Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Akun Twitter Pembuat Sajak Terbaik

10 Manfaat Membaca Sajak

Mengapa membaca sajak itu baik untuk rekan muda?

Apakah rekan muda tahu bahwa membaca sajak bisa membawa manfaat bagi kesehatan? tapi mungkin rekan muda tidak pernah menyadari bahwa membaca sajak dapat meningkatkan kesehatan, bahkan bisa memberikan insentif tambahan. Berikut beberapa kelebihan membaca sajak:

a)     Membaca sajak meningkatkan kosa kata dan ketangkasan verbal. Sajak biasanya sulit dipahami saat pertama kali membacanya. Rekan muda harus menganalisis arti kata-kata untuk menentukan apa yang ingin disampaikan oleh penulis dan mengapa penulis memilih untuk berkomunikasi dengan cara seperti itu.

b)     Menghafal sajak meningkatkan kesehatan otak jangka panjang dan dikaitkan dengan risiko Alzheimer yang lebih rendah.

c)     Membaca sajak mendorong keterampilan berpikir kritis. Memahami sajak membutuhkan analisis, jadi tidak heran orang yang membaca sajak lebih cenderung menganalisis informasi dari sudut pandang yang berbeda.

d)     Membaca sajak mengembangkan empati dan wawasan. Ketika seorang penulis membuat rekan muda terhubung dengan situasi atau karakter, maka disitu akan timbul empati.

e)     Menulis sajak adalah terapi. Dengan mengungkapkan perasaan melalui sajak, rekan muda bisa mulai memahami dan menyembuhkan trauma masa lalu.

f)      Menulis sajak membantu kita menjadi lebih sadar diri dengan mengenali pikiran dan perasaan internal kita.

g)     Menulis sajak menumbuhkan kreativitas karena penekanannya pada simbolisme dan citra, serta kendala bentuk seni. Mempelajari cara menggunakan ritme dan aturan untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan akan mendorong pikiran rekan muda untuk berpikir dengan cara baru.

h)     Menulis sajak melibatkan pencarian kata yang sempurna, komunikasi, dan ekspresi diri menggunakan ritme dan aturan, yang semuanya merupakan proses untuk meningkatkan kesehatan otak.

i)       Sajak akan menggambarkan saat-saat yang tak terlukiskan dalam hidup rekan muda.

j)       Sajak mengubah perspektif rekan muda. Seperti yang ditulis Percy Bysshe Shelley, “Sajak mengangkat selubung dari keindahan dunia yang tersembunyi, dan membuat objek yang familiar menjadi seolah-olah tidak familiar.”

Setelah mengetahui manfaat dan kelebihan dari membaca sajak, mungkin ada diantara rekan muda ingin membaca sajak segera. Berikut Kilas Pemuda sudah merangkum 6 (enam) akun twitter pembuat sajak terbaik, jadi bagi rekan muda yang aktif di twitter namun belum sempat membeli buku-buku sajak, tidak ada salahnya untuk memulai membaca sajak dari media sosial.

1. @kopijalang (#DiaryKusam)

 

Motivasi sajak; sebab hidup adalah piknik, maka bagahagialah sebagaimana kamu menikmati secangkir kopi”

-Bergabung Juni 2016
-Pengikut 34.5 ribu

2. @tul4ng (tulangkata)

 

Motivasi sajak; kata itu tidak bertulang, halus. Cuman berbahaya karena tidak terlihat”

-Bergabung April 2020
-Pengikut 10.3 ribu

3. @choirmahila (Elegi Ode Cinta)

 

Motivasi sajak; selamat datang di akun sajak ku, aku bucin, aku bukan penulis, bukan pujangga”

-Bergabung Agustus 2018
-Pengikut 11.1 ribu

4. @Arah_ku (BAGUS)



Motivasi sajak; ini bukan tulisan edukasi tentang konsep takwa, ini sepenuhnya refleksi pribadi, jangan jadikan referensi”

-Bergabung Juli 2017
-Pengikut 9.3 ribu

5. @BudakSajak_ (budak sajak)



Motivasi sajak; sajak itu dasar, tapi tidak kasar. Sajak itu bawah, tapi tidak lemah.”

-Bergabung September 2020
-Pengikut 7.4 ribu

6. @ijoscripts (ijo.)



Motivasi sajak; eat, sleep, say ‘yaudah mau gimana lagi’, repeat..”

-Bergabung Maret 2021
-Pengikut 5.5 ribu

Jadikan sajak bagian dari hidup rekan muda


Jika rekan muda ingin membaca sajak dari buku-buku pengarang terkenal dunia, cobalah salah satu dari buku-buku sajak di bawah ini yang masuk daftar 100 buku sajak terbaik sepanjang massa;
 
  • Buku A Dream Within A Dream karya Edgar Allan Poe
  • Buku Stopping by Woods on a Snowy Evening karya Robert Frost
  • Buku Life is fine karya Langston Hughes
  • Buku The Moon And The Stars And The World karya Charles Bukowski
  • Buku berjudul Daddy karya Sylvia Plath


Posting Komentar untuk "6 Akun Twitter Pembuat Sajak Terbaik"