-->

5 Kegiatan Positif Ramadhan yang Wajib Dicoba!

5 kegiatan positif ramadhan

Assalamu'alaikum rekan muda, bagaimana puasa pertamanya di bulan Ramadhan tahun 2018 ini? semoga lancar-lancar aja ya! Baik, kali ini kita akan membahas kegiatan positif untuk mengisi waktu luang rekan muda selama bulan Ramadhan.

Walaupun tidur ketika berpuasa mendapatkan pahala, bukan berarti kita dibolehkan tidur dari pagi sampai magrib tiba. Karena bekerja ketika berpusa juga berpahala. Maka alangkah baiknya jika rekan muda mengatur kegiatan selama bulan suci Ramadhan. Baik itu dari amalan harian, kerja, hingga tidur.

Nah, langsung saja berikut beberapa kegiatan yang dapat rekan muda terapkan selama puasa Ramadhan:

1. Kegiatan Sahur


kegiatan sahur

Ketika sahur menjelang shubuh lakukanlah tilawah Qur'an, sepuluh menit sebelum adzan beres-beres berhenti makan. Menjelang Subuh fokuslah untuk bersiap-siap shalat Shubuh.

2. Kegiatan Subuh


kegiatan subuh

Mendengar ceramah sambilan berzikir, kemudian tadarus Al Qur'an. Setelah itu cobalah berolahraga ringan dan siap-siap melakukan tugas harian dengan keadaan semangat dan segar.

3. Kegiatan Siang Hari


kegiatan siang hari

Perbanyak sedekah dengan senyum dan zikir, Jaga lisan, telinga dan mata. Tidurlah sejenak ketika siang hari untuk merefres tenaga dan pikiran rekan muda.

4. Kegiatan Buka Puasa


kegiatan buka puasa

Bersegera berbuka puasa dan berbagi makanan dilanjutkan dengan Shalat Magrib berjamaah, Setelah melaksankan shalat Isya' dan Tarawih, luangkan waktu untuk Tadarus Al Qur'an.

5. Kegiatan Malam Hari


kegiatan malam hari

Tidurlah paling malam jam 23.59, tidur dengan adab yang baik dan benar, bangunlah sebelum sahur untuk shalat tahajud. Dan saling membangunkan untuk sahur.

Itulah beberpa kegiatan postif yang wajib rekan muda coba terapkan selam bulan Ramadhan. InsyaAllah jika istiqamah dilakukan, maka kegiatan ini akan terbawa di bulan lainya.

Semangat!