-->

Ingin Produktif Saat Bekerja? Lakukan 10 Hal Ini di Akhir Pekan

Ingin Produktif Saat Bekerja? Lakukan 10 Hal Ini di Akhir Pekan

Beberapa orang memiliki kemampuan luar biasa untuk menyelesaikan sesuatu. Mereka menjaga malam dan akhir pekan mereka dengan bersantai dan istirahat namun tetap masih bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan daripada orang yang bekerja 20 jam lebih banyak per minggu daripada yang mereka lakukan.

Sebuah studi baru dari Stanford menunjukkan bahwa ada fakta menarik tentang orang yang sangat produktif saat hari kerja.

Studi ini menemukan bahwa produktivitas per jam menurun tajam ketika minggu kerja melebihi 50 jam, dan produktivitas turun begitu banyak setelah 55 jam sehingga tidak ada gunanya bekerja lagi. Benar, orang yang bekerja sebanyak 70 jam (atau lebih) per minggu sebenarnya mendapatkan jumlah yang sama dengan orang yang bekerja 55 jam.
Waktu adalah hal yang paling rekan muda butuhkan, tetapi juga hal yang paling buruk saat rekan muda gunakan." - William & KP
Orang pintar tahu pentingnya pindah ‘gigi’ di akhir pekan untuk kegiatan santai dan pemulihan diri. Mereka menggunakan akhir pekan mereka untuk membuat minggu depan yang lebih baik.

Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, jadi inilah beberapa bantuan dari Kilas Pemuda. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat rekan muda lakukan untuk menemukan keseimbangan di akhir pekan dan mulai bekerja dengan semangat 110% pada Senin pagi.

Memutuskan. Memutuskan hubungan adalah strategi akhir pekan yang paling penting, karena jika rekan muda tidak dapat menemukan cara untuk melepaskan diri secara elektronik dari pekerjaan Jumat malam sampai Senin pagi, maka rekan muda tidak pernah benar-benar meninggalkan pekerjaan. Membuat diri rekan muda tersedia untuk pekerjaan selama 24/7 akan menghadapkan rekan muda pada rentetan stres yang terus-menerus dan mencegah rekan muda untuk memfokuskan diri kembali dan mengisi ulang energi pada hari senin selanjutnya. Jika mengambil cuti sepanjang akhir pekan untuk menangani email dan panggilan kerja tidak realistis, coba tentukan waktu tertentu pada hari Sabtu dan Minggu untuk memeriksa email dan menanggapi pesan suara. Misalnya, periksa pesan rekan muda pada Sabtu sore saat anak-anak sedang potong rambut dan pada Minggu malam setelah makan malam. Menjadwalkan blok waktu yang singkat akan mengurangi stres tanpa mengorbankan waktu pribadi rekan muda.

Minimalkan tugas. Pekerjaan memiliki kebiasaan lucu untuk mengambil alih akhir pekan rekan muda sepenuhnya. Ketika ini terjadi, rekan muda kehilangan kesempatan untuk bersantai dan merenung. Yang lebih buruk adalah banyak kegiatan yang terasa seperti pekerjaan, dan jika rekan muda menghabiskan sepanjang akhir pekan melakukannya, hal itu akan membuat rekan muda kerja tujuh hari dalam seminggu. Untuk mencegah hal ini terjadi, rekan muda perlu menjadwalkan tugas-tugas yang akan dilakukan selama seminggu, dan jika tidak menyelesaikannya selama waktu yang ditentukan, rekan muda harus melanjutkan dan menyelesaikannya pada akhir pekan berikutnya.

Olahraga. Tidak ada waktu untuk berolahraga selama seminggu? Aneh bukan? Rekan muda memiliki 48 jam setiap akhir pekan untuk mewujudkannya. Membuat tubuh bergerak hanya selama 10 menit melepaskan LEMAK, menimbulkan neurotransmitter yang menenangkan dan juga dapat mengurangi stres. Olahraga juga merupakan cara yang bagus untuk memunculkan ide-ide baru. Inovator dan orang sukses lainnya tahu bahwa berada di luar ruangan sering kali memicu kreativitas. Saat rekan muda berada di laut, kombinasi aktivitas yang menyegarkan dan pemandangan yang indah menciptakan lingkungan yang sempurna untuk masuknya kreativitas. Baik rekan muda berlari, bersepeda, atau berkebun, olahraga mengarah pada introspeksi berbahan bakar endorfin. Kuncinya adalah menemukan aktivitas fisik yang dan kemudian menjadikannya bagian penting dari rutinitas akhir pekan rekan muda.

Introspeksi. Refleksi mingguan adalah alat yang ampuh untuk perbaikan. Gunakan akhir pekan untuk merenungkan kekuatan yang lebih besar yang membentuk diri rekan muda, organisasi, dan pekerjaan. Tanpa gangguan seperti hari Senin hingga Jumat yang sibuk bekerja, rekan muda seharusnya dapat melihat segala sesuatunya dengan cara yang benar-benar baru. Gunakan wawasan ini untuk mengubah pendekatan rekan muda ke minggu mendatang, meningkatkan efisiensi dan kemanjuran pekerjaan rekan muda.

Mengejar gairah. Rekan muda mungkin terkejut dengan apa yang terjadi ketika mengejar sesuatu yang disukai di akhir pekan. Memanjakan hasrat rekan muda adalah cara yang bagus untuk melepaskan diri dari stres dan membuka pikiran terhadap cara berpikir yang baru. Hal-hal seperti bermain musik, membaca, menulis, melukis, atau bahkan bermain lempar tangkap dengan anak-anak rekan muda dapat membantu merangsang berbagai cara berpikir yang dapat menuai keuntungan besar selama minggu mendatang.

Habiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga di akhir pekan sangat penting jika rekan muda ingin memulihkan tenaga dan bersantai. Hari kerja sangat sibuk sehingga sepanjang minggu dapat berlalu dengan sedikit waktu keluarga yang berkualitas. Jangan biarkan ini terabaikan di akhir pekan rekan muda. Ajak anak ke taman, ajak pasangan ke restoran favoritnya, dan kunjungi orang tua. Rekan muda akan mendapatkan kesenangan setelah melakukannya.

Jadwalkan perjalanan sederhana. Beli tiket konser atau pertunjukan, atau dapatkan reservasi untuk hotel baru yang keren yang baru saja dibuka di pusat kota. Alih-alih berlari di treadmill, rencanakan pendakian. Cobalah sesuatu yang belum pernah rekan muda lakukan sebelumnya atau mungkin sesuatu yang sudah lama tidak dilakukan. Studi menunjukkan bahwa mengantisipasi sesuatu yang baik yang akan datang adalah bagian penting dari apa yang membuat aktivitas itu menyenangkan. Mengetahui bahwa rekan muda memiliki sesuatu yang menarik yang direncanakan untuk hari Sabtu tidak hanya akan menyenangkan pada hari Sabtu, tetapi juga akan meningkatkan suasana hati rekan muda secara signifikan sepanjang minggu.

Bangun pada waktu yang sama. Sangat menggoda untuk tidur di akhir pekan untuk menikmati tidur rekan muda. Meskipun terasa baik untuk sementara, memiliki waktu bangun yang tidak konsisten dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh. Siklus tubuh rekan muda akan melalui serangkaian fase tidur yang rumit agar rekan muda bangun dalam keadaan segar. Salah satu fase ini melibatkan persiapan pikiran rekan muda untuk terjaga dan waspada, itulah sebabnya orang sering bangun tepat sebelum jam alarm mereka berbunyi (otak sudah terlatih dan siap). Ketika rekan muda tidur melewati waktu bangun biasa di akhir pekan, rekan muda akhirnya merasa pusing dan lelah. Hal ini tidak hanya mengganggu hari libur, tetapi juga membuat rekan muda kurang produktif di hari Senin karena otak belum siap untuk bangun di waktu yang biasa. Jika rekan muda perlu mengubah waktu tidur tersebut, cobalah tidur lebih awal.

Tetapkan pagi sebagai waktu yang penting. Memang sedikit sulit untuk mendapatkan waktu untuk diri sendiri di akhir pekan, terutama jika rekan muda memiliki keluarga. Menemukan cara untuk terlibat dalam aktivitas yang rekan muda sukai di pagi hari dapat membayar dividen besar dalam kebahagiaan dan kebersihan pikiran. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menyempurnakan ritme sirkadian rekan muda dengan memaksa diri untuk bangun pada waktu yang sama dengan yang rekan muda lakukan di hari kerja. Pikiran rekan muda mencapai kinerja puncak dua hingga empat jam setelah bangun, jadi bangunlah lebih awal untuk melakukan sesuatu yang bersifat fisik, lalu duduk dan lakukan sesuatu yang bersifat mental saat pikiran rekan muda berada di puncaknya.

Persiapkan list kegiatan minggu depan. Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan beberapa saat merencanakan minggu depan rekan muda. Sedikitnya 30 menit perencanaan dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan dalam produktivitas dan mengurangi stres. Minggu ini terasa jauh lebih mudah diatur ketika rekan muda menjalaninya dengan rencana karena yang fokus rekan muda hanya tinggal pada eksekusi.