Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Motivasi di Akhir Tahun

5 motivasi di akhir tahun kilas pemuda

Tidak terasa tahun baru akan menghampiri kita, dan tidak bisa dipungkiri bahwa ada diatara kita yang mungkin sangat bahagia dalam menghadapi tahun baru. Tapi bagaimana dengan rekan muda yang merasa 'down' di akhir tahun. Jangan Khawatir!

Berikut kilas pemuda akan memberikan motivasi yang bisa membuat rekan muda lebih 'up' di akhir tahun dan tentunya akan membuat rekan muda lebih semangat untuk menyambut dan menghadapi tahun baru nantinya.

1. Lebih fokus pada apa yang dikerjakan


lebih fokus pada apa yang dikerjakan

Ya, banyak dari kita ingin terlihat sibuk dengan melakukan banyak 'pekerjaan' dalam sehari. Seakan kita hampir seperti berkompetisi untuk melihat sebanyak mungkin yang bisa kita lakukan dalam waktu sesingkat mungkin. Saatnya untuk mengubah mindset tersebut dan melakukan 'pekerjaan' lebih sedikit namun dengan fokus yang lebih banyak.

Melakukan sebanyak mungkin kegiatan memang kedengarannya seperti formula untuk menjadi "produktif" tetapi sebenarnya kita sudah menciptakan suatu tindakan yang tidak perlu karena kita bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan sepenuhnya.

Kita juga menciptakan banyak tekanan bagi diri sendiri ketika kita berada dalam pola berpikir ini. Seringkali, kita melakukan satu tugas (belum selesai) dan sudah memikirkan tugas lainnya.

Contoh sederhananya seperti saat rekan muda mencuci piring, tetapi sudah merencanakan menu makan berikutnya atau sesuatu yang lebih 'parah' seperti saat berbicara dengan seorang teman namun rekan muda malah memikirkan hal-hal lainnya. Ada manfaat besar jika melakukan lebih sedikit kegiatan namun melakukannya dengan fokus yang baik.

Dunia saat ini bergerak dengan kecepatan yang luar biasa cepat, tetapi kita sering memaksakan pada diri kita sendiri seberapa banyak kita berkegiatan pada hari tertentu.

Ada baiknya rekan muda untuk mengambil langkah mundur dan melihat kembali prioritas yang ingin dilakukan. Tanyakan kepada diri rekan muda sendiri apakah semua tugas ini benar-benar perlu ditangani sekarang dan seberapa penting mereka sebenarnya. Karena fokus pada kualitas pekerjaan lebih baik daripada kuantitasnya.

2. Memperbanyak bersyukur


memperbanyak bersyukur

Apakah rekan muda sudah belajar bersyukur setiap hari? Apakah rekan muda pernah memikirkan betapa "beruntungnya" rekan muda dikelilingi oleh orang-orang yang rekan muda cintai dan dapat melakukan semua yang rekan muda inginkan? Bersyukur adalah kunci untuk membiarkan sukacita memasuki hidup rekan muda.

Kita kadang-kadang cenderung berfokus pada apa yang tidak kita miliki dan mengabaikan apa yang sudah ada di depan mata kita. Hal ini dapat menciptakan tekanan dan rasa hampa atau kekurangan yang tidak membuat kita merasa damai selamanya.

Di sisi lain, jika rekan muda bersyukur dengan apa yang sudah didapatkan sepanjang hari, rekan muda akan kagum dengan merasakan suasana hati rekan muda yang membaik dan rekan muda merasa hidup sedikit lebih ringan.

3. Nikmati kebahagian saat ini


nikmati kebahagian saat ini

Rekan muda perlu mengingatkan diri sendiri bahwa hidup ini singkat dan rekan muda harus menikmati setiap momennya. Bisakah rekan muda mengidentifikasi apa yang benar-benar membuat rekan muda bahagia dalam hidup?

Apakah rekan muda pernah menyisakan cukup waktu dalam hari-hari rekan muda untuk melakukan apa pun yang membuat rekan muda senang? Postingan ini bisa menjadi pengingat dan mantra yang baik untuk fokus dan melihat apakah ada cara bagi rekan muda untuk melakukan lebih banyak hal yang membuat rekan muda bahagia.

Misalnya mungking lebih banyak bepergian ke tempat-tempat baru, lebih banyak meluangkan waktu dengan teman, atau sesuatu yang sederhana seperti lebih banyak bermain di alam atau membaca buku yang inspiratif.

Hati rekan muda lebih tahu jawabannya daripada kepala rekan muda, jadi jangan memaksakan diri untuk "memikirkan" jawaban bagaimana rekan muda bisa lebih dekat dengan kebahagiaan. Mungkin ada sedikit suara di dalam diri rekan muda yang membisikkan bimbingan tersebut tetapi rekan muda harus cukup menenangkan pikiran untuk mendengarnya.

4. Jangan egois untuk menjadi sempurna


jangan egois untuk menjadi sempurna

Tidak ada yang sempurna dan itu fakta. Jangan takut melakukan kesalahan! Mengapa? Kesalahan adalah bukti bahwa rekan muda mencoba!

Saat satu orang ragu karena dia merasa rendah diri, orang lain sibuk membuat kesalahan dan menjadi superior. Begitulah kehidupan bekerja.

5. Sukses adalah suatu keputusan


sukses adalah suatu keputusan

Apakah rekan muda berpikir "kerja keras" adalah satu-satunya cara untuk mencapai kesuksesan? Teruslah membaca! Berikut adalah beberapa hal yang sama pentingnya, atau bahkan lebih penting, daripada kerja keras dalam mencapai sebuah kesuksesan.

#Tujuan. Pernahkah rekan muda mendengar atau membaca kutipan "kerja keras tanpa tujuan seperti mobil tanpa setir."? Ketika rekan muda mulai mengerjakan sesuatu tanpa mengetahui dengan jelas hasil yang diharapkan, mungkin rekan muda perlu berjam-jam atau berhari-hari untuk menyadari bahwa itu bukanlah apa yang harus rekan muda lakukan, jika rekan muda ingin mencapai tujuan yang diinginkan. Jangan menjadi orang yang sibuk dan terlihat pekerja keras. Jadilah orang yang penuh perencanaan dan mengambil tindakan yang bertujuan.

#Self-work. Pekerjakan diri rekan muda 10 kali lebih keras daripada bekerja pada hal lainnya, dan rekan muda akan merasa bahwa sudah bergerak 10 kali lebih cepat ke arah yang rekan muda inginkan.

#Percaya. Jika rekan muda tidak percaya bahwa rekan muda dapat mencapai apa yang diinginkan, Rekan muda dapat bekerja siang dan malam, tetapi rekan muda tidak akan pernah berhasil. Terkadang, akan ada pikiran bahwa ada jarak yang terlihat seperti memisahkan rekan muda dari tujuan rekan muda. Jika rekan muda menghilangkan pikiran tersebut, rekan muda akan melihat bahwa rekan muda bisa menjangkau dan meraih apa saja yang telah rekan muda kejar sejak lama.

Jika artikel ini bermanfaat, maka tidak ada salahnya rekan muda membagikan kepada sahabat di luar sana yang mungkin membutuhkan motivasi di akhir tahun.

Posting Komentar untuk "5 Motivasi di Akhir Tahun"