Cara Beli Latihan Mandiri Prakerja di Bukalapak Tahun 2024

Cara Beli Latihan Mandiri Prakerja di Bukalapak Tahun 2024

Halo teman-teman kembali lagi di website kilas pemuda, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membeli pelatihan pertama kalian di Bukalapak terutama buat teman-teman yang sudah dinyatakan lolos gelombang 63 di program kartu prakerja 2024 ini.

Sebelumnya saya mau mengingatkan kepada kalian semuanya teman-teman para peserta program kartu prakerja bahwasanya di tahun ini ada tiga model pelatihan kelas ya; yang pertama ada pelatihan luring alias tatap muka langsung, kedua ada pelatihan webinar atau pelatihan melalui zoom, yang ketiga ada pelatihan SPL atau pembelajaran mandiri alias teman-teman cukup menonton video saja dalam mengikuti kelasnya.

Kalau ditanya bagus yang mana? efektif yang mana? semua saya kembalikan kepada kalian! Pastinya ada plus minusnya, terutama pastikan sesuai dengan kondisi dan kesibukan kalian masing-masing.

Sekarang langsung saja kita ke tutorial cara membeli pelatihan pertama prakerja di tahun 2024 ini terutama buat teman-teman yang sudah lolos di Gelombang 63, kita akan pandu cara pembelian pelatihannya di Bukalapak.

Teman-teman langsung saja pastikan di dashboard prakerja sudah muncul nomor kartu prakerja dan saldo pelatihan sebesar 3,5 juta dan pastikan juga akun prakerja kalian sudah disambungkan ke rekening atau e-wallet kalian masing-masing, lalu untuk mengakses Bukalapak kalian bisa menggunakan aplikasi dan bisa juga menggunakan website.

Cara 1 Beli Latihan Mandiri Prakerja di Bukalapak

Nah di sini kita contohkan untuk yang akses melalui website Bukalapak saja ya teman-teman! 

Pertama buka Google Chrome lalu ketik bukalapak.com, geser ke bawah dan pilih menu prakerja, geser ke bawah lagi pada menu lembaga pelatihan pilih lainnya, geser lagi ke bawah cari yeec.co.id yang logonya berwarna orange seperti ini.

Di sini ada banyak pelatihannya jangan lupa perhatikan jenis pelatihannya ya teman-teman, ada yang webinar dan ada yang pembelajaran mandiri alias menonton video. Sekarang kita pilih kelas yang berlabel pembelajaran mandiri silakan dibaca dulu deskripsi kelasnya jika sudah klik pilih jadwal, centang saya menyetujui dan klik lanjut.

Cara 2 Beli Latihan Mandiri Prakerja di Bukalapak

Selanjutnya silakan teman-teman daftar akun Bukalapak dulu, klik daftar di bagian bawah, masukkan alamat email yang sama dengan email yang kalian daftarkan di kartu prakerja, klik daftar lalu pilih yang kirim kode, klik verifikasi dan geser puzzle-nya, pilih login yang ada di bagian bawah masukkan email kalian setelah itu masukkan kode OTP yang dikirim ke email kalian, silakan kalian copy kode otp-nya dan klik verifikasi, isikan nama dan password lalu klik simpan, nah akun berhasil terdaftar! Teman-teman bisa membuat pin agar lebih aman dalam bertransaksi tapi di sini kita pilih nanti saja ya teman-teman.

Cara 3 Beli Latihan Mandiri Prakerja di Bukalapak

Setelah itu kalian diminta untuk memasukkan nomor kartu prakerja, caranya buka dashboard prakerja kalian lalu copy nomor kartu prakerja, setelah itu tempel nomornya geser ke bawah dan pilih bayar dengan kartu prakerja, klik yang lanjutkan pembayaran, selanjutnya masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via SMS pastikan nomor kalian ada sisa pulsa untuk menerima sms kode OTP, jika sudah klik verifikasi di menu informasi transaksi akan muncul kelas yang sudah teman-teman beli, lalu klik saja teman-teman bisa membaca detail transaksi lalu di paling atas terdapat kode kupon atau kode voucher, kode kupon atau kode voucher ini nantinya akan kita salin dan kita tukarkan di halaman website lembaga pelatihan agar teman-teman bisa mengakses kelas pelatihannya.

Lanjut kita buka website www.bakat.jec.co.id teman-teman bisa daftar akun dulu dengan klik garis tiga lalu klik daftar, masukkan nomor whatsapp yang aktif dan harus sama dengan yang teman-teman daftarkan di prakerja, ingat harus sama! Masukkan password tentang persetujuan dan klik daftar, kode verifikasi akan dikirim ke nomor whatsapp klik benar, kemudian masukkan kode verifikasinya atau kode OTP sistem akan otomatis mengarahkan kalian ke masuk akun, ini tandanya pendaftaran akun sudah berhasil.

Cara 4 Beli Latihan Mandiri Prakerja di Bukalapak

Silakan teman-teman login dengan memasukkan nomor WA dan password klik masuk, perhatikan notifikasi dan pastikan data diri kalian sudah benar terutama nama harus sesuai dengan akun prakerja karena berpengaruh ke sertifikat pelatihan kemudian klik oke, isi nama nomor WA alamat email dan tanggal lahir sekali lagi nomor HP dan email harus sama dengan yang teman-teman daftarkan di akun prakerja, wajib pastikan semuanya benar jangan sampai ada yang salah satu huruf pun, klik simpan informasi pastikan kembali data sudah benar dan sesuai dengan akun prakerja karena data yang sudah di disimpan tidak dapat diubah, kemudian klik ya benar, nah data sudah berhasil disimpan.

Scroll ke atas dan klik garis tiga, klik kelas saya copy paste kode voucher dan kode ridm yang ada di riwayat transaksi Bukalapak, nah untuk kelas webinar proses ridm ini ada waktunya ya teman-teman, ridm hanya bisa dilakukan minimal 1 jam sebelum jadwal pelatihan zoom dimulai dan maksimal 1 jam sesudah jadwal Zoom berlangsung ingat baik-baik!

Sedangkan untuk kelas pembelajaran mandiri tidak ada batas waktu ridm ,masukkan kode dan klik ridm selanjutnya ada permintaan login masukkan email dan password prakerja kalian lalu klik masuk lalu verifikasi kode OTP yang dikirimkan ke email kalian klik ya berikan.

Selanjutnya kalian diharuskan untuk scan wajah pastikan cahaya terang dan pastikan kamera depan kalian juga bersih dan terang, jika sudah klik scan wajah lalu arahkan wajah kalian ke kamera dan kedipkan mata scan wajah dan ridm telah berhasil.

Nah, kelas yang sudah dibeli akan muncul teman-teman silakan diklik kelasnya untuk memulai kelas klik aktivitas dan ikuti tahapan-tahapannya sampai tercentang hijau semua. Itu tadi yang sudah di share adalah cara membeli latihan belajar mandiri prakerja di bukalapak tahun 2024. Semoga berhasil ya!

Posting Komentar untuk "Cara Beli Latihan Mandiri Prakerja di Bukalapak Tahun 2024"