-->

10 Tips untuk Meningkatkan Kesehatan Finansial Anda

10 Tips untuk Meningkatkan Kesehatan Finansial Anda

Tingkatkan kesehatan keuangan Anda mulai sekarang!

Memikirkan bagaimana cara meningkatkan posisi keuangan Anda bisa menjadi hal yang menyulitkan. Pasti Anda akan berpikir mau mulai dari mana? apa yang harus ditinjau? Dan bagaimana merencanakannya?

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi, Anda bisa mencoba 10 langkah sederhana berikut ini untuk membantu meningkatkan kesehatan finansial Anda.

Pengeluaran lebih kecil dari gaji yang Anda dapatkan

Tidak peduli berapa banyak gaji yang Anda hasilkan, Anda mungkin merasa sulit untuk mengembangkan finansial jika Anda membelanjakan lebih banyak daripada gaji yang Anda dapatkan. Melakukan pengeluaran dengan bijaksana dapat membuat Anda menyisihkan sebagian dari gaji bulanan Anda. Hal itu sangat menguntungkan untuk masa depan Anda.

Mengetatkan anggaran

Anggaran akan memperlihatkan ke mana saja uang Anda habis terpakai. Anggaran tergantung bagaimana Anda menerima gaji, jika anda mendapat gaji per hari maka buatlah anggaran harian, jika Anda mendapat gaji per minggu maka buatlah anggaran mingguan, dan jika anda digaji per bulan maka buatlah anggaran bulanan. Intinya Anda membutuhkan anggaran terlepas dari berapa banyak gaji atau pendapatan yang Anda hasilkan dalam setahun.

Lunasi hutang kredit

Hutang kredit bisa menjadi kendala besar untuk meningkatkan keuangan Anda. Jika Anda tidak melunasi hutang kredit dengan cepat, Anda akan sangat merugi, karena tanpa hutang kredit Anda mungkin sudah bisa membeli beberapa barang yang dibutuhkan dengan membayar secara tunai.

Merencankan tabungan

Jika Anda ingin meningkatkan tabungan Anda, Anda dapat menyisihkan minimal lima hingga 10% dari gaji Anda untuk ditabung.

Melakukan investasi

Jika Anda memiliki pendapatan yang berlebih, walaupun sudah menabung yang cukup Anda masih memiliki uang cadangan, maka ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk melakukan investasi pada uang tersebut.

Mungkin Anda Tertarik Investasi Tanpa Modal: 6 Cara untuk Berinvestasi dalam Jumlah Kecil

Pelajari investasi Anda

Jangan pernah terlibat dalam investasi yang Anda tidak pahami. Jika Anda tidak punya waktu untuk mempelajari tentang investasi, penasihat keuangan mungkin bisa membantu Anda memikirkan tentang opsi investasi yang cocok untuk Anda.

Memiliki asuransi

Penting untuk memiliki asuransi yang cukup untuk melindungi keluarga dan penghasilan Anda jika terjadi kecelakaan, cacat, sakit, atau kematian.

Mempersiapkan surat wasiat

Surat wasiat penting untuk melindungi kemana perginya kekayaan Anda saat Anda meninggal. Jika Anda memiliki tanggungan, tidak peduli seberapa sedikit atau seberapa banyak yang Anda miliki, pastikan surat wasiat Anda up to date. Jika Anda tidak yakin tentang masalah hukum di dalamnya, bicarakan dengan pengacara Anda.

Simpan catatan keuangan dengan baik

Jika tidak menyimpan catatan keuangan Anda dengan baik, Anda mungkin tidak bisa mendapatkan bonus pengurangan pajak dari pemerintah dan pihak terkait kredit lainnya. Buat sistem untuk mencatat dan menyimpan data tersebut sepanjang tahun. Ini akan membantu Anda ketika tiba saatnya untuk membayar pajak.

Mencari nasihat keuangan

Banyak orang tidak punya waktu, sehingga tidak ada keinginan untuk mengelola keuangan mereka dengan baik. Sibuk dengan pekerjaan dan keluarga, banyak orang merasa sulit untuk tetap up-to-date dengan pilihan investasi dan untuk memahami risiko yang terlibat. Seorang penasihat keuangan dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda.

Tetapi Anda Juga Harus Hati-hati dengan 5 Kesalahan Nasihat Keuangan yang Membuat Anda Miskin

Sepuluh tips di atas merupakan dasar-dasar dari cara meningkatkan kesehatan finansial, jika Anda memiliki tips tambahan bisa sharing di kolom komentar ya!