Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

Cara Melamar Kerja di ABM Group, Kolaborasi 12 Perusahaan Pertambangan dan Energi

ABM Group juga membuka lowongan kerja untuk sarjana non-tambang, D3, dan lulusan SMA. Berikut cara daftar kerja di ABM Group.
Cara Melamar Kerja di ABM Group, Kolaborasi 12 Perusahaan Pertambangan dan Energi

Dunia pertambangan dan energi di Indonesia kian hari semakin maju, itu terlihat dengan menjamurnya perusahaan-perusahaan baru yang muncul. Begitu juga dengan perusahaan lama yang terus mengeluarkan inovasi kerja demi terciptanya hasil tambang yang membantu perekonomian Indonesia.

Bukan hanya di dunia kerja, dalam dunia pendidikan pun sedang ramai-ramainya mahasiswa yang mengambil jurusan pertambangan dan keteknikan lainnya. Wajar saja, peluang kerja pada industri pertambangan dan keteknikan terbuka lebar setiap tahunnya. Ditambah, gaji yang di dapat pada perusahaan pertambangan dan energi lumayan besar.

Jika dulu perusahan-perusahaan tambang banyak berpusat di pulau jawa, kini perusahaan tambang hadir di setiap daerah yang memiliki potensi pertambangan, apakah itu batu bara, semen, gas, dll.

Dibalik minus-nya dunia pertambangan karena beresiko merusak kelestarian alam, namun dunia tambang dari zaman dulu sudah berkontribusi dengan baik terhadap perekonomian dunia.

Di atas adalah pandangan pribadi admin tentang dunia pertambangan.

Sekarang kita masuk dalam inti artikel ini mengenai cara daftar atau lamar kerja di ABM Group, perusahaan yang menaungi 12 perusahaan pertambangan dan energi di Indonesia

ABM Group

Adiratna Bani Makmur (ABM) Group merupakan anak perusahaan dari Valle Verde Pte Ltd Singapura yang memberikan suntikan modal besar pada 2014 silam, namun pada tahun 2021 Valle Verde Pte Ltd menjual sebagian besar sahamnya kepada PT Tiara Marga Trakindo yang juga memiliki saham di ABM Group.

Dengan adanya transaksi tersebut saham PT Tiara Marga Trakindo di ABM Group menjadi 53,55%, sedangkan sahan Valle Verde Pte Ltd berkurang menjadi 25,51%.

Didirikan pada tahun 2006 dan direkonstruksi pada tahun 2009, kini ABM Group menjadi salah satu perusahaan tambang dan energi terbesar di Indonesia, dan saat ini ABM Group dipimpin oleh Achmad Ananda Djajanegara sebagai Presiden Direktur.

Anak Perusahaan

Anak Perusahaan ABM Group

ABM Group memiliki belasan anak perusahaan, berikut di antaranya:

Lowongan Kerja

Menjadi salah satu group perusahaan pertambangan dan energi terbesar di Indonesia, ABM Group secara rutin membuka lowongan kerja dengan anak perusahaanya untuk memberikan kesempatan bagi putra putri terbaik bangsa khususnya yang memiliki kemampuan/keilmuan pertambangan dan keteknikan.

Jadi, bagi rekan muda yang sedang mencari kerja tidak ada salahnya untuk mampir melihat-lihat dulu lowongan yang ditawarkan oleh ABM Group.

Berikut cara daftar dan melamar pekerjaan di ABM Group:

1. Kunjungi Website ABM

Perlu diketahui, perusahaan-perusahaan ternama apakah itu swasta atau BUMN saat ini menggunakan web resmi perusahaan sebagai media informasi dan lowongan pekerjaan.

Jadi bijaklah dalam menyaring informasi lowongan pekerjaan dengan mengecek kembali pada website resmi perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Untuk lowongan kerja di ABM Group rekan muda bisa membuka alamat webnya di www.abm-investama.com.

2. Pilih Menu “Insan Kami”

Pilih Menu “Insan Kami” di Web ABM Group

Nanti akan muncul atribut halaman yang mengajak rekan muda untuk mau bergabung bersama ABM Group.

Pada kolom lihat lowongan kerja rekan muda bisa ketikan lowongan yang diinginkan, namun jika bingung tidak tau lowongan yang diinginkan, rekan muda bisa langsung klik ikon searching dan akan muncul pesan di bar web untuk dialihkan pada halaman karir ABM Group.

klik ikon searching di web ABM group

Nantinya akan muncul lowongan yang sedang dibuka oleh anak perusahaan ABM Group, rekan muda bebas untuk mendaftar atau tidak.

3. Gabung dengan ABM Group

Sebelum bisa mendaftar pekerjaan di ABM Group, rekan muda diharuskan untuk bergabung atau login terlebih dahulu di ABM Grup.

Caranya sederhana, tekan menu Join US/Login disudut kanan website. Kemudian Create an account dan isi semua data yang diminta dengan sebenar-benarnya.

Join US/Login ABM Group

Setelah berhasil mendaftar dan melakukan verifikasi email, kembali buka halaman karir ABM Group https://careersabmgroup.abm-investama.com.

Kembali login dan isi email beserta password saat rekan muda mendaftar tadi.

Kemudian isi data tambahan secara lengkap pada halaman Candidate Profile.

Beberapa yang perlu diisi adalah:

  • My Documents (CV dan surat lamaran)
  • Profile Information (data pribadi diri)
  • Search Options and Privacy (pilih jenis privasi dokumen)
  • Previous Employment (riwayat pengalaman kerja)
  • Organizational Experience (pengalaman organisasi)
  • Formal Education (riwayat pendidikan)
  • Language Skills (kemampuan bahasa asing)
  • Certifications/Licenses (sertifikat pengalaman/keahlian)

Setelah mengisi semua data tersebut, jangan lupa tekan tombol save di paling bawah.

4. Pilih Menu View All Jobs

Pilih Menu View All Jobs di Web ABM Group

Rekan muda akan kembali pada halaman yang menampilkan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka.

Klik pada lowongan kerja yang rekan muda sukai. Baca semua deksripsi pekerjaan dan kualifikasi yang diminta.

Jika sudah sesuai, tekan tombol Apply now!

Kemudian akan muncul judul lowongan pekerjaan yang rekan muda pilih beserta pertanyaan “Do you want to update your profile by parsing your resume?” yaitu pertanyaan apakah rekan muda sudah yakin dengan cv dan dokumen lamaran tersebut atau mau mengupdate-nya.

Bila sudah merasa benar dan yakin, rekan muda gulir web sampai ke bawah dan tekan tombol Apply.

Selamat! Rekan muda sudah berhasil melamar pekerjaan di ABM Group.

Untuk melihat apakah lamaran kerja rekan muda sudah terdaftar, rekan muda bisa kembali login dan lihat pada candidate profile kolom Jobs Applied. Nantinya akan terlihat semua lamaran kerja yang rekan muda daftar di ABM Group.

Lihat Jobs Applied di ABM Group

Penutup

Perlu juga diketahui bahwa lowongan di ABM Group tidak hanya dibuka bagi lulusan Pertambangan dan Keteknikan. Ada lowongan kerja tertentu yang dibuka untuk sarjana pada bidangnya, misalnya pekerjaan legal officer (untuk sarjana hukum), pekerjaan IT (sarjana komputer), pekerjaan accounting (sarjana ekonomi), dll.

Jadi, jika ada kesempatan jangan pernah ragu untuk mencobanya ya! Apalagi akan ada pekerjaan yang dibuka pada perusahaan cabang di daerah, salah satunya Aceh. Semoga sukses :)

Posting Komentar

© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain