-->

Jilbab Anti Bau Apek Karya Mahasiswa Unusa

Jilbab Anti Bau Apek Karya Mahasiswa Unusa
Mahasiswa Unusa memamerkan produk Jilbab Fresh Aromatik
Unusa - Jilbab, Hijab, atau Kerudung menjadi pakaian wajib bagi wanita. Memakai jilbab yang nyaman dan wangi adalah pilihan utama kaum hawa. Oleh sebab itu lahirlah ide dari empat mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) untuk membuat Jilbab yang nyaman dan wangi.

Uniknya dari produk jilbab ini, mereka melengkapi Jilbab tersebut dengan bahan aromatik seperti daun suruh dan batang serai. Produk ini diberi nama Hi Best atau Jilbab Fresh Aromatik.

Empat sekawan ini yakni Iqbal Firdaus dan Adelina Pratiwi yang merupakan mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat. Lalu ada Aisyah Aini dan Meliyani Syafiri dari S1 Gizi. Ide membuat Jilbab aromatik ini lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Unusa.

Adelina, salah satu perwakilan tim Hi Best bercerita awal mula membuat produk Jilbab yang kreatif ini, ia mengatakan bahwa dia dan dua rekannya suka menggunakan Jilbab dengan bahan yang tebal. Akan tetapi, hal tersebut membuat mereka sering gerah dan banyak berkeringat hingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Berangkat dari masalah tersebut, ia mengajak kawan jurusannya, yakni Iqbal Firdaus, untuk mencari solusi dan meneliti apa yang bisa dilakukan agar Jilbab yang ia kenakan tidak bau serta nyaman digunakan.

Mereka juga melakukan survey terlebih dahulu sebelum memutuskan membuat Jilbab aromatik, keempat mahasiswa tersebut membagikan kuesioner kepada mahasiswa Unusa lainnya. Mereka meminta pendapat Jilbab apa yang diinginkan dan disukai para mahasiswi.

Melanjuti hasil jawaban dari kuesioner, kemudian mereka mencari bahan kain yang sangat ringan serta dingin saat digunakan namun tidak tembus pandang. Lalu, mereka membuat modifikasi pada Jilbab dengan menambahkan kantong kain berisi aromatik pada bagian dalam dagu.

Bahan yang ringan karena hanya satu lapis dan ditambah dengan adanya kantong aromatik di bagian dalam Jilbab, membuat Jilbab Hi Best sangat nyaman saat dikenakan.

Jilbab Hi Best memiliki kantong kecil tempat aromatik yang sudah dipadatkan terlebih dahulu, yang kemudian diletakkan tepat di bawah dagu. Dengan menggunakan aromatik, Jilbabnya jadi lebih harum.

Hi Best melabel harga untuk produk kreatif mereka seharga Rp 55 ribu tiap Jilbab. Bukan hanya mendapat Jilbab, pembeli juga akan mendapatkan dua blok aromatik di dalam kantong kecil.