-->

7 Manfaat Mengonsumsi Kalori Wortel, Alasan Dokter Merekomendasikan Jus Wortel Setiap Pagi

7 Manfaat Mengonsumsi Kalori Wortel

Percayakah Rekan muda bahwa wortel yang manis dan renyah banyak digunakan di Eropa kuno untuk mengobati penyakit tertentu? Hal ini karena wortel mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Jadi mari kita pelajari tentang manfaat dan kalori sehat yang luar biasa dari wortel.

Manfaat Mengonsumsi Wortel 

1. Membersihkan Racun

Vitamin A memungkinkan hati berfungsi karena mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, dalam proses mencerna serat makanan yang melimpah, usus besar dibersihkan dan racun dikeluarkan dengan lancar.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kalium dalam wortel melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa karotenoid dalam wortel dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Nutrisi terpenting dalam wortel adalah beta-karoten. Ini diubah menjadi vitamin A untuk meningkatkan penglihatan malam dan mencegah penyakit terkait mata seperti glaukoma, degenerasi makula, dan katarak terkait usia.

4. Mencegah Kanker

Konsumsi beta-karoten wortel secara teratur mengurangi risiko kanker paru-paru hingga 40%. Ini juga kaya serat makanan, yang menurunkan risiko kanker kolorektal sebesar 24% dan menurunkan risiko kanker payudara. Senyawa yang disebut falcarinol, yang melindungi diri dari bakteri asing, juga menurunkan risiko kanker.

5. Menjaga Kesehatan Gigi

Ketika Rekan muda makan wortel, itu merangsang gusi dan meningkatkan sekresi air liur, komponen alkali, untuk mencegah kerusakan gigi yang disebabkan oleh bakteri dan zat asing. Mineral yang ada dalam wortel juga mengurangi bakteri berbahaya di mulut.

6. Membuat Kulit Sehat

Wortel kaya akan vitamin C, yang membantu produksi kolagen yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. Vitamin A juga memperbaiki kerutan, pigmentasi dan warna kulit. Antioksidan, termasuk karotenoid, melindungi kulit dari sinar matahari.

7. Mencegah Sembelit

Wortel membantu pencernaan dan kaya akan serat makanan yang diperlukan untuk mengontrol gula. Ini kaya akan fructooligosaccharide, yang membantu pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus, yang baik untuk mencegah sembelit.

Kalori Wortel

Wortel memiliki sekitar 36 kalori per 100 gram. Sering dianggap sebagai makanan rendah kalori tetapi indeks glikemik tinggi yang membuat Rekan muda gemuk, ini yang membuat banyak orang salah paham. Wortel bukanlah makanan yang bisa dimakan dalam jumlah banyak sekaligus, dan karena kandungan karbohidratnya yang rendah, Rekan muda tidak bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi wortel yang banyak.

Dianjurkan untuk memasak wortel karena tingkat penyerapan beta-karoten dan falcarinol, yaitu komponen untuk antikanker, meningkat ketika Rekan muda memakannya setelah dimasak.