Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Keren dalam Merekrut Anggota Baru

5 cara keren dalam merekrut anggota baru

Apapun jenis organisasi dan komunitas yang rekan muda geluti saat ini, hal yang paling utama ialah bagaimana organisasi tersebut merekrut para anggota baru yang berkualitas supaya kedepan roda organisasi rekan muda tetap berjalan dengan baik. Akan tetapi menemukan anggota baru yang sesuai tidaklah semudah yang rekan muda bayangkan.

Nah, jadi berikut ada beberapa tips untuk rekan muda supaya dapat menemukan orang-orang yang tepat dan sesuai dengan tipe organisasi/komunitas rekan muda saat ini.

1. Jelaskan Kebutuhan Organisasi / Komunitas


jelaskan kebutuhan organisasi

Dalam mendapatkan kandidat yang terlihat meyakinkan, rekan muda harus menjelaskan secara detail posisi yang rekan muda ingin isi. Sertakan kejelasan tugas harian mereka, jelaskan seluruh misi-misi rekan muda, dan segala skill yang rekan muda cari.

Rekan muda harus terlihat transparan dalam hal ini. Jika organisasi Rekan masih kecil dan belum terlalu berkembang, jelaskanlah bahwa calon anggota rekan muda mungkin saja akan mendapatkan berbagai macam tugas selama mereka bergabung dengan komunitas rekan muda.

2. Lakukan Interview


lakukan interview

Untuk mendapatkan kandidat yang paling dibutuhkan, rekan muda mungkin harus mengadakan 2 atau 3 kali tahap wawancara. Tes tahap pertama, cobalah fokus terhadap background dan skill mereka. Tes kedua, rekan muda bisa mulai menanyakan tentang kepribadian mereka dan ide-ide mereka dalam membangun organisasi rekan muda.

3. Lakukan Hal yang Terkesan didepan Kandidat


lakukan hal yang terkesan didepan kandidat

Sadarlah bahwa organisasi rekan muda bukan satu-satunya yang menjadi harapan bagi para kandidat rekan muda. Berusahalah untuk benar-benar menunjukkan bahwa perusahaan rekan muda berbeda dengan yang lain. Jelaskan misi dan tujuan organisasi rekan muda sejelas-jelasnya. Inilah cara terbaik untuk memberi kesan tersendiri bagi kandidat rekan muda.

4. Berikan Sambutan dan Panduan yang Berkelas


berikan sambutan dan panduan yang berkelas

Setelah rekan muda menemukan orang-orang yang sekiranya sudah tepat untuk bergabung dengan organisasi rekan muda. Berikanlah panduan dan pelajaran yang baik untuk orang-orang tersebut, jika perlu perkenalkan mereka dengan pegawai yang lain. Percayalah semakin mereka merasa nyaman, semakin betah mereka bekerja sama dengan rekan muda.

5. Tampilah dengan Berwibawa Namun Tetap Sederhana


tampilah dengan berwibawa namun tetap sederhana

Ketika keempat hal tersebut sudah rekan muda Lakukan dengan baik, langkah terkahir ialah usahakan rekan muda tampil dengan berwibawa namun tetap sederhana. Hal ini membuat rekrutan baru rekan muda semakin segan dan menghormati rekan muda dengan sepenuhnya.

Well, itulah beberapa tips yang bisa rekan muda coba lakukan untuk mendapat anggota baru yang sesuai dengan harapan rekan muda dan tentunya berguna bagi organisasi atau komunitas rekan muda.

Selamat Mencoba!

Posting Komentar untuk "5 Cara Keren dalam Merekrut Anggota Baru"