-->

10 Cara Hadapai Ujian Akhir Semester dengan Tenang

10 cara hadapai ujian akhir semester dengan tenang

Ekspresi dan tampilan mahasiswa terlihat suram menjelang minggu ujian akhir semester. Lihatlah kepanikan teman-teman rekan muda ketika menjelang UAS, dan tentu saja, perhatikan tempat fotokopian yang bakal penuh oleh mahasiswa juga.

Berikut ada trik yang sudah teruji keefektifanya untuk menghadapi ujian akhir semester rekan muda yang bisa membuat perbedaan besar dalam hasil ujian tentunya, serta berpengaruh untuk membuat liburan rekan muda menjadi lebih tenang:

1. Terapkan beberapa komitmen


terapkan beberapa komitmen

Rekan muda akan sadar bahwa sangat mudah belajar jika meluangkan waktu ekstra dalam belajar. Tundalah hal-hal atau sosialisasi yang tidak penting dan untuk yang punya pekerjaan paruh waktu, jika memungkinkan cobalah untuk mengambil 10 hari libur untuk persiapan ujian akhir, atau jika tidak, minta pengurangan jam kerja rekan muda.

2. Seimbangkan waktu belajarmu


seimbangkan waktu belajarmu

Ada sebagian mahasiswa menganggap mereka harus menggunakan waktu dengan seimbang untuk mempersiapkan setiap mata kuliah yang bakal diujikan. Sebenarnya bagilah proporsi waktu belajar rekan muda tergantung pada mata kuliah yang mana yang cenderung lebih sulit untuk rekan muda, dan mata kuliah mana yang sudah rekan muda pahami dengan baik. Banyakanlah waktu lebih untuk mata kuliah yang menurut rekan muda sulit.

3. Pelajarilah soal tahun lalu dan yang sering muncul di kelas


pelajarilah soal tahun lalu dan yang sering muncul di kelas

Ada banyak sumber yang tersedia yang memberi rekan muda informasi tentang apa saja pertanyaan yang akan muncul di ujian akhir. Terkadang ada dosen atau asisten dosen akan secara sederhana memberikan petunjuk kecil tentang pertanyaan apa yang sebaiknya diujikan di ujian akhir nanti.

4. Buatlah kelompok belajar


buatlah kelompok belajar

Mahasiswa sering beranggapan bahwa sebuah kelompok belajar selalu memiliki banyak manfaat yaitu lebih banyak otak cerdas, ditambah teman-teman yang bisa menjelaskan isi textbook. Hal ini cukup efektif kalau teman belajar setidaknya secerdas rekan muda juga.

5.Lihat situasi dan buat strategi


lihat situasi dan buat strategi

Ketika ujian rekan muda akan mendapatkan lembaran ujianmu, periksalah format ujiannya dengan hati-hati. Berapa pertanyaan yang diminta untuk rekan muda jawab? Apakah ada pilihan ganda? Berapa banyak masing-masing bagian dihitung? Lalu, buatlah rencana (tentatif) sebelum rekan muda mengerjakan, berapa banyak waktu yang rekan muda perlukan untuk mengerjakan tiap-tiap soalnya. Kerjakan yang mudah lebih dulu.

6. Trik Bintang 4


trik bintang 4

Jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk menguraikan jawaban rekan muda. Tulis rumus yang sudah dihafal, atau (kalau ada pilihan ganda) mulai sebuah pertanyaan, kalau sulit lewati dulu, pindah ke pertanyaan lain. Rekan muda dinilai berdasarkan kualitas jawaban, bukan catatan atau kesalahan kapan saat mulai menjawab pertanyaan.

7. Mempermudah penilai ujian


mempermudah penilai ujian

Dosen atau orang lain yang bagian mengoreksi dan memberi nilai akan punya sekitar 70 kertas ujian untuk dibaca dalam waktu 2 hari, yang mana sekitar 10 hingga 15 menit tiap kertas. Rekan muda akan lebih mudah mendapat nilai yang baik jika rekan muda memperjelas pertanyaan yang rekan muda jawab.

8. Stel waktu ujian


stel waktu ujian

2 atau 3 jam adalah waktu yang terbilang lama. Cobalah bayangkan ujian akhir adalah waktu kerja, bagilah ke dalam sejumlah sub-sesi. Ambil beberapa menit istirahat sejenak antara setiap pertanyaan atau beberapa bagian pertanyaan setelahnya.

9. Jangan terlalu cepat panik


jangan terlalu cepat panik

Dalam waktu 3 jam, rekan muda dihadapkan dengan sejumlah pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, akan menjadi semacam pasang surut. Entah rekan muda setelah itu merasa lebih baik, atau lebih buruk tentang bagaimana ujian rekan muda berlangsung.

10. Habiskan waktu ujian yang diberikan


habiskan waktu ujian yang diberikan

Memang terlihat keren jika menyelesaikan ujian terlebih dulu daripada teman-teman yang lainnya, dan tidak sedikit mahasiswa yang meninggalkan ruang ujian sebelum ujian berakhir karena sudah selesai duluan. Faktanya, hal tersebut sama sekali bukanlah hal yang baik untuk dilakukan, karena selalu ada masalah-masalah yang harus berulang kali diperiksa atau esai yang bisa ditambahkan atau yang perlu dibuktikan.

Tips dan triks diatas bisa atau mung harus rekan muda lakukan, jikalau memang ingin menhadapi ujian dengan tenang. Walaupun hasil yang didapatkan belum tentu, tapi percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Selamat Mencoba!