Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Perbedaan Antara Motivasi dan Inspirasi

7 Perbedaan Antara Motivasi dan Inspirasi
Pemuda yang termotivasi dan terinspirasi
“Di mana ada kemauan/keinginan di situ ada jalan,” - adalah sebuah pepatah lama yang memotivasi dan menginspirasi banyak orang untuk bertindak dan tetap berkomitmen pada tujuan hidup yang diinginkan. Kita semua membutuhkan stimulasi dan inspirasi di beberapa titik dalam hidup. Banyak orang mungkin berpikir bahwa kedua sistem ini hampir sama, tetapi mereka adalah konsep yang sama sekali berbeda. Sementara motivasi selalu berasal dari sumber eksternal di lingkungan rekan muda, sedangkan inspirasi datang dari dalam.

Istilah motivasi berasal dari kata motivation yang bermakna kebutuhan atau dorongan dalam diri rekan muda. Sebaliknya, inspirasi adalah proses di mana rekan muda didorong secara mental untuk melakukan sesuatu.

Artikel ini menyoroti perbedaan antara motivasi dan inspirasi yang sebenarnya merupakan perbedaan antara saat Rekan muda merasa harus melakukan dan saat Rekan muda sangat menginginkan untuk dilakukan.

Tabel Perbandingan

Dasar Perbandingan

Motivasi

Inspirasi

Artinya

Motivasi mengacu pada proses memotivasi seseorang untuk bertindak dengan cara tertentu untuk mencapai tujuan.

Inspirasi didefinisikan sebagai tindakan mempengaruhi orang secara mental dan emosional untuk melakukan sesuatu yang kreatif.

Sifat

Menggerakan/Dorongan

Menarik/Kekuatan Tarik.

Perasaan

Perlawanan

Kegembiraan dan stres.

Kehidupan

Jangka pendek

Kekal

Merasa

Memaksa

Membayar

Sumber

Dalam

Luar

Dorongan untuk mengambil tindakan

Disengaja

Denga Sendirinya

Alasan

Harapan diri atau sosial, kewajiban dan tekanan teman sebaya yang memotivasi kita untuk melakukan sesuatu.

Panggilan yang alami, yang datang dari dalam diri kita.

Definisi Motivasi

Motivasi adalah konsep psikologis, yang digambarkan sebagai motivator atau kekuatan, yang memotivasi orang untuk mengambil tindakan. Ini adalah sesuatu yang meyakinkan orang untuk bertindak dan berperilaku dengan cara tertentu. Hal ini juga didefinisikan sebagai proses memberikan alasan kepada seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu.

Motivasi bisa mendorong rekan muda untuk menetapkan sebuah tujuan, berdasarkan hal-hal yang kita rasa harus kita lakukan. Ini melibatkan berbagai kekuatan seperti psikologis, biologis, sosial, dll yang mengintensifkan perasaan seseorang seperti kebutuhan, keinginan, harapan - memotivasi mereka untuk mengambil tindakan yang mengarah pada pencapaian tujuan jangka pendek.

Definisi Inspirasi

Inspirasi secara sederhana mengacu pada pengaruh atau kegembiraan dari proses yang memotivasi orang, secara mental dan emosional, untuk melakukan sesuatu yang kreatif atau tidak biasa. Ketika seseorang ingin melakukan sesuatu yang berbeda, keinginan untuk melakukannya datang dari dalam. Motivasi didasarkan pada sistem nilai, keyakinan, pengalaman hidup, preferensi imajinasi, aspirasi, dan perasaan serupa lainnya yang membuat kita merasa lebih baik jika kita melakukan atau mencapainya.

Dalam inspirasi, Rekan muda benar-benar menginginkan sesuatu yang selalu ingin Rekan muda capai, yang selalu Rekan muda minati dan berkomitmen untuk menyediakannya, Rekan muda akan rela meluangkan waktu, dan Rekan muda akan menjadikannya prioritas. Ini adalah dorongan spontan yang terjadi karena ter-inspirasi.

Perbedaan Kunci Antara Motivasi dan Inspirasi

Perbedaan antara motivasi dan inspirasi dapat rekan muda pahami dengan jelas dengan mengacu pada poin-poin di bawah ini:
  1. Motivasi mengacu pada proses memotivasi seseorang untuk bertindak dengan cara tertentu untuk mencapai tujuan. Inspirasi didefinisikan sebagai tindakan mempengaruhi orang secara mental dan emosional untuk melakukan sesuatu yang kreatif.
  2. Motivasi adalah sesuatu yang mendorong atau membujuk Rekan muda untuk mengambil tindakan, sedangkan inspirasi adalah apa yang mendorong Rekan muda menuju sesuatu.
  3. Ada perasaan perlawanan dan daya saing dalam motivasi sementara inspirasi memiliki rasa kegembiraan dan usaha.
  4. Motivasi berumur pendek, misalnya, katakanlah Rekan muda menghadiri seminar pribadi yang hebat, setelah itu Rekan muda merasa termotivasi untuk melakukan sesuatu, tetapi setelah jangka waktu dua minggu atau hari tertentu keinginan itu akan mulai mereda. Di sisi lain, inspirasi bersifat permanen, terletak di dalam diri kita dan membuat kita berkomitmen sampai kita mencapai tujuan.
  5. Motivasi berasal dari sumber eksternal yang dapat berupa penghargaan, penghargaan, penghargaan, dll. Meskipun sumber inspirasi adalah internal, ada keinginan mendalam yang terwujud dalam diri kita.
  6. Motivasi adalah insting yang disengaja atau direncanakan untuk mengambil suatu langkah. Sebaliknya, dalam kasus inspirasi, impuls ini spontan.
  7. Motivasi disebabkan oleh beberapa alasan seperti harapan diri atau sosial, kewajiban dan tekanan teman sebaya yang mendorong kita untuk melakukan sesuatu. Berbeda dengan inspirasi yang melibatkan panggilan alami dari dalam jiwa rekan muda.

Kesimpulan

Setelah meninjau poin-poin di atas, sekarang jelas bahwa kedua hal ini sangat berbeda, tetapi itu tidak berarti bahwa yang satu lebih unggul dari yang lain. Relevansinya dapat dipelajari hanya pada saat dibutuhkan, yaitu Motivasi digunakan ketika Rekan muda ingin orang berperilaku dengan cara tertentu dan segera bertindak, sedangkan Inspirasi adalah ketika orang ingin mencapai sesuatu yang hebat, yang membuat mereka lebih baik daripada mereka saat ini. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "7 Perbedaan Antara Motivasi dan Inspirasi"