-->

14 Tips Setia dengan Pasangan

14 tips setia dengan pasangan

Bagaimana rekan muda mendefinisikan sebuah 'kesetiaan' dan tindakan apa yang harus dilakukan dalam membuat hubungan bisa bertahan? Hal apa yang paling penting untuk harus rekan muda ingat jika rekan muda ingin mempelajari nilai kesetiaan yang sesungguhnya?

Pertanyaan-pertanyaan di atas memang suli untuk dijawab bila rekan muda baru mengenal yang namanya dunia hubungan romantis. Pasalnya, banyak pasangan muda tidak benar-benar memahami kesetiaan bukan karena kita tidak memiliki pengalaman namun karena kita tidak benar-benar tahu harus mulai dari mana.

Karena hal tersebut, artikel ini akan membahas beberapa tips tentang cara menjadi sosok yang setia dalam suatu hubungan: 

1. Kenali hubungan dengan mendalam


kenali hubungan dengan mendalam

Kesetiaan lebih dari sekadar memberi tahu seseorang bahwa rekan muda akan selalu setia pada janji yang rekan muda buat kepada mereka. Ini juga tentang mempertimbangkan hubungan rekan muda sebagai pilihan yang asli dan bukan hanya sebagai salah satu opsi dalam hidup rekan muda.

Dengan kata lain, kesetiaan berarti memilih pasangan dan hubungan rekan muda dengan tulus setiap saat, melalui semua kesulitan dan kesusahan serta kesakitan dan jangan pernah menganggap hubungan rekan muda hanya sebagai tempat perlindungan alternatif saat sesuatu tidak berjalan dengan baik dalam kehidupan rekan muda.

2. Hargai kehadiran pasangan


hargai kehadiran pasangan

Kesetiaan juga bicara tentang mengenali keberadaan pasangan rekan muda. Menyadari bahwa rekan muda memiliki pasangan luar biasa yang telah hadir dalam hidup rekan muda dan rekan muda harus menghargai setiap saat dirinya tersebut.

Bukan hanya sekedar merasa bersyukur bahwa mereka bersama rekan muda, sangat penting juga bagi rekan muda untuk menunjukkannya. Biarkan mereka tahu betapa pentingnya kehadiran mereka dalam kehidupan rekan muda.

3. Diskusikan masalah dalam hubungan dengan pasangan terlebih dulu


diskusikan masalah dalam hubungan dengan pasangan terlebih dulu

Kesetiaan tidak pernah berbicara di belakang pasangan rekan muda, selesaikanlah masalah dalam hubungan rekan muda dengan mereka terlebih dahulu sebelum rekan muda mencoba menanyakan pendapat orang lain.

Tindakan ini menampilkan sifat setia dan sangat terhormat untuk membicarakan masalah yang ada di antara rekan muda berdua terlebih dahulu, karena pada akhirnya, rekan muda berdualah yang akan menanggung konsekuensi langsung, bukan orang lain.

4. Jangan biarkan diri jatuh cinta pada orang lain


jangan biarkan diri jatuh cinta pada orang lain

Kesetiaan itu selalu memilih untuk mencintai pasangan rekan muda, setiap hari. Tidak ada yang namanya "tidak sengaja" jatuh cinta dengan orang lain. Kebanyakan orang yang mengklaim bahwa mereka tidak seharusnya disalahkan atas keadaan ini hanya menyangkal kenyataan bahwa mereka membiarkannya terjadi. Mereka memilih untuk menghancurkan hati pasangan tanpa mempertimbangkan bagaimana perasaan mereka tersebut.

5. Jangan mudah menyerah pada pasangan


jangan mudah menyerah pada pasangan

Kesetiaan akan tetap kuat dan setia di tengah-tengah tantangan yang dihadapi sebuah hubungan. Ini tentang bagaimana rekan muda tidak mudah menyerah pada cinta rekan muda dan pada orang yang rekan muda cintai, dengan cara berjuang dan bertahan sampai nafas terakhir rekan muda.

Jangan pernah meninggalkan pasangan rekan muda di saat situasi yang sulit. Hadapi bersama dan tetap setia satu sama lain dengan menjadi sebuah kekuatan satu sama lain.

6. Jangan pernah melanggar janji penting


jangan pernah melanggar janji penting

Kesetiaan juga menepati janji rekan muda dan tidak melanggar janji penting tersebut. Ini tentang melakukan segala daya dan upaya rekan muda untuk tetap setia pada tujuan yang rekan muda berdua ingin capai.

Penting juga untuk bersikap realistis saat membuat sebuah janji. Rekan muda juga harus berani untuk mengakui bahwa rekan muda tidak dapat memberikan apa pun yang diinginkan pasangan, dan hal itu bentuk sebuah kejujuran menuju kesetiaan.

7. Jadikan hubungan sebagai salah satu prioritas


jadikan hubungan sebagai salah satu prioritas

Kesetiaan juga menjadikan hubungan rekan muda sebagai salah satu prioritas utama. Benar, ada hal-hal lain dalam hidup ini yang membutuhkan perhatian rekan muda seperti pekerjaan dan keluarga, jadi rekan muda juga harus belajar bagaimana menemukan keseimbangan yang tepat sehingga rekan muda tidak akan merasa tertekan dan juga kelelahan.

Seseorang yang benar-benar mencintai rekan muda akan mengerti jika mereka bukan yang pertama dalam daftar, karena dia juga dapat mengakui bahwa untuk menjadi pasangan terbaik, ia harus menjadi versi terbaik dirinya terlebih dahulu.

8. Rencanakan sebuah kejutan penuh perhatian


rencanakan sebuah kejutan penuh perhatian

Saat rekan muda pergi ke rumah pasangan atau ingin berjumpa, bungkus makanan ringan favorit mereka. Jika rekan muda melewati sesuatu yang membuat rekan muda memikirkan mereka di etalase toko, ambil hadiah untuk mereka tanpa alasan.

Momen spesial kecil, yang direncanakan tanpa harapan balas budi, tidak hanya menyenangkan dan berkesan, tnamun dapat membangun rasa saling menghormati dan kesetiaan.

9. Menjadi pendengar yang aktif


menjadi pendengar yang aktif

Ada perbedaan jelas antara mendengar apa yang dikatakan seseorang, dan secara aktif mendengarkan mereka berbicara. Saat berbicara dengan pasangan rekan muda, proses setiap kalimat dan renungkan setiap poin, sebelum merespons. Karena saat pasangan tahu bahwa rekan muda sebenarnya mendengarkan dan memahami apa yang mereka katakan, pasangan kemungkinan besar akan merasa lebih dicintai.

Rekan muda juga akan lebih memahami sudut pandang mereka, dan selanjutnya, dapat terlibat dalam dialog yang bermanfaat dan bermakna. Kemudian, lain kali rekan muda perlu membicarakan sesuatu, mereka akan ada di sana untuk melakukan hal yang sama.

10. Saat membuat rencana besar, konsultasikan terlebih dahulu dengan pasangan


saat membuat rencana besar, konsultasikan terlebih dahulu dengan pasangan

Kesetiaan juga harus mempertimbangkan ide dan opini pasangan rekan muda sebelum membuat keputusan besar, terutama jika itu akan secara langsung memengaruhi hubungan rekan muda dalam waktu dekat dan lama.

Pikirkan bagaimana hal tersebut akan membawa perubahan pada kehidupan pribadi dan hubungan rekan muda, terutama jika hal itu benar-benar dapat mengubah sesuatu denga cepat. Tanyakan kepada pasangan bagaimana perasaan mereka tentang hal itu, antisipasi konsekuensinya, dan buatlah rencana penyelesaiannya.

11. Berhentilah mencoba mencari kebahagiaan pada orang lain


berhentilah mencoba mencari kebahagiaan pada orang lain

Kesetiaan memastikan bahwa rekan muda tidak tertarik untuk mencoba mencari kebahagiaan pada orang lain. Memang hak rekan muda untuk bahagia, namun terlalu egois untuk melanggar sebuah janji kesetiaan dan komitmen hanya karena rekan muda merasa bahwa rekan muda pantas mendapatkan hal lebih.

Jika rekan muda tidak lagi bahagia atau ada saat-saat ketika rekan muda merasa bosan dalam sebuah hubungan, rekan muda harus mencari tahu apa yang salah. Cobalah untuk memperbaiki apa yang rusak ketimbang segera mencari pengganti lain.

12. Bersikap empati terhadap pasangan


bersikap empati terhadap pasangan

Ketika pasangan rekan muda mengalami sesuatu yang sulit, jangan merespons dengan iba. Alih-alih hanya bereaksi secara simpatik dan merasa tidak enak pada pasangan, cobalah untuk memahami sumber rasa sakit mereka terlebih dahulu.

Dengan berbagi dalam memikul beban bersama pasangan, rekan muda tidak hanya akan membuktikan kepada pasangan rekan muda bahwa masalah mereka sekarang menjadi milik rekan muda juga, namun juga akan membantu membangun kepercayaan.

13. Buat pasangan merasa penting dan diinginkan


buat pasangan merasa penting dan diinginkan

Kesetiaan membuat pasangan merasa dicintai dan juga diinginkan. Setia pada janji cinta rekan muda berarti membiarkan mereka tahu bahwa mereka layak untuk waktu dan perhatian rekan muda.

Dengan kata lain, rekan muda harus berusaha agar mereka tahu bahwa mereka melakukan hal yang benar dan rekan muda menghargai semua yang mereka lakukan untuk Anda - dan bahwa hidup lebih baik karena Anda bersama mereka.

14. Bersikap terbuka dengan apa yang dirasakan


bersikap terbuka dengan apa yang dirasakan

Kesetiaan itu transparan dan terbuka tentang perasaan rekan muda yang sebenarnya. Ini tentang tetap loyal kepada pasangan rekan muda dengan mempercayai mereka. Hubungan yang sehat adalah hubungan yang jujur ​​di mana kedua belah pihak dapat dengan yakin mengekspresikan pikiran mereka, kebahagiaan mereka, dan bahkan ketakutan mereka.

Sangat penting untuk mengenali manfaat kesetiaan dalam menjaga ikatan rekan muda lebih kuat tidak peduli berapa banyak tantangan yang rekan muda berdua hadapi. Walaupun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, bersikap jujur ​ ​​pada hubungan rekan muda, selama mungkin rekan muda harus percaya pada cinta rekan muda satu sama lain. Tetap setia dan berkomitmen satu sama lain dan jangan biarkan hal sebaliknya merusak kisah indah rekan muda.