7 Cara Meningkatkan Pola Pikir Anda


Saya sangat percaya bahwa kesuksesan dan kebahagiaan adalah tentang pola pikir. Pola pikir dan sistem kepercayaan Anda memengaruhi segala sesuatu dalam hidup Anda mulai dari apa yang Anda pikirkan dan rasakan hingga bagaimana Anda bertindak dan bereaksi terhadap dunia di sekitar Anda.

Untuk mencapai tujuan Anda, pola pikir Anda harus sesuai dengan aspirasi Anda, jika tidak, mungkin akan menghambat Anda untuk mencapai apa yang Anda inginkan.

Berikut adalah 7 cara efektif untuk meningkatkan pola pikir Anda:

1. Ubah Self-Talk Anda

Percakapan yang Anda lakukan dengan diri sendiri adalah cerminan langsung dari pola pikir Anda. Jika Anda mengatakan pada diri sendiri "Saya tidak cukup baik untuk mencapai impian saya", pikiran Anda akan menciptakan realitas Anda dan pola pikir Anda akan menahan Anda dari memiliki kehidupan yang Anda inginkan. Untuk meningkatkan pola pikir Anda, ubah self-talk negatif Anda menjadi pidato penyemangat. Kedengarannya klise, tetapi mengatakan pada diri sendiri "Saya bisa melakukan ini" atau "Saya akan mendapatkan ini", hal ini benar-benar akan berhasil.

2. Ubah Bahasa Anda

Setelah mengubah dialog pemikiran batin Anda dan cerita yang Anda ceritakan pada diri sendiri, ubah cara Anda berbicara dengan orang lain. Hindari kata-kata mengeluh seperti "kenapa saya selalu seperti ini" atau "kenapa saya selalu melakukan ini" untuk mendorong mindset berkembang. Selanjutnya, biasakan untuk membicarakan hal-hal yang berjalan baik dalam hidup Anda daripada mengeluh dan membicarakan masalah Anda. Ini akan mendorong pola pikir menjadi kuat, bukan malah keluar rasa takut dan kekurangan.

3. Tentukan pola pikir yang Anda butuhkan dan bertindaklah

Pilih tujuan yang ingin Anda capai dan tanyakan pada diri sendiri: “Pola pikir mana yang saya butuhkan untuk mencapai tujuan ini?” dan “Pola pikir apa yang dimiliki orang-orang yang berhasil mencapai tujuan ini?”.

Misalnya, orang sehat & bugar mungkin berbagi pola pikir “Saya suka merawat tubuh saya, memberinya nutrisi dengan makanan utuh dan berolahraga setiap hari”. Jika itu tujuan Anda untuk menjadi sehat & bugar, bertindaklah seolah-olah Anda sudah MEMILIKI pola pikir orang yang sehat & bugar. Dengan cara ini, Anda pada dasarnya menipu otak Anda untuk mengadopsi pola pikir baru dan memperkuatnya dengan tindakan.

4. Pelajari & Terapkan

Bacalah buku-buku dari para pemikir hebat untuk memahami dan mengadopsi pemikiran mereka. Baca buku tentang bagaimana pikiran dan otak bekerja. Belajar dari pakar pola pikir melalui kursus online, acara, dan pelatihan.

Berikut adalah beberapa referensi daya pola pikir yang bisa dipelajari:

  • Mindset oleh Carol Dweck untuk belajar tentang mindset berkembang
  • Everything dari Gabrielle Bernstein untuk mengadopsi pola pikir maju dan menyelaraskan dengan aliran kehidupan
  • Tulisan Thomas Oppong di Medium tentang cara hebat meningkatkan pemikiran Anda
  • Aacara Online dari Denise DT untuk meningkatkan pola pikir keuangan Anda

5. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang sesuai dengan pola pikir yang Anda inginkan

Ingin meningkatkan pola pikir uang & kesuksesan Anda? Mulailah bergaul dengan orang-orang yang sangat sukses dan tampaknya memiliki banyak uang yang mengalir setiap saat. Lebih mudah untuk mengadopsi pola pikir baru ketika Anda melihat bahwa itu sudah bekerja untuk orang lain. Pelajari bagaimana cara mereka menyesuaikan kebiasaan dan berfikir sehari-hari mereka agar sesuai dengan pola pikir mereka.

6. Ciptakan kebiasaan baru untuk mendukung perubahan pola pikir Anda

Integrasikan kebiasaan yang kuat ke dalam hari Anda yang membantu pola pikir Anda berubah dan memperkuat pemikiran Anda dengan tindakan. Jika Anda meningkatkan dari pola pikir "tetap" ke "pertumbuhan", jadwalkan waktu untuk belajar dan mulailah mencatat pembelajaran dan pencapaian Anda setiap hari. Jika Anda meningkatkan dari pola pikir “tujuan” ke “perjalanan”, berlatihlah menjadi sadar, menikmati saat ini dan merayakan keberhasilan kecil.

7. Keluar dari zona nyaman Anda

Jika Anda menempatkan diri Anda dalam situasi yang menantang Anda, Anda tidak punya pilihan lain selain bangkit dan meningkatkan pola pikir Anda. Hal ini akan menjadi kebutuhan untuk bertahan hidup.

Maka cobalah untuk menanyakan pada diri Anda sendiri, “Situasi apa yang dapat saya rubah dari diri saya agar bisa memiliki pola pikir yang lebih maju?” Intinya adalah, ide yang ada dalam pikiran Anda akan direkayasa oleh lingkungan untuk akhirnya akan melatih otak Anda untuk berubah!

Posting Komentar untuk "7 Cara Meningkatkan Pola Pikir Anda"