-->

7 Khasiat Makan Semangka Setelah Olahraga, Bagus untuk Kesehatan Jantung!

7 Khasiat Makan Semangka Setelah Olahraga

Semangka memiliki kalori dan gizi yang menyehatkan, inilah alasan mengapa makan semangka setelah berolahraga membantu Rekan muda pulih lebih cepat.

Banyak Sekali Manfaat Mengonsumsi Semangka Setelah Olahraga

Semangka, buah yang mewakili musim panas! Hanya dengan memikirkannya saja sudah membuat kita merasa segar dan tergiur, buah yang sangat baik untuk kesehatan. Jadi mari kita lihat manfaat gizi dan kalori semangka yang baik untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh kita.

7 Kelebihan Makan Semangka untuk Kesehatan:

1. Ekskresi Toksin

Semangka Bisa Jadi Ekskresi Toksin

Semangka adalah diuretik alami yang tidak membebani ginjal seperti kafein atau alkohol. Citroline, arnikine, dan potasium dalam semangka membantu aksi diuretik, mengurangi edema yang tidak perlu dalam tubuh dan mengeluarkan racun.

2. Meredakan Nyeri Otot

Citrulline, yang terkandung dalam semangka, mengurangi nyeri otot dan menstabilkan detak jantung, yang membantu pemulihan setelah berolahraga. Ada lebih banyak cysturline di kulit putih daripada daging merah.

3. Kesehatan Jantung

Semangka Bagus untuk Kesehatan Jantung

Kandungan seperti likopen, potasium, dan mangan dalam semangka melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Semangka juga memiliki kandungan citrulline, yang bisa melebarkan pembuluh darah dan sangat bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah.

4. Efek Antioksidan

Vitamin C dan likopen dalam semangka membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif. Sebuah studi dari University of San Diego dan Spanyol menegaskan bahwa vitamin C dan likopen menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh dan bertindak sebagai antioksidan. Lycopene juga bermanfaat bagi kesehatan otak, yang dapat menunda penyakit seperti Alzheimer.

5. Kesehatan Mata

Semangka Bagus untuk Kesehatan Mata

Semangka kaya akan beta-karoten, yang membantu menghasilkan pigmen di retina. Lycopene dalam semangka juga mencegah degenerasi makula, penyakit mata karena lanjut usia.

6. Meningkatkan Vitalitas Pria

Kandungan sitrolin dalam semangka juga telah terbukti memiliki efek yang sama dengan Viagra, karena memiliki kemampuan untuk mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

7. Rehidrasi

Semangka Bagus untuk Rehidrasi

Semangka mengandung air paling banyak di antara buah-buahan lainnya dan kaya akan berbagai nutrisi, membuatnya sempurna untuk mengisi kembali kelembapan dan mineral yang mudah kurang di musim panas.

Apakah Kulit dan Biji Semangka Bisa Dimakan?

Cysturline, komponen antioksidan utama semangka yang dijelaskan di atas, terutama terkandung dalam kulit semangka. Biji semangka juga kaya nutrisi, asam lyolenic mencegah penumpukan lemak dan kaya akan protein, kalsium, dan mineral, sehingga baik untuk pertumbuhan anak.

Kalori Semangka

Semangka memiliki sekitar 31 kalori per 100g, jadi sangat rendah kalori di antara buah-buahan lainnya, sehingga baik untuk diet. Namun, semangka berukuran besar dan sering dimakan banyak sekaligus.

Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, jadi berhati-hatilah untuk tidak makan terlalu banyak sekaligus. Seperti disebutkan di atas, kulit dan bijinya juga kaya nutrisi, jadi mari kita makan bersama.