Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

Pengalaman Gagal Lolos Interview HR SSO CSR Grapari

Pertanyaan Saat Interview HR SSO Infomedia by Telkomsel. Interview HR SSO dilakukan secara video call melalu whatsapp sekitaran 10-15 menit saja.
Pengalaman Gagal Lolos Interview HR SSO CSR Grapari

Akhir tahun banyak sekali lowongan kerja yang dibuka, sehingga berbondong-bondong orang mendaftar, namun tidak semuanya berakhir dengan manis. Jutaan orang mencari kerja, maka akan ada ratusan ribu orang yang mengalami kegagalan, dan jika ada ribuan orang yang mendaftar kerja, maka akan ada ratusan orang harus menerima pahitnya di tolak kerja.

Mencari info kerja mungkin sangat mudah pada zaman modern saat ini, dengan hp dalam genggaman saja kita sudah mengetahui lowongan kerja di seluruh dunia. Namun, untuk mendapatkan kerja semakin hari semakinlah susah. Persaingan yang semakin kompetitif dan dengan jumlah pelamar yang berjibun membuat persentase kegagalan dalam melamar kerja semakin meningkat.

Beranjak dari hal itu, Kilas Pemuda ingin sedikit berbagi kisah nyata tentang salah satu admin yang mengikuti Rekruitmen Infomedia by Telkomsel. Mungkin cerita ini bisa menjadi pengalaman bagi rekan muda yang ingin atau sedang mengikuti Rekruitmen Infomedia by Telkomsel.

Awal Mula Daftar Rekruitmen Infomedia by Telkomsel

Awal Mula Daftar Rekruitmen Infomedia by Telkomsel
 
Pada awalnya saya mengikuti Rekruitmen Infomedia by Telkomsel hanya untuk iseng-iseng saja, ingin mencoba dan ingin tahu bagaimana rasanya proses rekruitmen berjalan. Namun, saat saya melihat-lihat lowongan apa yang ingin saya daftar, saya 100% persen berubah pikiran, dalam hati saya jadi serius dan ingin lolos pekerjaan yang saya lamar.

Yup, perasaan saya berubah dalam sekejap saat saya melihat ada lowongan CSR Grapari yang dibuka di kota saya. Siapa sih yang tidak ingin kerja dekat dengan kampung halamannya? Saya rasa kita semua berharap bisa kerja tidak jauh dari rumah kita.

Saya membuat dokumen pendaftaran sangat bagus dan berkualitas, dari surat lamaran sampai sertifikat penghargaan dan pelatihan saya lampirkan dengan rapi. Ditambah bekal pengalaman kerja, tidak susah bagi saya untuk melewati tahap pendaftaran dan administrasi.

Setelah seminggu, kemudian saya harus mengikuti online tes yang terdiri dari soal psikotes dan dan kepribadian. Alhamdulillah beberapa hari kemudian saya dinyatakan lolos online tes dan diundang untuk mengikuti interview HR SSO.

Interview HR SSO Infomedia by Telkomsel

Sebelum masuk tahap wawancara dengan HR SSO saya harus memilih sendiri jadwal yang sudah disediakan antara jam 08:00 s/d 09:00 dan seterusnya sampai 16:00 s/d 17:00. Pemelihan harinya bebas Senin – Jumat namun dibatasi waktunya tidak melebihi dua minggu setelah undangan untuk wawancara.

Saya pribadi memilih interview pada jam 08:00 agar tidak bentrok dengan jam kerja saya saat ini.

Saat wawancara saya sudah menyiapkan diri dengan baik, baik dari mental maupun tampilan. Tapi saya memang merasa belum sempurna menjawab pertanyaan-pertanyaan dari HR, dan firasat saya terbukti. Beberapa menit selesai wawancara, saya langsung mendapat email bahwa saya gagal lolos tahap interview HR SSO, saya cek website rekruitmen infomedia dan ternyata benar.

Lucunya, sebelaum menutup wawancara. HR sempat mengatakan bahwa pengumumanya paling cepat sore dan paling lambat 14 hari setelah wawancara, tapi ternyata selesai interview saya langsung di tolak hehe.

Oh ya, untuk interview HR SSO dilakukan secara video call melalu whatsapp sekitaran 10-15 menit saja.

Jika mau jujur sebenarnya saya sedikit tertawa mengetahui hasil interview saya dalam keadaan begitu cepat, saya merasa seperti ada salah menjawab atau salah bicara sehingga langsung ditolak. Namun, setalah saya pikir-pikir bukan itu alasan saya tidak lolos.

Pertanyaan Interview HR SSO Infomedia by Telkomsel
 
Sebelum saya menjawab alasan kenapa saya tidak lolos interview HR SSO, saya akan membocorkan isi pertanyaan interview yang semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan muda untuk menyiapkan diri dan jawaban yang sempurna atas pertanyaan-pertanyaan dari HR SSO.

Pertanyaan Saat Interview HR SSO Infomedia by Telkomsel

1. Coba Ceritakan Tentang Diri Anda!

Bagi rekan-rekan muda yang sudah pernah melamar kerja tentu tidak asing dengan kalimat pembuka ini saat wawancara kerja. Namun, bagaimana dengan rekan muda yang newbie dalan dunia perlokeran? Ngak usah panik, berikut jawaban yang bisa rekan muda berikan kepada HR SSO.

Ceritakan biografi pribadi dan keluarga

Bisa dimulai dengan mengatakan tempat dan tanggal lahir, domisili sekarang, masih punya orang tua atau tidak, punya berapa saudara.

Ceritakan riwayat pendidikan

Sebutkan jurusan dan universitas tepat rekan muda lulus, lulus dengan ipk berapa, aktif organisasi apa saja, dan pernah meraih prestasi apa saja.

Ceritakan pengalaman kerja

Bagi rekan muda yang sudah pernah bekerja walaupun tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilamar tidak ada salahnya untuk menceritakan pengalaman kerja dengan singkat, contohnya apa tugas yang rekan muda lakukan pada pekerjaan sebelumnya.

2. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Jawab saja sejujur-jujurnya mengenai kelebihan dan kekurangan rekan muda, tapi sebutkanlah kelebihan lebih banyak ketimbang kekurangan yang dimiliki. Yang penting jangan terlalu melebih-lebihkan, untuk ingin tahu jawabanya yang bagus bagaimana, rekan muda bisa cari di google yak.

3. Bisa Bahasa Inggris Pasif atau Aktif?

Jawab dengan seadanya ya, ngapain berbohong jika saat dites ajak bicara nanti jadi planga-plongo haha.

4. Sudah Vaksin Keberapa?

Ini juga rekan muda jawab dengan jujur, karena jika diminta sertifikat aslinya bisa berabe jika berbohong.

5. Berapa Tinggi dan Berat Badan Anda?

Rekan muda juga akan ditanya kembali mengenai postur tubuh apakah proporsional atau tidak.

6. Ada Pertanyaan?

Terakhir dari interview Infomedia CSR Grapari ialah HR SSO akan menanyakan rekan muda apakah ada pertanyaan. Jika rekan muda bingung dan penasaran dengan beberapa hal tentang proses rekruitment maka ini kesempatan untuk bertanya dengan sopan pada HR SSO.

Setelah menyelesaikan tahap interview, nantinya HR SSO akan memberitahukan kapan waktu pengumuman hasil dari wawancara tersebut. Jika rekan muda dianggap tidak layak untuk posisi yang dilamar, maka otomatis setelah selesai interview dapat dipastikan rekan muda di disqualified.

Penyebab Gagal Lolos Interview HR SSO Infomedia

Penyebab Gagal Lolos Interview HR SSO Infomedia

Ada beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan kita gagal lolos dalam intrerview HR SSO Infomedia, kemungkinan besar tentu kegagalan akibat tidak lihainya kita dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pihak HR SSO.

Namun, selain itu menurut analisa saya ada penyebab lain yang juga kita bisa saja gagal dalam interview. Apa itu?

Harus rekan muda ingat bahwa pada beberapa pekerjaan tertentu rekan muda dituntut untuk bisa aktif dalam bahasa inggris dan juga memiliki tampilan yang menarik. Apalagi jika rekan muda melamar pada posisi CSR Grapari yang menjadi citra perusahaan saat mengahadapi pelanggan.

Maka dari itu, pilihlah kira-kira pekerjaan yang memang sesuai dengan kriteria rekan muda, jangan memaksakan diri untuk buang-buang waktu yang jelas nyata akan sia-sia. Namun, jika hanya ingin coba-coba juga tidak masalah.

Melamar Pada Lowongan Pekerjaan Lainnya

Jangan larut dalam kesedihan jika rekan muda gagal lolos interview dengan HR SSO, memang bukan disitu rezeki rekan muda, dan malahan rekan muda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk melamar pada pekerjaan lainnya yang disediakan oleh Infomedia by Telkomsel.

Melamar Pada Lowongan Pekerjaan Lainnya  

Benar sekali, Infomedia tidak hanya menyediakan satu atau dua lowongan pekerjaan, tapi hampir ratusan. Bahkan pada akhir tahun ini, setiap pekan ada pekerjaan baru yang dibuka dan rekan muda bisa melamar di posisi manapun yang sesuai dengan kualifikasi rekan muda.

Mudahnya lagi, rekan muda hanya perlu melanjutkan proses rekruitmen ditahap mana rekan muda gagal tanpa perlu mengulangi dari tahap awal. Contohnya jika rekan muda gagal pada tahap interview HR SSO maka saat rekan muda melamar pada lowongan lainnya otomatis rekan muda langsung berada pada tahap interview tanpa perlu mengikuti ujian online kembali.

Penutup

Sekian dulu cerita tentang gagal lolos interview di CSR Grapari. Tetap semangat dan jangan cepat menyerah, semua dari kita sudah ada rezeki masing-masing. Berikut ini link lowongan kerja yang disediakan oleh Infomedia by Telkomsel.

klik untuk lowongan kerja infomedia

1 komentar

  1. sama banget wkwk, interview harusnya besok tbtb HR nya minta dimajuin, 2 menit setelah interview cek website nya "DISQUALIFIED" ngakak banget wkwk
© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain