-->

5 Usaha Makanan Ringan yang Abadi

5 usaha makanan ringan yang abadi

Ada beberapa alternatif usaha yang bisa dilakukan oleh rekan muda sebagai pelajar atau pegawai sekalipun. Kendala yang sering dihadapi oleh sebagian besar pelaku pemula UMKM di Indonesia, adalah mereka tidak mengerti akan memulai usaha apa dan memilih produk yang memiliki nilai jual tinggi dan bermutu, yang mudah laku di pasaran. Kendala lainnya ialah, pelaku UMKM tidak mengetahui harus kemana jika ingin mempelajari usaha baru tersebut.

Usaha di bidang kuliner atau makanan adalah usaha paling banyak peluangnya, karena setiap orang butuh yang namanya makan. Tidak semua makanan akan digemari atau disukai orang, oleh karena itu kita harus pandai-pandai memilih usaha makanan yang sekiranya makanan tersebut digemari banyak orang, baik anak kecil, dewasa, maupun orang tua yang berasal dari kalangan bawah hingga kalangan teratas.

1. Olahan Eskrim


olahan eskrim

Makanan beku yang dibuat dari produk susu ini, memang amat banyak dinikmati oleh berbagai kalangan. Terdapat banyak sekali hal yang dapat rekan muda manfaatkan untuk membuat makanan selezat es krim. Sebagai pembeda produk jual, es krim bisa dicampurkan dengan sayuran, buah atau perisa makanan yang lain, agar rasanya lebih bervariasi.

2. Keripik Singkong


keripik singkong

Merupakan makanan ringan yang begitu terkenal di Indonesia, bahan bakunya cukup mudah didapatkan dan dibudidayakan di negara ini, yakni Singkong.Tinggal bagaimana cara kita mengolahnya, agar berbeda dari yang lain tentunya, seperti ditambah rasa sayur atau bahkan rasa buah. Singkong sering dianggap sebelah mata, namun selalu membuat penikmatnya merasa kurang apabila sudah dihidangkan. Terlebih ketika singkong sudah diolah dari bentuk aslinya. Proses pembuatan keripik singkong pun cukup mudah, langsung kupas singkongnya bersihkan dan iris tipis-tipis. Agar hasil irisan menjadi maksimal bisa juga dengan bantuan mesin pengupas singkong.

3. Keripik Jamur


keripik jamur

Jamur rupanya dapat dijadikan berbagai makanan yang bervariasi salah satunya menjadikan jamur sebagai keripik. Peluang usaha keripik jamurpun terbilang cukup bagus dan luas. Konsumen keripik jamur bisa dibilang luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan bakunya juga mudah dicari dan dapat dibudidayakan sendiri untuk menghemat biaya produksi. Salah satu keunggulan dari keripik ini renyah dan garing, maka hal tersebut harus dipertahankan dan jangan sampai mengandung minyak di dalam keripik tersebut.

4. Jualan Cilok


jualan cilok

Jajanan murah dan meriah ini, bisa dijumpai di setiap keramaian acara konser, wayangan, bahkan hingga car free day. Ini membuktikan kalau usaha cilok itu memiliki pasar dari semua kalangan umur dan jabatan.

Pembuatan yang mudah dan murah bisa mendatangkan omzet yang luar biasa bagi penjualnya. Bahan cilok berupa tepung terigu, garam, merica, kaldu ayam bubuk dan bawang putih halus dicampur. Setelah itu d bentuk bulat sesuai selera dan direbus di dalam air yang mendidih.

Cilok juga bisa ditambah dengan daging, tahu, atau telur. Tidak lupa dengan sausnya disiapkan, boleh dengan saus tomat, saus kacang, tergantung dengan selera pasar.

5. Usaha Air Minum


usaha air minum

Sekarang ini, usaha depot air minum kian menjamur di masyarakat. Bisnis yang banyak dipandang sebelah mata ini, ternyata bisa menghasilakan hasil yang cukup lumayan. Dan air merupakan sumber kehidupan dimana usaha ini tidak akan mati ditinggal zaman.

Masih banyak usaha-usaha makanan ringan yang laris dan murah untuk dipraktekkan sebagai langkah awal rekan muda dalam memulai usaha makanan. Jadi pilihlah yang sesuai dengan pilihan hari rekan muda.