Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah Sederhana Jadi Bos di Usia Muda

5 langkah sederhana jadi bos di usia muda

Menjadi seorang pimpinan pastinya membutuhkan kematangan dari sisi usia, pengalaman hingga latar belakang pendidikan.

Tetapi jika saat ini rekan muda sudah mulai merasa cukup memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang cukup di perusahaan, wujudkan kesiapan rekan muda untuk menjadi seorang pimpinan yang berkualitas.

Di bawah ini ada 5 cara terbaik untuk menjadi seorang pimpinan di usia muda.

1. Seringlah menjadi ketua tim dengan sukarela


seringlah menjadi ketua tim dengan sukarela

Supaya bisa tampil lebih piawai dalam pekerjaan rekan muda, hal yang perlu disiapkan adalah menunjukkan kemampuan rekan muda sebaik mungkin kepada rekan kerja hingga atasan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah menawarkan diri menjadi ketua tim untuk sebuah proyek, tugas atau pekerjaan lain yang diberikan kepada anggota tim.

Pergunakanlah kesempatan itu sebaik mungkin dan kerahkan seluruh pengetahuan rekan muda untuk membuktikan bahwa rekan muda siap untuk menjadi pemimpin di usia muda.

2. Upgrade kualitas kepemimpinan


upgrade kualitas kepemimpinan

Bukan hanya kemampuan dan pengetahuan luas yang diperlukan, namun cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang pimpinan adalah rekan muda harus berlaku layaknya seorang pemimpin yang bisa diandalkan.

Tunjukkan kemampuan rekan muda untuk menjadi seorang atasan, mengatur tim kerja serta dapatkan rasa hormat dan penghargaan dari rekan kerja hingga atasan rekan muda.

Jika rekan muda mendapatkan kesempatan untuk mengatur dan mengerjakan tugas yang ada sebagai pimpinan atau ketua, tampilkan sikap yang bijak sebagai ketua atau pemimpin dan jangan berlaku negatif seperti terlalu sering menyuruh nyuruh alias ‘bossy’ kepada anggota tim rekan muda.

3. Membangun komunikasi yang baik


membangun komunikasi yang baik

Kalangan muda saat ini atau yang dikenal dengan ‘millenial’ pada umumnya lebih mengandalkan teknologi untuk semua aktifitas, mulai dari social media, email, chatting dan lainnya.

Tapi cara sukses untuk menjadi seorang pemimpin dari dulu hingga saat ini adalah kemampuan untuk membina hubungan yang baik anatar rekan muda dengan rekan kerja hingga atasan.

Pastikan rekan muda memiliki sifat yang supel dan relatable ketika berbicara atau berinteraksi dengan rekan kerja dan atasan rekan muda.

4. Berani mengutarakan keinginan rekan muda


berani mengutarakan keinginan rekan muda

Walaupun rekan muda sebagai pegawai dinilai mampu dalam menangani ragam tugas yang ada dan mampu untuk bertindak menjadi atasan biasanya pihak perusahaan tidak langsung mempromosikan rekan muda.

Apabila rekan muda ingin menjadi pemimpin diusia muda, Cobalah menawarkan diri dan menyatakan kesanggupan rekan muda dalam hal menghadapi semua kendala yang ada dan siap untuk menjadi atasan.

Jangan simpan keinginan rekan muda namun coba negosiasikan dan tawarkan pilihan tersebut kepada atasan rekan muda.

5. Tampilkan sosok yang amanah dan bertanggung jawab


tampilkan sosok yang amanah dan bertanggung jawab

Nah, untuk menjadi seorang pemimpin tentu kita harus memiliki tanggung jawab. Jadi, perlihatkanlah bahwa rekan muda bisa amanah, caranya lakukanlah tugas sekecil apapun yang diberikan dengan sempurna.

Sehingga atasan melihat rekan muda dapat dipercaya untuk meminpin kelompok kecil dulu, lama kelamaan pasti rekan muda akan diminta untuk memimpin kelompok yang lebih besar.

Kalau sudah begitu, bukan tidak mungkin rekan muda akan mudah untuk menjadi seorang pemimmpin tentunya diusia yang muda, seperti harapan rekan muda sendiri. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "5 Langkah Sederhana Jadi Bos di Usia Muda"