-->

5 Cara Jitu Mendapatkan Kepercayaan Orang Lain

5 cara jitu mendapatkan kepercayaan orang lain

Membuat orang percaya dengan begitu saja bukanlah hal yang mudah, terutama orang yang memang belum kita kenal sama sekali, berbagai alasan orang tidak akan mempercayai apa yang kita sampaikan dan katakan.

Namun hal yang tidak mudah bukan berarti mustahil, masih banyak peluang dan cara-cara yang bisa rekan muda coba untuk membuat orang percaya dengan diri kita dan percaya apa yang kita sampaikan. Yang perlu diingat cara ini hanya berlaku untuk membuat orang percaya dalam kebaikan dan kebenaran alias bukan kebohongan.

Baik, langsung saja berikut tips-tipsnya:

1. Tersenyum Lepas


tersenyum lepas

Ketika kita sedang meyakinkan orang lain, pasti kita akan melakukan berbagai cara dalam berkomunikasi. Namun, hal yang paling efektif adalah kita membumbui pembicaraan kita dengan senyuman lepas, jangan setengah-setengah.

Dengan kita tersenyum membuat suasana hangat dan mencair dengan sendirinya, sehingga orang yang kita ajak mendengarkan apa yang kita katakan, akan dengan mudah dipercaya.

2. Basa-Basi


basa-basi

Ini adalah hal kuno namun selalu sesuai dengan setiap zaman dan setiap tempat di muka bumi ini, siapa orang yang tidak suka dengan basa-basi? semua orang pasti menginginkanya, karena ketika kita melakukan basa-basi kita akan menjalin komunikasi yang aktif dari semua pihak, bukan dari kita saja.

Tapi dalam melakukan basa-basi juga harus melihat kondisi dan waktu yang tepat, jangan sampai rekan muda terlihat bukan lagi basa-basi, namun dianggap bertele-tele, ini sangat berbahaya, jadi mulailah belajar berbasa-basi dari sekarang.

3. Memberi Fakta atau Contoh


memberi fakta atau contoh

Nah, dalam membuat orang percaya dengan kita tentu orang akan lebih yakin jika kita memilki bukti dan contoh nyata, misalnya, jika rekan muda berbicara tentang Agama tentu harus ada dalil, jika menyampaikan berita tentu diperlukan sumber, begitu dan sterusnya.

Maka, ada baiknya jika rekan muda mempersiapakan fakta-fakta atau contoh yang dapat rekan muda tambahkan untuk membuat orang semakin percaya dengan rekan muda.

4. Mengatur Nada Bicara


mengatur nada bicara

Nada disini bukan berarti rekan muda harus berbicara seperti berpuisi atau sedang bernyanyi, namun rekan muda diharapkan untuk mengatur cepat lambat dan juga notasi bicara pada kata yang tepat. Orang yang sudah terbiasa dengan public speaking pasti akan mengerti.

Tapi, Rekan muda tidak perlu bersedih, karena semua orang bisa melakukan hal tersebut jika sering dilakukan berulang kali, ya, yaitu dengan berlatih, baik dengan orang lain atau sendiri. Jika cara bicara kita teratur orang akan merasa nyaman dengan apa yang kita sampaikan.

5. Memiliki Ekpresi


memiliki ekpresi

Yang terakhir dan juga yang dominan dalam membuat orang akan mudah percaya dengan kita ialah, berbicara dengan penuh ekspresi namun tanpa berlebihan, ketika membicarakan hal yang senang kita perlihatkan ekspresi senang, begitu juga jika kalimatnya sedih kita perlihatkan ekspresi sedih.

Jika ekspresi tidak ada, maka penyampaian kita akan terasa hambar, sehingga membuat orang bosan dan pundi-pundi kepercayaanya berkurang. Cara mudah berbicara dengan ekspresi ialah rekan muda lancarkan tips no.4, jika sudah bisa, yang no.5 ini akan terbentuk beriring berjalanya waktu.

Itulah beberapa tips yang bisa rekan muda coba dan langsung praktek-kan untuk membuat orang lain percaya dengan apa yang rekan muda sampaikan.

Selamat Mencoba!