik setelah belajar selama satu atau dua hari?” Hapus pikiran jelek tersebut.

Jika bisa pintar setelah belajar dalam dua hari, maka tidak ada tempat pendidikan di dunia ini. Yup, belajar itu memang sulit, jadi pergilah selangkah demi selangkah. Jangan terburu-buru.

Semoga bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang belajar. Jika artikel ini membantu, silakan bagikan dan tinggalkan komentar.


Posting Komentar

© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain