Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Perasaan Saat Baru Merantau ke Kota

6 perasaan saat baru merantau ke kota

Dari semua hiruk pikuknya, kota menjelma jadi tempat yang penuh dengan tantangan. Hidup di desa terasa lebih romantis dengan kesederhanaan dan ketenangannya. Jatuh bangun tinggal di kota sudah pasti dirasakan bagi siapa saja yang akhirnya dengan berani memutuskan hidup di sebuah kota. Selain kuliah atau bekerja, hidup di kota juga akan memberikan pengalaman yang sangat menakjubkan, yang tidak pernah terbayangkan.

Mungkin hanya hitungan jari, hidup beberapa tahun saja di kota selalu menuntut rekan muda dalam berbagai hal. Pikiran harus terbuka, sedikit saja berlebihan dalam selektif atau skeptis bisa saja rekan muda tenggelam dalam belenggu, niat hati ingin berkembang malah sering mengutuk kehidupan kota. Pikiran yang terbuka dengan berbagai hal di kota harus dijalani. karena kehidupan kota tetap ada untungnya, pengalaman yang tidak mungkin didapatkan di desa.

1. Merasa harus beradaptasi dengan hal yang baru


merasa harus beradaptasi dengan hal yang baru

Akan banyak hal baru yang akan didapatkan selama hidup di kota. Selain suasana baru yang terkadang bikin sulit untuk beradaptasi. Tidak bisa dimungkiri kalau di kota banyak hal yang menakjubkan. Kenal orang-orang yang asing dan menjadi teman, dengan latar belakang mereka yang berbeda menambah banyak ilmu dan pengalaman. Walaupun kadang rekan muda harus berhadapan dengan perbedaan yang kadang terasa sangat terasa risih.

2. Merasa kikuk dengan budaya baru


merasa kikuk dengan budaya baru

Suasana yang baru dengan kebudayaan baru kadang akan menyudutkan rekan muda pada tuntutan, walau tidak secara langsung kadang kita harus meributkan penampilan. Rekan muda akan merasa canggung, merasa tidak pantas untuk bergabung dengan mereka. Tapi ini tetap jadi fase yang wajib dijalani, kalau perlu dilawan rasa kikuk rekan muda itu.

3. Merasa potensi diri dibawah orang kota


merasa potensi diri dibawah orang kota

Ketika mengenal mereka kita merasa canggung. Sedikit curiga dengan mereka, “jangan-jangan dia punya banyak ilmu yang nggak sebanding denganku.” Karena mengingat di kota kemajuan teknologi berkembang lebih jauh cepat dibanding di desa.

4. Senang karena merasa unggul soal romantisme dan kasih sayang


senang karena merasa unggul soal romantisme dan kasih sayang

Romantisme dan kearifan hidup di desa tidak akan rekan muda temukan di kota, rekan muda yang punya pengalaman itu akan jadi bekal berharga berkawan dengan orang kota. Romansa layaknya rasa kasih sayang yang sudah jarang ditemukan di kota-kota bisa memberikan rekan muda peluang untuk aktualisasi diri di hadapan mereka, mereka orang kota butuh kasih sayang menakjubkan dari orang desa seperti rekan muda.

5. Semangat membara karena merasa punya saingan yang hebat


semangat membara karena merasa punya saingan yang hebat

Orang-orang asing yang rekan muda jumpai di kota tentu punya banyak pengalaman dan ilmu. Rekan muda yang sedang bekerja, tidak boleh sedikitpun minder, baiknya dilawan dengan kepercayaan diri, jadikan itu sebuah tantangan baru. Mulai dulu dari diri rekan muda, kalau memang merasa hebat, saatnya buktikan langsung kepada mereka.

6. Memiliki kepercayaan diri kuat khas anak desa, buktinya kita bisa dan semangat menjalani hidup di kota yang penuh delima


memiliki kepercayaan diri kuat khas anak desa

Cuma orang yang berani mengambil resiko besarlah yang akan betah hidup di kota. Dengan semua hal yang kadang mengejutkan, hidup di kota tidak semudah yang dibayangkan. Selain jauh dari keluarga, sepertinya semua orang tidak punya rasa kepedulian lebih seperti di desa. Rekan muda yang saat ini hidup di kota, boleh berbangga hati karena kalian termasuk orang yang berani mengambil resiko tersebut. Tantangan kedepanya, beranikah rekan muda pulang kampung dengan bekal yang sudah rekan muda dapatkan selama ini dari kota? Jangan-jangan jauh dari kata cukup?

Kalau memang rekan muda hari ini masih di desa, suatu saat nanti jika ada keyakinan untuk hidup di kota, biasakanlah diri dengan hal-hal baru. Kalau pun rekan muda tetap ingin hidup di desa, tidak menutup kemungkinan juga rekan muda lebih hebat dibandingkan mereka yang tinggal di kota. Sepertinya kali ini bukan masalah lagi, hidup di kota maupun di desa tidak ada bedanya, terutama dalam mencari ilmu. Semakin berkembangnya pesar kemajuan teknologi, tidak perlu jauh-jauh keluar rumah rekan muda bahkan bisa melihat seluruh dunia.

Posting Komentar untuk "6 Perasaan Saat Baru Merantau ke Kota"