Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

10 Kebiasaan Membangun Kesehatan Pikiran

Mengelola stres adalah tentang merilekskan tubuh dan pikiran yang tegang, berikut 10 cara merawat pikiran yang bisa Anda lakukan sendiri.
10 Kebiasaan Membangun Kesehatan Pikiran

Biasanya orang mengira stres bisa dihilangkan agar nyaman, tetapi pada kenyataannya, ini tidak mungkin. Mengelola stres adalah tentang merilekskan tubuh dan pikiran yang tegang, bahkan untuk sesaat, dan mendapatkan kembali stabilitas. Saya akan perkenalkan 10 cara merawat pikiran yang bisa Anda lakukan sendiri, sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dari stres!

Ketika tubuh Anda menghadapi situasi stres, itu memicu alarm di seluruh tubuh Anda untuk mempersiapkan Anda menghadapinya. Menafsirkan situasi stres yang mengganggu rasa aman Anda sebagai mengancam kelangsungan hidup Anda. Namun, tekanan kompleks masyarakat modern membuat tubuh tetap siap siaga bahkan setelah situasi yang mengancam berlalu.

Sulit bagi individu untuk secara sukarela mengubah situasi stres seperti persepsi orang modern tentang pekerjaan, jam kerja yang panjang, dan kerja emosional. Namun, Anda dapat melakukannya sendiri untuk menjadi kurang sensitif terhadap stres atau meningkatkan kekuatan Anda untuk menghadapinya. Berikut adalah beberapa hal umum yang dapat Anda coba untuk melepas penat:

1. Tetapkan tujuan dalam hidup

Memiliki tujuan atau makna dalam hidup Anda dapat memberi Anda kekuatan untuk menahan stres, bukan? Jika lekas marah yang Anda alami saat ini adalah apa yang Anda butuhkan atau harus Anda lalui untuk mencapai tujuan Anda, memikirkannya dapat memberi Anda kekuatan untuk rela menanggungnya.

2. Memiliki gaya hidup sehat

Minum berlebihan, merokok, dan gaya hidup yang tidak teratur dan tidak terbatas membuat tubuh bekerja terlalu keras dan membahayakan kesehatan. Selain itu, postur tubuh yang salah dapat menyebabkan rasa sakit dengan mengganggu keseimbangan tubuh. Ketika stamina Anda menurun dan tubuh Anda menjadi sakit, Anda akan bereaksi secara sensitif terhadap situasi. Maka stres yang Anda alami pasti akan semakin intensif.

3. Hilangkan ketegangan dengan hobi

Mungkin ada saat-saat ketika Anda menjadi begitu tenggelam dalam lingkungan Anda sehingga Anda tidak menyadari berlalunya waktu saat melakukan kegiatan yang menyenangkan atau bermakna. Dikatakan bahwa ketegangan mereda saat direndam. Rasa pencapaian, kepuasan, atau kesenangan adalah obat yang baik untuk meredakan ketegangan. Oleh karena itu, hobi yang tepat mengisi ulang daya tubuh dan pikiran.

4. Bertemanlah dengan berbagi perasaan

Memiliki seseorang yang dapat mendengarkan dan menerima ketidaknyamanan akibat stres dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan tidak merasa terasing. Mereka akan dapat memberi kita kasih sayang, dukungan, dan dorongan untuk membantu kita bertahan dari stres.

5. Buang napas perlahan

Ketika tubuh kita merasa stres, itu membuat pernapasan kita lebih cepat dan tegang. Mengatur pernapasan efektif dalam meredakan ketegangan. Saat Anda menghembuskan napas perlahan dan panjang, tubuh Anda menafsirkannya sebagai keadaan istirahat dan mematikan alarm. Saat Anda memulai atau menyelesaikan pekerjaan, bahkan hanya selama lima menit, duduklah dengan nyaman dengan punggung tegak, bernapas perlahan, dan tetap tenang.

6. Gerakkan tubuh Anda dengan ringan

Anda juga bisa merilekskan tubuh yang tegang akibat stres dengan peregangan ringan. Berbagai metode peregangan dapat ditemukan di situs web kesehatan tubuh atau pergi ke pusat kesehatan. Ini juga merupakan ide yang baik untuk bangun dan berjalan perlahan selama 1-2 menit. Berjalan di bawah sinar matahari bahkan lebih baik.

7. Tulis apa yang terlintas di pikiran

Cara terbaik untuk meredakan kemarahan, kejengkelan, dll. adalah dengan curhat pada seseorang yang Anda percayai dan dapatkan empati. Jika tidak ada orang seperti itu, coba tulis di kertas seperti coretan. Terlepas dari logika, cobalah menulis, menggambar, atau apapun itu yang muncul di pikiran Anda.

8. Mengingat hal yang buat hati tenang

Dengan mengingat dengan jelas pengalaman yang menyenangkan atau nyaman seolah-olah menonton film, Anda mengalami kembali emosi positif saat itu. Tutup mata Anda dan tarik napas dalam-dalam untuk menggambarkan tempat, orang, dll dengan jelas. Perlahan menikmati perasaan saat itu.

9. Cobalah untuk menafsirkan situasi stres secara berbeda

Tidak semua orang bereaksi sama saat mengalami stres. Karena interpretasi situasinya berbeda. Coba pertimbangkan kembali interpretasi tentang situasi stres tersebut. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mendapatkan saran atau pengalaman dari seseorang yang Anda percaya.

10. Memiliki self-talk yang positif

Kita terus-menerus berbicara kepada diri kita sendiri dalam pikiran kita. Ini disebut self-talk. Tapi seringkali, mereka menegur dan mengkritik. Cobalah mengubah apa yang Anda katakan kepada diri sendiri dengan cara yang positif. Dalam kasus ini, berpura-pura baik dalam melakukan kesalahan tidak membantu. Itu hanya jujur ​​tentang apa yang Anda lakukan dengan baik. Ini adalah pujian dan dorongan yang Anda berikan pada diri sendiri. Hal ini karena self-talk positif meningkatkan kemanjuran psikologis dan meningkatkan harga diri.

Penyakit atau penderitaan kesehatan mental tidak disebabkan oleh kemauan yang lemah atau pikiran yang longgar. Sama seperti menerima pengobatan ketika tubuh sakit, adalah wajar menerima pengobatan ketika pikiran tidak berfungsi dengan baik. Jika stres memperburuk Anda, cari bantuan dari psikiater atau pusat kesehatan pekerja setempat.

Posting Komentar

© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain