Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

Pentingnya Iuran Dana Pensiun, Hindari Hal Ini Demi Masa Pensiun yang Indah

Memotong anggaran untuk iuran dana pensiun bisa berakibat fatal. Berikut keuntungan dengan adanya iuran dana pensiun.
Pentingnya Iuran Dana Pensiun, Hindari Hal Ini Demi Masa Pensiun yang Indah

Tidak perlu diragukan lagi bahwa berurusan dengan keuangan tidak selalu mudah. Apalagi dengan adanya inflasi kenaikkan biaya hidup, membuat uang kita menjadi sulit untuk bertahan. Kita semua mencoba menangani situasi dengan cara yang berbeda, apakah itu dengan mengandalkan kredit atau memotong sebagian biaya pengeluaran kita.

Namun, ada beberapa hal seperti asuransi jiwa dan iuran pensiun, yang sebaiknya tidak disentuh.

Kecuali jika sama sekali tidak ada cara untuk mempertahankan iuran pensiun Kamu, tapi ingat memotong atau menghentikan iuran pensiun dapat menjadi kesalahan yang fatal.

Lihat saja angka-angka di bawah ini yang menunjukkan dampak pada dana pensiun jika Kamu mengurangi kontribusi bulanan Kamu dari Rp4.000.000 menjadi Rp2.000.000 atau Rp1.000.000:

Keuntungan iuran dana pensiun

Kontribusi dibayarkan setiap bulan

Rp4 Juta

Rp2 Juta

Rp1 Juta

Total investasi dalam 35 tahun

Rp1,68 Miliar

Rp840 Juta

Rp420 Juta

Nilai saat pensiun setelah 35 tahun @ 7% pertumbuhan tahunan

Rp2,95 Miliar

Rp1,48 Miliar

Rp739 Juta

Uang bebas pajak @ 25% dari akumulasi dana

Rp737 Juta

Rp370 Juta

Rp185 Juta

Pendapatan pensiun tahunan*

Rp102 Juta

Rp51 Juta

Rp25 Juta


Diatas adalah contoh iuran pensiun selama 35 tahun dengan pertumbuhan 7%.

Sebelum lanjut lebih dalam, saya ingin memperjelas bahwa angka-angka ditampilkan dalam 'uang hari ini'. Ini berarti bahwa contoh telah disesuaikan untuk memperhitungkan pengaruh inflasi dari waktu ke waktu. Dalam contoh ini, inflasi diasumsikan rata-rata inflasi Indonesia setiap tahun sebesar 1,87% (walaupun ini mungkin tampak rendah dalam iklim saat ini).

Oke lanjut, jadi Kamu tidak perlu menjadi seorang jenius yang hebat untuk mengetahui semakin banyak Kamu berinvestasi dalam dana pensiun, semakin banyak yang Kamu hasilkan. Tapi tunggu sebentar - bagaimana jika Kamu bahkan belum memulai iuran dana pensiun Kamu? Kamu mungkin sangat tergoda untuk menundanya dengan begitu banyak masalah lain dalam keuangan Kamu. Tapi itu bisa berdampak buruk pada standar hidup Kamu di masa pensiun.

Angka-angka di bawah ini menunjukkan berapa banyak dana pensiun Kamu akan menyusut jika Kamu menundanya selama lima tahun, dengan asumsi Kamu pensiun pada usia 65 tahun.

Kamu kehilangan sepertiga dari dana pensiun

Kontribusi dibayarkan setiap bulan

Rp4 Juta

Rp2 Juta

Rp1 Juta

Nilai Pensiun jika Kamu Mulai Menabung di 30

Rp1,92 Miliar

Rp960 Juta

Rp480 Juta

Nilai Pensiun jika Kamu Mulai Menabung di 35

Rp1,68 Miliar

Rp840 Juta

Rp420 Juta

Biaya menunggu lima tahun

Rp922 Juta

Rp461 Juta

Rp230 Juta


Kerugian menunda iuran dana pensiun dengan tingkat pertumbuhan tahunan adalah 7%.

Seperti yang Kamu lihat, menunda tabungan pensiun selama lima tahun dapat dengan mudah menurunkan sepertiga dari nilai akhir dana pensiun pada saat Kamu mencapai umur 65 tahun. Tentu, menunda iuran selama lima tahun akan menghemat ratusan juta. Tapi ini benar-benar kompensasi kecil untuk hal yang akan Kamu dapatkan di masa pensiun mendatang.

Katakanlah Kamu mulai membayar Rp1.000.000 per bulan untuk dana pensiun pada usia 30 tahun, daripada menunggu sampai Kamu berusia 35 tahun. Memang benar bahwa Kamu akan membayar Rp60.000.000 dalam kontribusi selama lima tahun itu - tetapi coba bayangkan dana yang akan kamu dapatkan saat pensiun nantinya.

Saya tidak ingin mengkhotbahkan malapetaka terlalu banyak. Jika Kamu menunda masa pensiun hingga mencapai pertengahan usia tiga puluhan, masih ada waktu bertahun-tahun yang tersisa untuk membangun pot yang layak pada saat Kamu pensiun. Tetapi semakin lama Kamu bergerak, semakin sedikit waktu yang ada untuk menebus kontribusi yang hilang.

Kamu sudah berusia lima puluh tahun?

Jika Kamu telah mencapai usia lima puluh tahun tetapi belum melakukan apa pun untuk merencanakan masa pensiun, Kamu harus bertindak sekarang juga. Lebih baik kamu memiliki sedikit dana pensiun daripada tidak ada sama sekali.

Di dunia yang ideal, seharusnya kita semua mulai membayar sejumlah uang pensiun pada usia 18 tahun, yang akan memberikan pot pensiun yang cukup baik pada usia 65 tahun. Tetapi kita tidak hidup di dunia yang ideal, dan inflasi membuatnya semakin buruk. Tetapi cobalah untuk menganggap iuran pensiun Kamu sebagai tagihan penting yang juga harus dibayar.

Posting Komentar

© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain