Inilah 3 Aksi untuk Jadi Muslimah Zaman Now

3 aksi untuk jadi muslimah zaman now

Wanita muslimah memiliki kedudukan yang mulia di dalam agama islam. Keadaan wanita sebelum Rasulullah Muhammad Shallalahu wa alaihi wassalam sungguh sangat menyedihkan. Namun, dengan izin Allah Subhanahu wa ta’ala Rasulullah hadir mengangkat derajat para wanita sehingga wanita bisa memiliki kedudukan yang baik dan mulia. Wanita muslimah sejatinya kelak menjadi seorang istri dan memilki seorang anak dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Maka dari itu peran wanita muslimah ini sungguh luar biasa.

Al – Qur’an dan Hadits juga menjelasakan bahwasanya peran wanita muslimah itu sangat banyak. Berikut diantara cara – cara menjadi muslimah yang baik sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits.

1. Menjaga Ucapan (lisan)


menjaga ucapan

Aksi pertama, jagalah lisan! Allah memberikan manusia penca indera dengan kelebihannya masing–masing. Mulai dari mata, telinga, hidung, kulit dan mulut memiliki fungsinya masing–masing. Mulut ini selain untuk makan, juga memiliki fungsi untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan cara berbicara. Namun, terkadang permbicaraan yang keluar dari dalam mulut ini bukanlah hal yang baik.

Dan tidak jarang secara sengaja ataupun tidak perkataan yang kita ucapkan ini dapat menyinggung dan membuat sakit hati seseorang. Parahnya lagi, kita tidak menyadari akan hal itu. Tentunya hal seperti ini tidak baik dibiarkan berlarut–larut. Untuk mengantisipasi perkataan yang kita keluarkan adalah hal yang baik maka perlu membiasakan diri untuk melatih setiap kata–kata yang keluar dari mulut kita adalah kata–kata dan hal yang bermanfaat.

2. Menutup Aurat Sesuai Syariat Islam


menutup aurat sesuai syariat islam

Aksi kedua, jagalah aurat! Wanita muslimah sebaiknya tidak menunjukkan auratnya. Seperti yang sudah diketahui, aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan muka. Model hijab wanita muslimah masa now memang sudah sangat beragam jenisnya. Terkadang model yang menjadi trend ini tidak menutup lekuk tubuh dan tidak sesuai dengan syariat islam.

Maka dari itu, berpakaian yang menutup aurat sesuai dengan syariat islam merupakan hal yang penting. Bukan model hijabnya atau pakaiannya yang penting, tapi berpakaian yang sesuai dengan syariat islam yang penting. Karena, hal ini dapat melindungi dan menjaga kehormatan wanita itu sendiri.

3. Berakhlaqul Karimah yang Baik


berakhlaqul karimah yang baik

Aksi ketiga, jagalah sikap! Bagaimana cara bisa berakhlaqul karimah? Kita bisa mencontoh perilaku Rasulullah Muhammad Shallalahu Wa Alaihi Wassalam. Akhlaq dari Beliau merupakan contoh yang terbaik yang bisa dijadikan suri tauladan bagi seluruh umat manusia, bukan hanya untuk wanita muslimah. Untuk memulainya ini bisa dengan mempelajari bagaimana akhlak Beliau dari sejak kecil hingga Beliau wafat. Dari kehidupan beliau kita bisa mengambil contohna dengan cara memuliakan orang tua. Seperti yang Beliau lakukan pada orang tua, paman dan kakeknnya terdahulu.

Memiliki akhlak yang baik terhadap orang tua itu penting. Akan tetapi, bagi seorang wanita muslimah yang sudah menikah juga perlu berakhlak baik pada suaminya. Karena sang suami inilah yang akan membuka pintu surga bagi wanita.

Cara lainnya untuk bisa memiliki akhlak yang baik juga bisa dilakukan dengan cara bergaul dengan wanita yang sholehah. Bergaul dengan wanita yang muslimah yang taat dan patuh pada orang tua, suami yang juga menyayangi anak – anak bisa menjadi cerminan untuk diri kita melakukan kebaikan dan kebiasaan yang sama. Melakukan hal yang positif secara bersama – sama bisa jadi lebih mudah untuk diaplikasikan pada keihdurpan sehari-hari.

Posting Komentar untuk "Inilah 3 Aksi untuk Jadi Muslimah Zaman Now"