-->

6 Perbedaan Pilek dan Alergi, Jangan Tertukar!

6 Perbedaan Pilek dan Alergi, Jangan Tertukar!

Pilek dan alergi memiliki gejala yang sangat mirip. Jadi, membedakan antara pilek ringan dan alergi cukup sulit bagi dokter, tetapi ketika gejala pilek meningkat, ada perbedaan yang jelas dari alergi. Mengetahui gejala alergi di bawah ini dapat membantu Rekan muda membedakan antara pilek dan alergi.

Cara Mengetahui Perbedaan Pilek dan Alergi

1. Hidung meler yang jernih dan bersih.

Dr David, kepala Departemen Alergi dan Imunologi di Einstein Medical School, menjelaskan bahwa pilek dan alergi dapat menyebabkan pilek yang hampir mendekati air jernih, tetapi pilek yang berhubungan dengan pilek menjadi lebih kental dan berubah warna menjadi kuning tua. saat gejala meningkat. Di sisi lain, hidung meler yang disebabkan oleh alergi selalu bersih dan berair.

2. Batuk kering.

Alergi, meskipun disertai dengan sedikit sakit tenggorokan, alergi tidak menyebabkan rasa sakit yang parah, dan batuk alergi tidak melampaui batuk kering ringan. Di sisi lain, batuk yang disebabkan oleh pilek sering disertai dengan dahak. Bahkan pilek bisa mengalir ke mulut Rekan muda, jika Rekan muda merasakan dahak mendidih di tenggorokan Rekan muda, itu adalah batuk karena pilek.

3. Mata gatal dan mata berair.

Alergi menyebabkan gatal-gatal di sekitar mata dan membuat mata berair. Jika mata Rekan muda bengkak atau gatal, dan Rekan muda sering mengeluarkan air mata, Rekan muda mungkin mengalami alergi dan bukan pilek. Pilek terkadang menyebabkan gatal di hidung dan tenggorokan, tetapi efeknya kecil pada mata.

4. Gejala bertahan lama.

Durasi flu biasa adalah 3 sampai 5 hari, dan pemulihan seringkali lebih cepat jika Rekan muda menambahkan pengobatan seperti minum obat flu atau suntikan. Di sisi lain, gejala alergi bertahan sampai benar-benar terisolasi dari zat yang menyebabkan gejala.

5. Tidak demam.

Alergi tidak menaikkan suhu tubuh. Di sisi lain, karena pilek adalah penyakit virus, tubuh kita menaikkan suhu tubuh untuk menetralisir virus penyebab pilek, mengaktifkan sel-sel kekebalan, dan menghasilkan enzim yang membantu menyerang patogen.

6. Tidak merasa sakit.

Alergi juga dapat menyebabkan beberapa kelelahan, tetapi tidak disertai dengan rasa sakit seperti dingin, kedinginan, atau nyeri tubuh. Jika hanya ada gejala yang mengganggu seperti pilek atau air mata, tetapi tidak ada rasa sakit yang mengganggu kehidupan sehari-hari, kemungkinan besar itu adalah alergi.

Cara mengatasi alergi

Karena alergi adalah gejala, bukan penyakit, tidak ada pengobatan khusus. Temukan dan singkirkan alergen (benda yang membuat alergi), atau beli antihistamin dan semprotan hidung dari apotek untuk meredakan batuk, pilek, dan gatal di sekitar mata.