-->

Efek Samping Olahraga Pagi dan Sore. Berikut Penjelasannya!

Efek Samping Olahraga Pagi dan Sore

Mereka yang berencana untuk berolahraga secara teratur khawatir tentang waktu terbaik untuk berolahraga. Jelas, kondisi tubuh pagi dan sore sangat berbeda. Lantas, kapan waktu paling efektif untuk berolahraga? Apakah efek olahraga berubah seiring waktu? Pelajari tentang pro dan kontra mengenai latihan pagi dan sore hari!

1.Olahraga Pagi

Olahraga Pagi

Alasan mengapa banyak ahli merekomendasikan olahraga pagi karena bisa memberikan dua manfaat kesehatan, yaitu kesehatan mentan dan juga fisik. Menyelesaikan latihan Rekan muda sebelum memulai rutinitas harian dapat menciptakan perasaan semangat dan tubuh dipenuhi dengan imun endorfin. Dan karena pagi adalah waktu di mana tidak ada jadwal khusus, sangat kecil kemungkinan untuk membatalkan latihan karena janji mendadak atau nongkrong bareng dengan teman-teman.

Khusus untuk menurunkan berat badan

Pagi hari adalah waktu yang sangat berguna untuk berolahraga bagi mereka yang mulai berniat ingin menurunkan berat badan. Para ilmuwan menjelaskan bahwa berolahraga di pagi hari dengan perut kosong dapat membakar lemak tubuh 20% lebih banyak dari biasanya. Selain itu, karena pelepasan hormon rasa lapar ditekan setelah berolahraga, orang yang berolahraga di pagi hari secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk menikmati camilan pagi yang tidak perlu atau makan berlebihan saat makan siang. Terlebih lagi, jika Rekan muda berolahraga di pagi hari untuk meningkatkan metabolisme tubuh, Rekan muda akan secara otomatis membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, sehingga lebih mudah untuk mengatur berat badan Rekan muda.

Olahraga malam hari bisa merugikan

Para ahli yang merekomendasikan olahraga pagi juga menunjukkan kerugian yang didapat dari berolahraga saat malam. Mereka menunjukkan bahwa berolahraga setelah jam 7 malam meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh Rekan muda, yang dapat membuat Rekan muda lebih sulit untuk tertidur lebih awal. Jika kualitas tidur menurun, bisa menyebabkan sekresi hormon pertumbuhan juga menurun. Hal ini menyebabkan penurunan kekebalan dan mempercepat penuaan, dan dalam kasus yang parah, seseorang agan bernafsu untuk makan makanan berkalori tinggi.

2. Latihan Sore

Latihan Sore

Para ahli yang lebih memilih olahraga sore memberikan bukti ilmiah tentang manfaat olahraga sore. 14.00-18.00 adalah waktu di mana suhu tubuh paling tinggi dan saat otot, kekuatan, dan aktivitas enzim kita dioptimalkan untuk berolahraga. Apalagi dibandingkan pagi hari, waktu di sore hari kemampuan tubuh menyerap oksigen lebih tinggi, sehingga kalori lebih cepat terbakar dan efisiensi latihan secara keseluruhan meningkat.

Olahraga dengan intensitas tinggi

Selain itu, risiko cedera berkurang secara signifikan di sore hari karena tubuh bereaksi lebih cepat daripada di pagi hari. Jadi sore hari juga merupakan waktu yang tepat untuk mencoba latihan intensitas tinggi yang terlalu menakutkan untuk dicoba di pagi hari. Oleh karena itu, high-intensity interval training (HIT) atau latihan kekuatan berat akan lebih aman dilakukan pada sore hari dibandingkan pada pagi hari.

Kekurangan olahraga pagi

Para ahli yang merekomendasikan olahraga sore menunjukkan beberapa hal yang merugikan dari olahraga pagi, salah satunya yaitu 'Rekan muda harus mencerna satu set latihan dalam waktu singkat'. Hal itu terbukti karena bagi kebanyakan orang yang memiliki rutinitas harian yang tetap seperti pergi ke sekolah dan bekerja, sulit untuk mengimprovisasi waktu dan intensitas latihan pagi, dan sulit untuk mencoba latihan yang merangsang berbagai otot dengan kuat.

3. Kesimpulan

Kesimpulan olahraga

Olahraga pagi adalah waktu olahraga yang optimal untuk menurunkan berat badan. Ini memiliki tingkat konsumsi kalori yang tinggi dan mengontrol nafsu makan dan tingkat metabolisme di siang hari dengan cara yang menguntungkan untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, latihan malam bermanfaat untuk melakukan berbagai latihan intensitas tinggi. Tapi yang paling penting adalah gaya hidup Rekan muda. Tetapkan waktu yang sesuai dengan waktu luang Rekan agar bisa berolahraga dengan rutin setiap harinya.